7 Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Dietmu

Kebutuhan kalori tiap manusia berbeda-beda, bukan hanya faktor usia saja yang menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi. Namun ada juga faktor lain seperti jenis kelamin, berat badan, kegiatan fisik, dan lain-lain. Cara menghitung kalori makanan pun akan sangat dibutuhkan. Memenuhi kebutuhan kalori dengan baik akan banyak menghasilkan efek positif bagi tubuh.

Sebaliknya, orang yang tidak mempedulikan kebutuhan kalorinya akan dihadapkan dengan berbagai masalah kesehatan. Maka itu, penting membiasakan diri untuk menghitung jumlah kalori yang diasup. Sejatinya, penghitungan kalori bukan hanya pada orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan tetapi juga yang ingin menambah berat badan dan ingin hidup sehat dan bebas penyakit. Berikut manfaat dan 7 cara untuk menghitung jumlah kalori pada makanan untuk diet.

cara menghitung kalori makanan
Sumber: iStockPhoto

Manfaat Menghitung Kalori Makanan

1. Tidak Makan Berlebihan

Dengan menghitung kalori makanan, kamu bisa tahu kapan waktunya makan, dan kapan waktunya berhenti. Selain itu, menghitung kalori makanan dapat mengetahui bagaimana jika kamu ingin makan dalam porsi lebih banyak dari biasanya. Melalui kebiasaan ini, kamu akan terhindar dari rasa kenyang yang berlebihan.

2. Lebih Selektif Memilih Makanan

Dengan menghitung dan melihat kalori makanan di balik kemasan produk makanan dan minuman, kamu bisa selektif memilih makanan. Misalnya, kamu bingung memilih cemilan A atau B. Namun karena cemilan A lebih rendah kalori, maka kamu memilih produk tersebut untuk dikonsumsi.

3. Terhindar Dari Obesitas

Karena dua poin di atas, kamu bisa terhindar dari obesitas. Kamu juga lebih bisa mengatur dalam gaya makan. Yang tadinya beli sekotak es krim bisa habis dalam sehari, kini bisa bertahan hingga seminggu. Kamu tak akan mengalami lonjakan berat badan yang drastis dengan menghitung kalori makanan harian.

4. Perbaikan Gaya Hidup

cara menghitung kalori makanan
Sumber: iStockPhoto

Mungkin orang lain akan melihat kamu sebagai sosok yang pemilih, rewel dan ribet. Namun, kamu berhak menyelamatkan masa depan dengan menjaga kesehatan. Menghitung kalori mungkin bukan segalanya, namun bisa membuat kita mengenali gaya makan kita yang seringkali berkaitan dengan kesehatan hari ini hingga masa yang akan datang.

Baca juga:  Butuh Panduan Staycation Saat Pandemi? Cek di Sini!

5. Cantik Dan Enerjik

Kecantikanmu juga berhubungan dengan apa yang kamu makan. Mereka yang lebih teliti dengan makanan mereka, cenderung menjadi pribadi yang enerjik, aktif dan cantik. Hal ini karena kita sudah memulai untuk menjaga aset kesehatan dari hal yang sederhana, yaitu makan. You are what you eat.

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan

Kalori yaitu satuan energi yang biasanya digunakan untuk mengukur kandungan energi makanan dan minuman. Kalori makanan nantinya akan membentuk energi yang kemudian diperlukan tubuh. Jika terlalu banyak atau sedikit kalori yang terdapat pada tubuh, maka bisa membahayakan tubuh itu sendiri.

Biasanya, menghitung kalori sangat diperlukan pada saat kamu ingin menerapkan diet agar memiliki berat badan yang ideal. Hal ini tentu untuk membuat tubuhmu lebih berhati-hati saat memilih makanan yang akan dikonsumsi. Selain untuk penampilan, memiliki berat badan ideal juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan peluang hamil.

Namun, perlu diketahui berapa jumlah kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Sebelum menghitung jumlah kalori makanan, kamu harus tahu berapa kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Umumnya, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Hal ini tergantung usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.

