7+ Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh Hasilnya!

Tak hanya kulit wajah, bagian tubuh lain seperti punggung, terdapat kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum atau minyak alami. Apabila produksi sebum berlebihan di area punggung, dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori yang memicu peradangan dan jerawat. Buat kamu yang sedang berjuang melawan jerawat punggung, pahami apa saja penyebab dan bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung secara tepat. Baca artikel ini selengkapnya untuk mendapatkan rekomendasi produk body care terbaik untuk mengatasi permasalahan bacne ini, ya!

Penyebab Munculnya Jerawat Punggung 

Dari mana jerawat punggung berasal? Istilah back acne (bacne) atau jerawat punggung ini muncul dari hasil akumulasi sel kulit mati dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat akan bereaksi dengan bakteri kulit penyebab jerawat atau Cutibacterium acnes. Pada akhirnya ini memicu respon peradangan kulit dan jerawat. 

Jerawat di punggung dan area sekitar bahu umumnya berhubungan dengan aktivitas olahraga yang berkeringat cukup banyak. Jika keringat dan kotoran tidak segera dibersihkan, maka folikel rambut yang tersumbat akhirnya membentuk jerawat. 

cara menghilangkan jerawat punggung

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Aman

1. Memilih Kandungan Produk Body Care yang Tepat

Pilih berbagai produk body care yang memiliki kandungan aktif untuk mengatasi jerawat punggung yang ringan. Kamu bisa pilih produk krim dan gel jerawat dengan formula seperti benzoil peroksida, salicylic acid, dan sulfur yang bekerja memudarkan noda bekas jerawat. 

Baca juga:  10 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Bersih!

Oleskan krim jerawat ke punggung yang bekerja mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Untuk mengaplikasikan krim jerawat punggung, mintalah bantuan orang lain. 

Selain mengoleskan krim anti jerawat di bagian tubuh, rutin mandi dan gunakan produk body cleanser dengan formula aktif salicylic acid. Produk body care dengan salicylic acid ini bekerja membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat.

2. Membersihkan Kulit secara Teratur dengan Sabun

Untuk mencegah pori-pori tersumbat, bersihkan kulit secara teratur memakai sabun mandi berlabel “non comedogenic” atau “oil-free”. Hindari penggunaan sabun dengan formula yang terlalu keras atau scrub yang justru memperburuk jerawat punggung. Gosok sabun mandi dengan lembut untuk mencegah kerusakan pada lapisan pelindung kulit dan memperparah jerawat di tubuh.

3. Segera Mandi Setelah Berolahraga

Cara menghilangkan jerawat punggung yang perlu kamu aplikasikan berikutnya adalah segera mandi setelah berolahraga. Mengapa demikian? Setelah berkeringat karena olahraga, kulit dalam keadaan panas dan lembab yang memicu pertumbuhan bakteri. 

Jika setelah berolahraga kamu berhalangan untuk segera mandi, sementara hilangkan keringat dari tubuh dengan handuk lembut, lalu ganti pakaian yang bersih.

cara menghilangkan jerawat punggung

4. Hindari Memencet atau Menyentuh Jerawat Punggung

Hindari kebiasaan memencet atau menyentuh jerawat sebagai cara menghilangkan jerawat punggung paling efektif. Jika kamu masih melakukannya, efeknya justru dapat memperburuk jerawat dan merusak kulit. Selain itu, proses penyembuhan kulit menjadi lebih lambat dan memunculkan bintik-bintik cokelat dan bekas luka yang lama hilang.

5. Perlindungan Kulit dari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sinar ultraviolet (UV) matahari dapat menggelapkan jerawat serta memicu bekas luka di punggung dan tubuh. Cara menghilangkan jerawat punggung ini yaitu dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunblock sesuai petunjuk pemakaian produk. Tidak hanya membantu jerawat cepat teratasi, tabir surya juga efektif melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari hingga risiko kanker kulit.

Baca juga:  Kupas Tuntas Dark Spot: Penyebab dan 7 Cara Ampuh Mengatasinya

6. Rutin Mengganti dan Mencuci Alas Tidur (Sprei)  

Rutinkan mengganti dan mencuci sprei yang menjadi alas tidurmu, sekali atau dua kali dalam seminggu. Dengan melakukan kebiasaan mengganti sprei ini akan mencegah bakteri dan sel kulit mati dari tempat tidur. Sprei yang kotor dapat menempel pada tubuh, membuat pori-pori tersumbat, bahkan memicu jerawat punggung yang meradang.

cara menghilangkan jerawat punggung

7. Konsultasi dan Perawatan ke Dokter Kulit

Jika kamu telah melakukan cara menghilangkan jerawat punggung ala rumahan di atas, namun justru jerawat tak lekas membaik, buatlah janji dengan dokter kulitmu.

Dokter kulit akan meresepkan obat, krim, dan antibiotik untuk mengatasi jerawat punggung. Untuk kondisi dan tingkat keparahan tertentu, dokter kulit mungkin merekomendasikan terapi laser, chemical peeling, atau suntikan steroid.

Rekomendasi Produk Penghilang Jerawat Punggung

Biore Guard Body Foam Active Antibacterial

cara menghilangkan jerawat punggung
Sumber: Biore

Kamu bisa menggunakan produk body soap antiseptik dari Biore. Dilengkapi dengan deep pore cleansing technology yang efektif untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Biore Guard Body Foam Active Antibacterial cocok jadi andalanmu setiap kali mandi. Karena formulanya dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang dapat menempel di kulit secara mudah.

Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 550 ml dan 100 ml.

Spray Sunscreen untuk Tubuh: Anessa Sunscreen Spray 50gr

cara menghilangkan jerawat punggung
Sumber: Anessa Beauty

Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare Spray 60 gr bisa jadi andalan kamu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dilengkapi dengan ultimate protection (Broad Spectrum), formula tahan keringat, air, dan gesekan. Sunscreen untuk wajah dan tubuh ini bisa kamu aplikasikan untuk mengatasi jerawat di punggung.

Sunscreen spray ini diracik dengan formula Kyoto Uji Green Tea, Yellow Flower, Super Hyaluronic Acid, dan Collagen untuk merawat & melindungi kulit  dari photoaging. Buktikan efektivitas produk 

Baca Juga : Samarkan Bintik Bintik di Wajah dengan 5 Cara Alami Ini!

Lakukan cara menghilangkan jerawat punggung sebagai rutinitas perawatan harian, Pastikan kamu selalu memilih berbagai produk bath & body care terbaik untuk menjaga kebersihan kulit dan mencegah jerawat, Untuk perawatan lebih lanjut, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit yang terpercaya.