Dijamin Aman! Lakukan Cara Menumbuhkan Rambut Berikut Ini

Banyak orang mendambakan rambut yang lebat dan hitam, supaya terlihat lebih menarik. Namun, ternyata tidak sedikit juga orang yang kebingungan bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan aman dan cepat. Sebagian orang memang mengalami kerontokan yang disebabkan oleh berbagai hal, sehingga membuat rambutnya menjadi tipis bahkan botak. Mungkin kamu adalah salah satunya?

Meskipun sudah ada banyak obat-obatan yang dipercaya dapat menumbuhkan dan menyuburkan rambut. Namun tetap saja, ada yang berhasil dan ada juga yang tidak, sehingga masih mencari-cari cara menumbuhkan rambut yang efektif. Selain itu, sebagian orang juga takut karena obat-obatan dimungkinkan dapat memberikan efek samping. Jangan khawatir, karena nyatanya ada cara cepat untuk menumbuhkan rambut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan alami ini terbukti selain aman, juga ampuh untuk menumbuhkan rambut kamu. Menariknya lagi, cara ini terbilang mudah dan murah, karena hanya butuh memanfaatkan bahan yang mudah ditemui. Simak baik-baik, ya

Cara Menumbuhkan Rambut secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk menumbuhkan rambut yang bisa kamu lakukan. 

1. Menggunakan Teh Hijau

cara menumbuhkan rambut

Salah satu cara cepat untuk menumbuhkan rambut adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau terbukti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk juga untuk menumbuhkan rambut. Teh hijau memiliki kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala, dan rambut akan tumbuh lebih lebat. Caranya cukup mudah, hanya dengan menyeduh teh hijau, kemudian oleskan pada kulit kepala kamu.

Baca juga:  Essential Oil: Pengertian, Manfaat, hingga Efek Sampingnya

2. Menggunakan Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa juga disebut-sebut dapat menjadi cara cepat untuk menumbuhkan rambut, lho. Kandungan dari minyak kelapa ternyata juga terbukti dapat membuat rambut menjadi lebih lebat. Kebanyakan produsen obat menggunakan bahan utama minyak kelapa ini untuk mengatasi kebotakan. Selain untuk mengatasi kebotakan, cairan minyak kelapa ini juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe.

3. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menumbuhkan rambut lain yang juga bisa kamu coba adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini telah terbukti bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut, di mana minyak zaitun dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun setelah keramas. Kemudian pijat dengan lembut dan diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Menggunakan Minyak Kemiri

cara menumbuhkan rambut

Minyak kemiri juga bisa kami manfaatkan sebagai cara cepat untuk menumbuhkan rambut dengan aman. Minyak kemiri memang dapat berguna untuk menumbuhkan rambut, karena kandungan minyak kemiri dapat menutrisi kulit kepala, sehingga rambut pun akan tumbuh dan menjadi lebih kuat.

5. Menggunakan Kuning Telur

Selain beberapa jenis minyak seperti yang telah disebutkan di atas, cara menumbuhkan rambut lainnya adalah dengan mengoleskan kuning telur ke kepala. Kuning telur dipercaya dapat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan aman. Kamu dapat mengoleskannya ke kulit kepala dan pijat dengan lembut selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, kamu bisa membersihkan kepala dengan shampoo untuk menghilangkan baunya. 

6. Menggunakan Lidah Buaya

Kalau kamu ragu untuk menggunakan kuning telur karena baunya yang menyengat, cara lain yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut adalah dengan menggunakan lidah buaya. Nyatanya banyak produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena kandungan dari daging lidah buaya sudah terbukti ampuh dapat merangsang pertumbuhan rambut dan juga merawat kulit kepala agar tetap sehat. Kamu bisa memotong lidah buaya sebagian hingga terlihat dagingnya. Lalu, oleskan potongan tersebut ke kepala, diamkan sejenak, dan bilas hingga bersih.

Baca juga:  Bermanfaat, Ketahui Waktu Ideal Warming Up Sebelum Olahraga

Beberapa tips sederhana di atas bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan aman.

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

cara menumbuhkan rambut

Melakukan perawatan rambut itu tidak harus di salon kok. Karena merawat rambut agar tetap sehat bisa dilakukan sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil yang maksimal. Kamu bisa mencoba langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambutmu. Produk perawatan rambut yang sesuai dengan rambutmu akan memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, dan juga bercabang.
  • Selanjutnya, keramaslah dengan air dingin karena bisa membantu mencegah rambut rontok dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidak hanya itu saja, air dingin juga bisa menjaga kekuatan akar rambut dan bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.
  • Menyisir rambut dengan cara yang benar juga sangat berpengaruh dalam kesehatan rambut. Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya.
  • Selain itu, penting untuk tidak menyisir rambut saat masih basah. Jika kamu memiliki kebiasaan menyisir rambut saat rambut masih basah, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu. Sehabis keramas, biarkan rambutmu kering terlebih dulu sebelum menyisirnya. Karena menyisir rambut dalam keadaan rambut basah hanya akan membuat rambut menjadi rontok dan patah karena kusut.
  • Membungkus rambut dengan handuk juga lebih baik daripada menggosoknya. Kalau kamu sering sekali menggosok rambut yang basah dengan handuk apalagi digosok terlalu keras, maka hal itu bisa membuat rambutmu menjadi rusak. Karena ketika rambut dalam kondisi basah, rambut akan rentan sekali rapuh atau rontok.

Mulailah kebiasaan baik untuk merawat rambut dari sekarang, dan dapatkan rambut yang indah dan sehat.