7 Cara Ampuh Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

Saat mengetahui bayi sedang mengalami flu, tentunya kamu akan mencari berbagai cara untuk menyembuhkan sakitnya. Karena flu dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati flu pada bayi adalah dengan menggunakan bawang merah. Cara ini dipercaya ampuh sejak jaman dahulu.

Allium cepa atau bawang merah adalah salah satu umbi-umbian yang memiliki kandungan senyawa sulfur. Senyawa ini mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernapasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang flu dan disertai dengan batuk. Jika bayi terserang flu, kamu dapat menggunakan bawang merah sebagai obat dengan 7 cara seperti yang akan dijelaskan dalam tulisan ini. Kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai 5 manfaat bawang merah dan 5 tips mencegah flu pada bayi.

Sumber: Freepik

5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Bayi

Ada beberapa manfaat yang ditimbulkan saat kamu memberikan bawang merah ke bayi, 5 di antaranya yaitu:

  1. Meredakan demam. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloalkana, metilamin, kaempferol, kuersetin dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh.
  2. Melancarkan sirkulasi darah. Bawang merah memiliki kandungan asam fosfat yang mampu memurnikan dan menyerap racun dalam darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.
  3. Mengatasi perut kembung. Racikan dari bawang merah dan minyak telon akan membuat perut si Kecil terasa hangat, sehingga menimbulkan efek rileks dan perut kembung pun teratasi.
  4. Menyerap bakteri dan virus. Bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin di dalamnya. Senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia dan alliisin sebagai antimikroba.
  5. Meningkatkan imunitas. Bawang merah mengandung polifenol, suatu antioksidan yang menghilangkan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ada juga quercetin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menghentikan produksi histamin.
Baca juga:  Ketahui 10 Manfaat Inhalasi untuk Terapi Anak!

Meskipun bawang merah memiliki berbagai manfaat, namun belum ada penelitian yang menunjukkan tentang dosis penggunaan bawang merah untuk pengobatan.

7 Cara Ampuh Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

Setelah mengetahui manfaat dari bawang merah, ada baiknya kamu mengetahui cara ampuh dalam mengobati flu pada bayi dengan menggunakan bawang merah seperti di bawah ini.

1. Mengusap Bawang Merah Secara Langsung ke Tubuh Bayi

Ilustrasi bawang merah )Sumber: iStockPhoto)

Cara ampuh pertama untuk mengobati flu bayi adalah membalurkan irisan bawang merah secara langsung ke tubuh bayi. Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Hal ini menyebabkan demam akibat flu yang dialami bayi bisa menurun. Namun, kamu harus berhati-hati dalam membalurkan ke bayi, ya. Karena khawatir akan melukai kulit bayi, mengingat kulitnya sangatlah sensitif.

2. Mencampurkan Bawang Merah dengan Minyak Kayu Putih

SumberL iStockPhoto

Campurkan tumbukan bawang merah dengan minyak telon ataupun minyak kayu putih untuk memijat bayi. Hal ini dapat dilakukan agar bayi merasa nyaman dan juga mengurangi gejala hidung tersumbat karena flu. Campuran bawang merah dan minyak kayu putiih ini bisa kamu balurkan ke punggung, perut, ataupun dada bayi. Jika bayi merasa tidak nyaman, kamu dapat menghentikannya.

3. Meletakkan Bawang Merah di Telapak Kaki

Sumber: iStockPhoto

Cara selanjutnya adalah dengan menaruh bawang merah di telapak kaki. Kamu bisa menumbuk atau mengiris bawang merah, kemudian masukkan irisan atau tumbukan bawang merah ke dalam kaos kaki. Selanjutnya, gunakan kaos kaki tersebut pada bayi. Tips ini dapat dibilang ampuh untuk menghilangkan bakteri ataupun virus yang ada dalam tubuh bayi.