Kebutuhan Kalori Harian pada Pria

  1. Usia 19 – 29 tahun: BB 60 kg dan TB 168 cm: 2.725 kkal per hari.
  2. Usia 30 – 49 tahun: 2.675 kkal per hari

Kebutuhan Kalori Harian pada Wanita

  1. Usia 19 – 29 tahun: BB 54 kg dan TB 159 cm: 2.250 kkal per hari.
  2. Usia 30 – 49 tahun ke atas: 2,150 kkal per hari.

3 Cara Menghitung Kalori Makanan

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu perlu membuat defisit kalori, yang mana jumlah kalori yang dimakan lebih sedikit daripada yang akan dibakar oleh tubuh.

1. Membaca Nilai Informasi Gizi Makanan

Salah satu cara untuk menghitung kalori makanan dapat dilakukan dengan membaca nilai informasi gizi makanan. Biasanya, informasi tersebut terletak pada kemasan makanan sehingga kamu bisa dengan mudah melihat jumlah kalori pada makanan tersebut. Jika kamu ingin mengetahui gizi yang Anda konsumsi dalam makanan tersebut, ini merupakan salah satu solusinya. Hal ini tentu bisa menjadi cara menghitung kalori untuk diet sehingga kamu bisa mengetahui jumlah kalori yang masuk dan yang harus dibakar oleh tubuh agar berat badan tetap ideal.

Baca juga:  7 Inspirasi Outfit Lebaran Pria 2023

2. Memperhatikan Jumlah Karbohidrat, Protein, dan Lemak

cara menghitung kalori makanan
Sumber: iStockPhoto

Cara menghitung kalori harian agar berat badan tetap ideal penting untuk memperhatikan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak yang pada makanan. Hal ini agar kamu bisa menentukan jumlah yang harus dikonsumsi. Caranya, jumlahkan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak untuk mengetahui jumlah kalori pada makanan yang kamu konsumsi.

3. Menimbang dan Mengukur Porsi Makanan

Cara menghitung kalori makanan untuk diet bisa dilakukan dengan menimbang dan mengukur porsi makanan. Kamu perlu mengatur porsi makan dengan jumlah kalori harian yang dibutuhkan. Pasalnya, jumlah kalori yang diketahui hanya menunjukkan satu porsi makanan. Jika kamu mengonsumsi lebih dari satu porsi makanan, maka jumlah kalori yang dikonsumsi pun menjadi lebih banyak.

Cara menghitung kalori makanan juga bisa dilakukan dengan menggunakan rumus Harris-Benedict. Rumus ini digunakan untuk menghitung Basal Metabolic Rate (BMR). Rumus ini dihitung berdasarkan jenis kelamin, usia, berat badan, dan tinggi badan.

  1. Untuk laki-laki: (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) – (5,68 x usia dalam tahun)
  2. Untuk wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) – (4,33 x usia dalam tahun)

Untuk memudahkan dalam mengukur jumlah kalori pada satu porsi makanan, kamu bisa menggunakan perbandingan sebagai berikut:

  • 1 porsi nasi atau pasta (1/2 cangkir): sebesar mouse komputer atau segenggam bulat.
  • 1 porsi daging (3 ons): sebesar setumpuk kartu.
  • 1 porsi ikan (3 ons): sebesar buku kwitansi.
  • 1 porsi keju (1,5 ons): sebesar lipstik atau seukuran ibu jari Anda.
  • 1 porsi buah segar (1/2 cangkir): sebesar bola tenis.
  • 1 porsi sayuran berdaun hijau (1 cangkir): sebesar bola bisbol.
  • 1 porsi sayuran (1/2 cangkir): sebesar mouse komputer.
  • 1 sendok teh minyak zaitun: sebesar 1 ujung jari.
  • 2 sendok makan selai kacang: sebesar bola pingpong.

Itulah manfaat dan 3 cara menghitung kalori makanan. Kamu dapat mengetahui jumlah kalori melalui tabel kalori makanan agar lebih mudah mengatur jumlah porsi makanan. Mengatur asupan jumlah kalori tidak hanya untuk menjaga berat badan namun baik untuk kesehatan tubuh. Selain menghitung kalori makanan, kamu juga perlu mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat, seperti mengatur jadwal makan dan porsinya, pemilihan jenis makanan, dan juga rutin berolahraga.