3 Cara Menghilangkan Kutu di Kepala dengan Pahami Gejalanya!

Apakah kamu pernah punya masalah dengan kutu rambut? Atau mungkin saat ini kamu malah lagi bingung memikirkan cara menghilangkan kutu rambut?

Memang sih, memiliki kutu rambut adalah sebuah mimpi buruk bagi banyak orang, termasuk kamu juga kan? Serangga parasit itu bukan hanya menyebabkan gatal di kepala saja, tapi juga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi kulit kepala. 

Ditambah lagi telurnya yang menempel di rambut indahmu, menambah lengkapnya penderitaanmu kan? Ketika berhasil merusak penampilan rambut dan mencederai harga dirimu serta meluluhlantakkan kepercayaan dirimu. Hii… Serem juga ya kalau membayangkannya. 

Tapi tidak usah panik dulu ya, kali ini kita akan bahas tuntas si kutu menyebalkan itu dengan mengenali gejalanya, penyebabnya dan bahkan cara menanggulanginya. Yuk kita mulai ya, simak terus sampai akhir ya!

Apa Sih Kutu Rambut itu?

Sebenarnya kamu tahu ga sih kutu rambut itu apa? Dan seberapa berbahayakah kutu rambut bagi kesehatan kulit kepala dan rambutmu? Tentunya kamu harus kenal dulu parasit ini, baru kamu bisa menentukan cara menghilangkan kutu di rambutmu.

Pediculus humanus capitis adalah nama resmi si kutu kepala, dikenal juga dengan sebutan head louse. Kedengarannya namanya cukup keren sih, tapi kelakuannya tidak sekeren namanya dan sangat menyebalkan. Serangga atau parasit ini bersifat ektoparasit artinya parasit yang hidup di luar tubuh hospes. Parasit pengganggu ini terdapat pada rambut atau kepala dan menghabiskan siklus hidupnya di manusia dengan cara menghisap darah di kulit kepala. 

cara menghilangkan kutu

Si kutu kepala atau head louse ini jangan dibiarkan begitu saja, jika perlu basmi sampai anak cucu dan keturunannya agar rambutmu terbebas dari mimpi buruk. Memang sih, kebanyakan orang yang dijajah oleh si kutu ini umumnya adalah anak-anak, bukan berarti orang dewasa ga mungkin kena juga lho ya. Ingat! Kutu rambut ini bisa berpindah-pindah ke kepala orang lain layaknya seperti penyakit menular, termasuk bisa menular dari anak-anak ke orang dewasa melalui kontak fisik.

Terkadang serangga parasit ini sangat mengganggu kualitas tidurmu, dengan aktivitas pergerakannya yang meningkat di malam hari. Rasa gatal yang tak tertahankan akibat kemampuan si parasit ini menghisap darah di kulit kepalamu, akan menggodamu untuk menggaruknya bahkan di saat tidur sekalipun.

Baca juga:  7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Nah, jika kamu biarkan saja, percayalah! Mereka akan semakin menjadi-jadi dan berkembang biak di kepalamu. Mereka akan terus merongrong kepalamu dengan rasa gatal yang tak tertahankan, sehingga memicu kulit kepala terluka dan infeksi.

Sekarang kamu paham kan, kenapa harus menentukan cara menghilangkan kutu di rambut?

Pahami Gejala Kutu di Rambut

cara menghilangkan kutu

“Rasa gatal pasti deh dari kutu” Eiit…! jangan keburu parno dulu ya, karena tidak semua rasa gatal di kulit kepala penyebabnya adalah kutu atau head louse. Bisa jadi karena ketombe, atau bisa juga adanya urtikaria seperti biduran di kulit kepala karena alergi, atau bisa juga ada faktor lain. 

Nah, kalau gejala akibat serangan si kutu ini, bisa ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Rasa gatal berlebih pada kulit terutama pada malam hari. Biasanya kutu kepala akan sangat aktif di malam hari, ditandai dengan gatal yang meningkat. Bahkan ketika kamu sudah tidur pun tidak menyurutkan hasrat mereka untuk mengganggumu. Sangat menyebalkan ga sih?
  • Munculnya telur kutu yang menempel di rambutmu, bentuknya seperti biji strawberry. Inilah yang terkadang membuat hancurnya harga dirimu dan rusaknya kepercayaan diri yang telah kamu bangun selama ini. Rambut indahmu akan terlihat tidak baik-baik saja dan tentunya merusak penampilanmu.
  • Pernah ga sih ngerasa ada sesuatu yang menjalar atau bergerak di permukaan kulit kepalamu? Yup!! Itu adalah salah satu gejala atau ciri-ciri kalau di kepalamu sudah mulai dijamah oleh si kutu parasit pengganggu ini. 
  • Terlihat kulit kemerahan dan muncul benjolan kecil berwarna merah yang biasanya terlihat di kulit kepala bahkan di leher. 

