10+ Cara Jitu untuk Menjaga Kesehatan Mental

Dewasa ini, banyak sekali yang mengkampanyekan pentingnya menjaga kesehatan mental. Entah itu melalui sosial media maupun di lingkungan sekitar kita. Tidak bisa memungkiri bahwa selain menjaga fisik, kita juga harus menjaga kesehatan batin agar selalu bahagia. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka akan memunculkan pikiran-pikiran negatif dalam diri. Untuk mengurangi pemikiran tersebut, kamu dapat melakukan beberapa cara jitu untuk menjaga kesehatan mental.

Ada beberapa penyebab munculnya masalah kesehatan mental, antara lain masalah pekerjaan, akademik, konflik dengan keluarga, hingga stigma yang beredar mengenai kesehatan mental. Jika kamu rentan mengalami masalah kesehatan mental, ada baiknya kamu mengetahui 12 cara-cara jitu dalam menjaga hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Sumber: iStockPhoto

10+ Cara Jitu untuk Menjaga Kesehatan Mental

Agar tidak terjadi gangguan kesehatan mental pada dirimu, lakukan 12 cara berikut.

1. Kenali dan Pahami Diri Sendiri

Kamu harus mampu untuk mengenali kondisi tubuh baik secara fisik maupun mental. Saat gejala gangguan fisik maupun mental muncul, secara otomatis kamu akan mewaspadai hal tersebut. Kamu mampu melakukan upaya pencegahan dan menghentikan gejala yang semakin bertambah parah. Bahkan kamu mampu mengambil keputusan bahkan tindakan yang tepat dalam mencari bantuan ke professional.

2. Batasi Screen-Time

Terlalu lama menatap layar gawai tentunya membuat kamu merasa suntuk sehingga mood semakin buruk. Kamu bisa meletakkan sejenak gawaimu di waktu-waktu tertentu, kemudian lakukan aktivitas harian tanpa melibatkan gawai. Seperti menonton film kesukaan, berjalan di lapangan olahraga dekat rumah, hingga berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Berikan waktu untuk dirimu sendiri beraktivitas tanpa adanya paparan gawai di genggaman.

3. Grounding 54321

Salah satu teknik yang dapat kamu gunakan untuk menjaga kesehatan mental adalah grounding. Teknik ini menggunakan kelima indera untuk membantu kembali ke masa kini. Mulailah dengan duduk nyaman, tutup mata dan tarik napas dalam-dalam dalam hitungan ketiga. Keluarkan napas melalui mulut (sampai hitungan ketiga), lalu buka mata dan lihatlah di sekelilingmu.

Baca juga:  Muntah Kuning: Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya

Sebutkan dengan bersuara:

  • 5 benda yang dapat kamu lihat, baik dalam ruangan atau yang terlihat dari jendela
  • 4 hal yang bisa kamu rasa atau sentuh
  • 3 suara yang dapat didengar oleh telingamu.
  • 2 hal yang bisa kamu cium.
  • 1 makanan yang bisa dicicipi.

Kamu bisa mengakhiri sesi ini dengan enghirup napas dalam-dalam dan mengeluarkannya melalui mulut.

4. Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Sumber: iStockPhoto

Menerapkan pola hidup sehat dapat membantu tubuh memproduksi hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini berperan dalam pengaturan emosi dan juga motivasi. Kamu dapat menerapkan pola hidup sehat ini melalui olahraga hingga konsumsi makanan sehat untuk menenangkan batinmu. Dengan begitu, kondisi batinmu akan lebih tenang dan aman.

5. Meditasi

Cara untuk menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah melakukan meditasi atau yoga. Meditasi adalah aktivitas yang memusatkan perhatian dan menjernihkan pikiran. Tujuan meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Dengan meditasi, pikiran jadi lebih tenang dan tingkat stres pun menurun. Selain meditasi, kamu juga dapat melakukan relaksasi latihan pernapasan. Kombinasi keduanya dapat mengatur saraf di bagian otak yang disebut sebagai kompleks pre-Botzinger. Saraf ini berfungsi mengatur sistem pernapasan dan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk mengontrol rasa cemas dan stres.

6. Rencanakan Liburan Kecil

Kamu bisa menghibur diri sendiri dengan merencanakan liburan ke suatu tempat yang cukup sepi. Atau bisa juga ke tempat ramai. Tidak perlu lama-lama, kamu dapat melakukan liburan pendek di saat akhir pekan agar tidak perlu repot mengambil cuti. Dengan berlibur sendiri, kamu bisa lebih mengenali dirimu sendiri. Kegiatan ini juga dapat membantumu untuk mengelola emosi dan kamu bisa kembali dengan perasaan yang lebih baik.

7. Berfokus pada Satu Hal dalam Satu Waktu

Fokus kepada tujuan dapat melepaskan emosi negatif dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu untuk fokus. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini kamu tengah lakukan.

Baca juga:  Benarkah Hyaluronic Acid Ampuh untuk Merawat Kulit?

8. Melakukan Hal Baik untuk Orang Lain

Sumber: iStockPhoto

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan kamu tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas pemikiranmu tentang hidup. Hal ini dapat membuat kesehatan batinmu tetap terjaga.

9. Istirahat

Saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah. Lakukan apa pun kecuali hal yang membuat kamu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik. Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana. Tutup matamu dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu kamu melawan stres.

10. Tidur Tepat Waktu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gawai sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari. Jika dirasa sulit, aturlah waktu tidurmu dengan menggunakan alarm.

11. Journaling

Berilah waktu kepada diri sendiri untuk melakukan aktivitas menyenangkan agar kesehatan mental tetap terjaga. Misalnya, untuk mengungkapkan perasaan, cobalah menulis jurnal atau journaling secara rutin. Journaling dapat membantu mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres atau kecemasan. Setelah dapat mengidentifikasi stressor (pemicu stres), kamu dapat menyusun cara untuk menyelesaikan masalah dan mengurangi stres tersebut.

12. Hubungi Ahli atau Profesional

Sumber: iStockPhoto

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menghubungi atau mendatangi ahli yang kompeten di bidang kesehatan mental, seperti psikiater ataupun psikolog. Jangan ragu untuk membuat janji untuk mendapatkan terapi yang tepat dalam menangani masalah. Kamu juga bisa mendapatkan pandangan baru dalam menghadapi masalah hidup yang kamu alami.

Nah, setelah mencermati 12 cara jitu untuk menjaga Kesehatan mental di atas, tentunya kamu dapat memiliki berbagai cara langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, kamu hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Mia Atika

Add comment

Share