cara menghilangkan belang di wajah
Sumber: Freepik

8 Cara Menghilangkan Belang di Wajah Lebih Cerah, Cukup di Rumah!

Kondisi wajah belang rentan dialami bagi mereka yang lebih banyak beraktivitas sehari-hari di bawah paparan sinar matahari dan polusi. Wajah belang ditandai dengan perubahan warna kulit yang lebih gelap dari area wajah di sekitarnya. Perlu langkah cepat dan tepat untuk mencerahkan kembali kulit yang belang secara aman. Jika kamu mengalami masalah kulit wajah belang, jangan khawatir! Cobalah beberapa cara menghilangkan belang di wajah secara alami dan efektif sebagai skincare routine yang kamu lakukan sehari-hari di rumah.

Apa Tanda Kulit Wajah Belang?

Apa saja tanda kulit wajah belang dan kusam? Umumnya, tanda wajah belang dapat terlihat dengan munculnya bintik-bintik warna dan noda yang tidak merata di permukaan kulit. Kulit belang memiliki nama lain livedo reticularis atau dyschromia, ditandai dengan kondisi warna yang kulit kusam dan tidak merata. Area kulit yang terpapar sinar matahari yang berlebihan cenderung menggelap dari warna kulit aslinya. Terlebih lagi jika kamu tidak menggunakan sunscreen untuk wajah, maka kulit secara alami akan mempertahankan dirinya dengan memproduksi lebih banyak melanin (pewarna kulit).

Penyebab utama wajah yang belang adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Tak hanya warna kulit yang kusam dan belang, jika kamu tak segera ambil langkah perawatan yang tepat, kulit juga mengalami tanda penuaan seperti tekstur kasar, kerutan, dark spot hingga garis-garis halus. Oleh karena itu, pelajari cara menghilangkan belang di wajah untuk mencerahkan warna kulit kembali dengan cepat dan pasti aman.

Rahasia Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Cara mengatasi belang di wajah secara alami dan efektif hasilnya tidak harus selalu dilakukan di salon dan klinik kecantikan. Kamu tak perlu merogoh biaya perawatan yang besar, perawatan rumahan yang tepat bisa membantu kamu mencegah dan mengatasi masalah kulit belang. Ingatlah, kunci dari setiap perawatan kulit wajah untuk hasil wajah cerah, sehat, dan awet muda adalah sabar dan konsisten!

1. Bersihkan Wajah dengan Cleanser yang Lembut

Sumber: Freepik

Jangan lewatkan proses pembersihan wajah dua kali sehari, pagi sebelum beraktivitas dan malam menjelang tidur. Double cleansing bermanfaat mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan sebum berlebih yang menempel di wajah sehingga kamu terbebas dari jerawat. Gunakan pembersih dengan formula yang lembut, ringan, dan bebas pewangi. Manfaat pembersih ringan juga akan membantu dengan cepat merawat kulit wajah yang belang karena sengatan matahari. 

Baca juga:  5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit Wajah Cantik dan Sehat

Setelah dua kali langkah pembersihan dengan cleansing balm/oil kemudian face wash,  keringkan wajah dengan handuk lembut. Cara mengeringkan kulit dengan tepuk-tepuk perlahan dan jangan digosok untuk menghindari iritasi. Kondisi wajah yang bersih dan lembap, lebih cepat menyerap formula skincare berikutnya.

2. Rutin Lakukan Eksfoliasi Mingguan

Tak cukup hanya mencuci muka setiap hari dengan produk pembersih yang berkualitas. Untuk membersihkan kulit secara mendalam, rutin lakukan eksfoliasi kulit mingguan. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, hingga minyak yang menumpuk di pori-pori. Kulit yang bersih cenderung lebih siap menyerap produk skincare lainnya secara optimal. Dengan rajin eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu, hasilnya kulit akan halus, lebih cerah, dan tampak bercahaya.

3. Lembapkan Kulit dengan Toner Wajah

Sumber: Freepik

Skincare step setelah membersihkan wajah yang terkadang dilewatkan adalah mengaplikasikan toner. Setelah minyak alami kulit sebagian terangkat saat cuci muka, manfaat toner wajah adalah membantu menjaga kelembapan kulit dan pH kulit tetap seimbang. Kamu dapat memilih jenis toner yang menghidrasi sesuai dengan jenis kulitmu  (termasuk kulit kering, lebih berminyak, dan berjerawat). Toner yang diaplikasikan secara rutin, membantu mengembalikan kulit wajah belang cepat cerah dan diperbaiki.