4. Mencampurkan Bawang Merah dengan VCO

Ilustrasi bawang merah dengan minyak VCO (Sumber: iStockPhoto)

Tidak hanya dengan minyak kayu putih, kamu juga bisa mencampurkan bawang merah dengan minyak kelapa atau VCO. Caranya pun bisa dibilang sangat mudah. Parut beberapa siung bawang merah. Kemudian campurkan dengan VCO. Kamu bisa memasukkan campuran ini ke dalam botol agar tahan lama. Campuran ini dapat kamu gunakan untuk memijat bayi.

5. Mencampurkan Bawang Merah dengan Essential Oil

Ilustrasi essential oil (Sumber: iStockPhoto)

Jenis minyak lain yang dapat kamu gunakan untuk mengobati flu bayi adalah essential oil. Campuran bawang merah dan essential oil ini dapat mengurangi gejala flu yang dialami bayi, seperti demam dan hidung tersumbat. campurkan irisan atau parutan bawang merah dengan essential oil, lalu letakkan di dalam ruangan. Jenis essential oil yang dapat kamu gunakan untuk mengobati flu bayi antara lain eucalyptus dan thieves.

6. Membuat Larutan Bawang Merah

Sumber: iStockPhoto

Cara ini banyak diterapkan untuk mengobati flu, terutama pada bayi. Iris bawang merah, lalu rendam dalam air minum hingga 6-8 jam. Minumlah larutan ini 2 kali sehari dengan dosis 2 sendok makan setiap kali minum. Kmau bisa mencampurkannya dengan ASI atau susu agar rasanya tidak terlalu tajam. Jika bayi berusia 1 tahun ke atas, kamu bisa mencampurkannya dengan madu agar lebih manis saat diminum bayi.

Baca juga:  11 Larangan Setelah Melahirkan Normal, Tidak Hanya Mitos!

7. Mencampurkan Bawang Merah ke MPASI

Sumber: iStockPhoto

Cara terakhir untuk mengobati flu pada bayi adalah dengan mencampurkan bawang merah ke dalam MPASI. Perlu diingat, MPASI adalah makanan pendamping yang diberikan pada bayi ketika dia berusia 6 bulan ke atas. Masukkan bawang merah ke dalam menu MPASI bayi seperti sup ayam atau omelet. Hal ini dimaksudkan karena bayi sangat rentan dengan bau menyengat yang dikeluarkan bawang merah.

5 Tips Mencegah Flu pada Bayi

Untuk mencegah munculnya flu pada bayi, kamu dapat menerapkan 5 tips sebagai berikut:

  1. Banyak istirahat. Biarkan bayi tidur siang sesering mungkin, dan ajak dia melakukan aktivitas yang banyak saat siang hari.
  2. Memberikan cairan yang cukup. Jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, ada baiknya kamu memberikan ASI sesering mungkin. Jika bayi berusia lebih dari 6 bulan, kamu bisa memberikan asupan cairan melalui air putih ataupun jus buah kesukaannya.
  3. Jaga kebersihan. Pastikan kamu atau orang lain yang akan memegang bayi sudah mencuci tangan, agar bakteri dan virus dari luar tidak memasuki tubuh bayi.
  4. Jauhkan dari orang sakit. Bayi sangat rentan dengan segala macam bakteri dan virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, jauhkan bayi dari orang yang sakit agar tidak tertular.
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksin. Vaksin adalah salah satu usaha untuk melindungi bayi dari flu. Jika bayi berusia di atas 6 bulan, sebaiknya berikan vaksin flu minimal satu kali dalam setahun. Namun jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan, kamu cukup memberikan ASI secara eksklusif. ASI memiliki kandungan antivirus untuk menjaga tubuh bayi terlindungi dari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, itulah informasi mengenai 7 cara untuk mengobati flu pada bayi dengan menggunakan bawang merah. Meskipun ampuh, namun cara ini masih belum ada bukti ilmiahnya. Tetap periksakan bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi kamu, ya!