Simak 7 Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Sering merasa kurang percaya diri menggunakan atau kaus pendek karena kulit ketiak yang hitam? Kulit ketiak hitam seringkali menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Terutama bagi kaum hawa yang dianggap dapat mengganggu penampilan sehari-hari. Beberapa cara dilakukan untuk menghilangkan ketiak hitam, mulai dari yang alami hingga dengan cara medis.

Kulit ketiak yang hitam muncul akibat adanya penumpukan sel kulit mati atau karena kondisi ketiak kamu yang selalu berkeringat. Hal ini menjadi tempat yang cocok untuk tempat tinggalnya bakteri di kulit. Kamu bisa lakukan 7 cara memutihkan ketiak yang hitam dengan bahan-bahan yang alami dan mudah ditemukan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Penyebab Ketiak Hitam

Masalah ketiak hitam tentu akan membuat Kamu kurang percaya diri dan tidak bebas bergerak. Bahkan, kondisi ketiak yang hitam juga bisa membuat orang lain salah sangka mengira Kamu juga mengalami masalah bau ketiak. Itu sebabnya, penting bagimu untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menjadi penyebab ketiak hitam. Dengan begitu, Kamu juga bisa mengetahui cara menghilangkan ketiak hitam yang tepat.

  1. Salah Cukur Rambut Ketiak. Sebaiknya cukur rambut ketiak sehabis mandi saat kondisi kulit masih lembab dan halus. Agar kulit ketiak tidak menjadi hitam dan iritasi, pastikan Kamu juga mengoleskan krim pencukur terlebih dahulu.
  2. Pakaian yang terlalu Ketat. Jika kamu sering memakai pakaian ketat, kulit ketiak yang sensitif pun dapat menghitam. Apalagi jika baju yang kamu pakai terbuat dari bahan sintetis yang memiliki serat kasar.
  3. Banyak Sel Kulit Mati Menumpuk. Jika bakteri dan kotoran pada ketiak jarang dibersihkan, keduanya akan semakin menumpuk hingga akhirnya membentuk sel kulit mati. Untuk mengatasi masalah ini, Kamu bisa melakukan scrubbing atau lulur pada kulit ketiak ketika mandi.
  4. Hiperpigmentasi Kulit. Masalah ini merupakan salah satu gejala penyakit Addison, yang terjadi karena kelenjar adrenal tidak dapat berfungsi, sehingga gagal dalam memproduksi hormon kortison dan aldosteron. Hal inilah yang mengakibatkan kulit ketiak menjadi berwarna hitam.
  5. Diabetes. Tingginya kadar gula dalam darah pasien diabetes mengakibatkan terjadinya perubahan pigmen. Maka tidak mengherankan, jika salah satu ciri-ciri diabetes adalah munculnya bercak kehitaman pada kulit, termasuk pada ketiak.
Baca juga:  6 Manfaat Body Scrub untuk Kulit Sehat dan Makin Halus

7 Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami

Memutihkan ketiak dapat dilakukan dengan melakukan perawatan secara rutin di dokter kecantikan. Namun, cara ini cukup menguras biaya karena biaya yang tidak murah. Bagi kamu yang ingin memutihkan ketiak yang hitam dengan harga yang ramah di kantong, bisa coba menggunakan 7 bahan alami berikut.

1. Lemon

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit, tak terkecuali kulit ketiak. Di dalam lemon, terkandung zat limonen yang berguna untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, lemon juga bisa melindungi kulit dari infeksi jamur. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan untuk mencerahkan kulit menggunakan lemon adalah dengan memotong-motongnya tipis dan menggosokkannya pada bagian hitam ketiak secara merata.

2. Kunyit

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah mencerahkan ketiak yang gelap. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau pada ketiak. Caranya pun cukup mudah, campurkan kunyit dengan 2 sendok makan jus lemon segar. Aduk hingga menjadi pasta, oleskan secara merata pada ketiak. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

3. Kentang

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Jenis umbi-umbian satu ini bermanfaat sebagai pemutih alami untuk ketiak yang gelap. Selain itu, sifat anti-inflamasi di dalam kentang juga dapat mengurangi rasa gatal akibat mencukur. Parut kentang dan peras air yang keluar dari kentang tersebut. Kemudian, oleskan air kentang tersebut pada area ketiak. Setelah 10 menit bilas menggunakan air dingin.

4. Minyak Kelapa

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Tak hanya minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat memutihkan ketiak yang menghitam. Bahan alami ini mengandung antioksidan yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Cara penggunaannya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada ketiak dan pijat dengan pelat. Setelah 15 menit, bilas dengan menggunakan air hangat dan sabun. Gunakan cara ini dua hingga tiga kali sehari. 

Baca juga:  7 Parfum Pria Terbaik dari Brand Lokal dan Luar Negeri, Bisa Jadi Wishlist Terbaru!

5. Olive Oil

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Minyak zaitun atau olive oil mengandung vitamin E alami yang tinggi dan berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Minyak satu ini dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati, serta mempercepat proses regenerasi kulit. Cara menggunakan minyak zaitun untuk memutihkan ketiak hitam sangatlah mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Ulangi langkah ini setiap hari setelah mandi.

6. Air Mawar + Susu + Kulit Jeruk

cara menghilangkan ketiak hitam
Sumber: iStockPhoto

Kulit jeruk mengandung asam sitrat yang dapat mengatasi kulit gelap, termasuk ketiak yang hitam. Air mawar digunakan untuk mencerahkan, menenangkan, dan melembabkan kulit ketiak yang hitam. Anda dapat mencampurkan bubuk kulit jeruk dengan air mawar dan susu hingga menjadi pasta kental. Kemudian gosok lembut ketiak menggunakan pasta tersebut, biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali per minggu.

7. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin C dan E, yang sangat bermanfaat untuk mencerahkan pigmen kulit yang gelap. Karena itu, kandungan minyak biji bunga matahari atau sunflower seed oil pada deodoran dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah ketiak hitam. Minyak biji bunga matahari juga bisa berfungsi sebagai emolien yang efektif melembabkan kulit dan mengatasi iritasi. Itulah mengapa, penggunaan bahan ini pada ketiak juga sangat aman.

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang 7 bahan alami sebagai cara untuk memutihkan ketiak hitam. Sel kulit mati yang menumpuk dan seringnya mencukur bulu ketiak bisa membuat kulit ketiak menghitam. Dengan mengoleskan masker dan scrub kulit ketiak secara rutin menggunakan 7 bahan alami diatas kamu bisa mendapatkan kulit ketiak yang bersih, cerah, dan bebas hitam dan bakteri. Kamu pun lebih percaya diri untuk menggunakan berbagai jenis pakaian favoritmu. Tertarik untuk mencobanya?