4. Aplikasikan Serum untuk Mencerahkan Wajah Kusam

Pemakaian serum yang tepat adalah cara menghilangkan belang di wajah karena formula dan konsistensinya yang meresap dan merawat kulit dari lapisan terdalam. Salah satu jenis brightening serum yang bisa kamu coba adalah retinoid atau retinol. Tak hanya mencerahkan, retinol dapat meratakan tekstur kulit yang kasar hingga pori-pori besar yang terlihat. Dalam menerapkan produk serum, kamu bisa memilih jenisnya sesuai kebutuhan kulit masing-masing. Mulai dari serum untuk menghidrasi, serum jerawat, hingga serum anti aging yang akan membantu merawat kondisi kulitmu lembap dan sehat. 

5. Mengoleskan Pelembap Wajah yang Menghidrasi

cara menghilangkan belang di wajah
Sumber: Freepik

Skincare product yang kamu aplikasikan setelah serum adalah moisturizer atau pelembap wajah yang menghidrasi. Gunakan moisturizer yang tepat sesuai jenis kulitmu saat kondisi kulit masih lembap setelah dibersihkan, tujuannya untuk mengunci kelembapan wajah. Cara menghilangkan belang di wajah dengan pelembap, juga membantu memperbaiki kulit yang mengelupas akibat kekeringan. 

Baca juga:  5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

Rekomendasi natural ingredients pada produk pelembap yang menghidrasi dan menenangkan kulit mulai dari shea butter, glycerin, mineral oil, centella asiatica, lactic acid, hyaluronic acid, lanolin, dan dimethicone. 

Saat kamu alami sunburn, hindari pelembap yang mengandung petroleum atau oil karena dapat menjebak panas di dalam kulit dan memicu pembentukan jerawat. Untuk itu pilihlah produk pelembap dengan tekstur ringan dan formula yang melembapkan, aman, oil free, dan pastinya, non comedogenic!

6. Manjakan Diri dengan Masker Wajah yang Menenangkan

Memakai masker wajah adalah step yang pasti kamu sukai untuk merawat kulit sekaligus me time. Pilihlah masker wajah yang dibuat dengan bahan-bahan alami, memiliki efek menenangkan serta efektif memperbaiki kulit wajah yang rusak. Ada banyak jenis masker wajah organik yang memiliki kandungan bermanfaat untuk kulit sehat dan glowing. Kamu bisa mencoba aneka masker wajah rumahan dari bahan organik seperti aloe vera, madu, dan berbagai ekstrak tanaman lainnya dengan antioksidan yang tinggi dan collagen booster. Untuk hasil wajah belang yang lebih cerah, lembap, dan glowing, aplikasikan masker sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

7. Jangan Lewatkan Sunscreen dan Reapply Berkala

Sumber: Freepik

Berikutnya kunci cara menghilangkan belang di wajah yang tidak boleh dilewatkan adalah aplikasi sunscreen yang bagus. Tabir surya dilengkapi dengan dengan sun protection factor (SPF) yang memberi perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari. Jangan lewatkan sunscreen setiap harinya dalam kondisi apapun, baik itu beraktivitas di luar ruangan atau hanya di dalam ruangan saja. 

Formula sunscreen yang mampu menangkal radikal bebas, dapat membantu wajah terlindung dari kerusakan akibat sinar matahari seperti kusam dan belang. Pengaplikasian kembali (reapply) juga diperlukan untuk melapisi wajah dengan perlindungan yang kuat sepanjang hari. Maka janganlah ragu untuk sejak dini berinvestasi menggunakan sunscreen untuk hasil kulit wajah sehat dan bebas belang!

8. Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Kulit

Apa yang kita konsumsi sehari-hari juga akan mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit dari dalam. Perbanyaklah makanan diet yang tinggi asam lemak, karena bagus untuk membantu peningkatan produksi sel di bawah permukaan kulit, risiko peradangan menurun, dan skin barrier menjadi lebih kuat. Kandungan asam lemak biasanya ditemukan dalam  ikan salmon, kenari, dan biji rami.  

Untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dari sinar UV, konsumsilah makanan yang kaya antioksidan. Mulai dari kacang-kacangan dan biji-bijian, jeruk, tomat, hingga dark chocolate memiliki antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit tetap sehat. 

Baca juga: 10+ Rahasia Muka Glowing Alami dan Bebas Kusam Setiap Hari, Ampuh!

Sekarang kamu telah mengetahui rahasia beberapa cara menghilangkan belang di wajah sebagai perawatan harian di rumah yang perlu dilakukan. Berinvestasilah dengan produk skincare yang berkualitas terbaik untuk merawat kulit kamu tetap sehat dan cantik.

Add comment

Share