Gimana? Apakah semakin semangat mencari cara menghilangkan kutu? Tenang… Sabar sedikit lagi ya. Sekarang mari kita kenali dulu penyebab terjadinya kutu di kepala sebelum melakukan pembasmian.

Penyebab Kutu di Kepala

cara menghilangkan kutu

Penyebab utama munculnya kutu di kepala adalah karena tertular oleh orang lain yang telah memiliki kutu sebelumnya. Memang sih, kutu rambut tidak bisa terbang atau meloncat, tapi dia mempunyai kecepatan merayap yang menakjubkan. Hal inilah yang membuat kutu ini bisa cepat berpindah-pindah dari satu orang ke orang lain.

Baca juga:  Agen Eksfoliasi, Ini Fungsi AHA BHA untuk Hasil Kulit Sehat dan Kenyal

Bahkan secara tidak langsung kutu juga bisa menular lho, seperti kutu yang menempel di topi, helm, sisir, bantal, atau bahkan di sprei tempat tidurmu. Ketika ada orang lain yang meminjam barang itu semua, atau ada orang lain yang tidur di tempat kutu berada, so pasti akan tertular juga kan?

Bener ga sih kalau kutu berasal dari kulit kepala yang kotor dan tak terawat? Stigma yang tersebar di masyarakat umumnya mengatakan, kutu tumbuh dan berkembang karena rambut kotor dan jorok. Ternyata itu semua tidak ada pembuktian secara klinis.

Kamu tau ga? Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Loyola Chicago Stritch School of Medicine, kutu lebih senang tinggal atau hinggap di kepala orang yang bersih.

Berarti bisa disimpulkan bahwa si serangga parasit alias si kutu kepala ini, bisa menyerang siapa saja baik rambutnya bersih maupun kotor.

Cara Menghilangkan Kutu dan Mencegah Kutu Kembali

Baiklah, sekarang kita akan membahas cara menghilangkan kutu sekaligus mencegah kutu datang lagi. Ada banyak cara menghilangkan kutu di kulit kepala, diantaranya:

1. Pakai Sisir Kutu

cara menghilangkan kutu

Yes! Sisir kutu atau dikenal sisir serit adalah cara yang paling sering dipakai untuk membasmi kutu-kutu yang bandel di kepala.

2. Shampo Khusus Kutu

Shampo yang mengandung permethrin adalah pilihan jenis shampo yang bisa kamu coba untuk membasmi kutu kepalamu. Kamu tahu kenapa? Karena permethrin merupakan bahan pestisida aktif pembasmi kutu rambut, sebaiknya konsultasikan juga ya ke dokter agar kamu tahu jenis apa yang cocok buat rambutmu.

3. Memakai Garam

Garam adalah antiseptik alami untuk membasmi kutu. Bisa juga dicampur dengan cuka agar mengurangi kelembaban kulit kepala.

Caranya cukup mudah lho, hanya dengan mencampurkan 3 sdm garam dan 2 sdm cuka yang dilarutkan dalam air sebanyak 100 ml. Kemudian masukkan ke dalam botol spray terus semprotkan ke rambut. Untuk hasil maksimal, gunakan shower cap untuk membungkus rambutmu dan biarkan lebih kurang 2 jam sebelum dicuci bersih.

Baca juga: 5+ Cara Agar Rambut Lembut dan Jatuh yang Perlu Dicoba

Cukup mudah kan?? Tunggu apalagi? Yuk basmi kutu pengganggu kulit kepalamu sekarang juga ya!

Tapi ingat lho ya, setelah si kutu kepala hilang, kamu supaya lebih berhati-hati lagi agar jangan sampai si parasit balik lagi. Jangan lagi sering tukar-tukaran topi, helm dan sebagainya agar terhindar dari penularan, oke?