8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Tanpa Rasa Sakit

Sariawan yang muncul tentulah membuat makan jadi tak berselera. Berbicara pun tak nyaman karena sariawan. Beragam cara dilakukan untuk menyembuhkan sariawan, mulai dari menggunakan bahan alami hingga membeli obat-obatan. Penyakit yang disebabkan infeksi jamur ini harus segera disembuhkan agar tidak menular ke area lain.

Sariawan merupakan sejenis bisul atau jerawat yang muncul di mulut. Ukuran sariawan biasanya kecil dan terbentuk di dasar gusi atau bibir bagian dalam. Meskipun bisa sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu, namun penyakit ini bisa disembuhkan dengan berbagai cara. Apa sajakah itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

cara menyembuhkan sariawan
Sumber: iStockPhoto

Faktor Terjadinya Sariawan

Beberapa hal ini bisa menyebabkan terjadinya sariawan, entah di mulut maupun lidah.

  1. Lidah Tergigit. Biasanya terjadi saat sedang mengunyah makanan.
  2. Mulut Kering. Kondisi ini membuat kuman bisa lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi mulut.
  3. Konsumsi Makanan Tertentu. Makanan pedas dan asam dapat membuat iritasi di lidah sehingga menimbulkan luka.
  4. Perubahan Hormon. Pada wanita yang akan mengalami menstruasi, kehamilan, atau masa menopause akan mengalami perubahan hormon dan rentan mengalami sariawan.
  5. Penggunaan Kawat Gigi Atau Behel. Perawatan gigi ini akan membuat bagian mulut terluka karena bagian tajamnya.

8 Cara Menyembuhkan Sariawan

Meskipun sariawan bisa sembuh sendiri, namun waktu penyembuhannya memakan waktu cukup lama. Dan ini 8 cara untuk menyembuhkan sariawan dalam waktu singkat.

1. Es Batu

Cara mengobati sariawan bibir yang pertama dengan mengompres luka menggunakan es batu. Ini untuk menghilangkan rasa nyeri sekaligus untuk membunuh kuman yang ada di dalamnya. Lakukan kompres dengan pelan-pelan dan lembut. Supaya luka tidak semakin membesar yang rasa nyerinya bisa bertambah. Jika dirasa masih terasa nyeri saat tersentuh air es, boleh dihentikan untuk sementara waktu. 

Baca juga:  Serba-Serbi Bahaya Vape untuk Kesehatan yang Patut Diwaspadai

2. Madu

cara menyembuhkan sariawan
Sumber: iStockPhoto

Sariawan di bibir juga bisa disembuhkan dengan madu. Madu memiliki kandungan zat yang bekerja sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Maka dari itu makanan ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi peradangan dan pembengkakan yang kronis. Selain itu, kandungan anti mikrobanya juga berfungsi untuk membunuh kuman penyebab sariawan.

3. Air Garam

Garam memiliki khasiat untuk meredakan sariawan. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk air garam tersebut hingga larut. Lalu, kumur dengan menggunakan air garam tersebut hingga seluruh rongga mulut terbasahi. Berkumurlah selama 1—2 menit supaya bisa menjangkau seluruh bagian mulut. Setelah itu, buang air kumuran. Ada baiknya kamu tidak makan dan minum dalam beberapa saat untuk membuat air garamnya bereaksi dengan luka.

4. Teh Celup

Cara selanjutnya adalah mengompres bagian yang luka dengan teh celup. Daun teh dipercaya mampu melawan peradangan sekaligus menetralkan asam di mulut. Kamu hanya perlu menempelkan teh celup di bagian sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi langkah yang sama setiap hari sampai sariawan hilang.

5. Teh Chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol. Kedua senyawa ini dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati sariawan, kamu dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

6. Sayur dan Buah-Buahan

Cara selanjutnya untuk mengobati sariawan adalah dengan konsumsi sayur dan buah-buahan. Agar sariawan bisa cepat sembuh, kamu disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Baca juga:  Haid Tidak Lancar? Konsumsi Makanan Ini untuk Pelancar Haid!

7. Obat-Obatan Medis

Sariawan adalah penyakit yang gejalanya dapat dibantu diatasi dengan obat bebas. Namun jika ingin penyembuhan yang maksimal, kamu bisa memilih obat dosis atau resep dokter. Pastikan memilih obat bebas yang berkualitas di apotek. Jangan hanya berpedoman pada harga murah jika kualitasnya tidak baik. Apalagi kalau obat yang memiliki efek samping membahayakan. Beberapa obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan seperti parasetamol, ibuprofen, dan kortikosteroid.

8. Konsultasi ke Dokter

cara menyembuhkan sariawan
Sumber: iStockPhoto

Cara terakhir adalah dengan konsultasi ke dokter. Untuk mengobati sariawan pastikan harus diketahui penyebabnya dengan pasti termasuk jenis sariawannya. Maka dari itu jika gejala tidak segera hilang alangkah baiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Nantinya bisa diketahui dengan pasti jenis sariawan sekaligus resep obatnya. Ini juga untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam penggunaan obat. Terutama obat sariawan dengan dosis tinggi.

Perawatan Mulut

Jika sudah terbebas dari sariawan, kamu bisa lakukan hal-hal di bawah ini agar sariawan tidak datang lagi:

  1. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makan yang dapat mengiritasi mulut, seperti makanan asam, panas, atau pedas.
  2. Jaga selalu kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  3. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  4. Konsumsi makanan bergizi.

Itulah informasi seputar obat sariawan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi peradangan tersebut. Sariawan sering dianggap sepele, padahal rasa sakit yang ditimbulkan dapat membuat penderitanya tidak nyaman. Jadi, segera obati sariawan agar tidak memperparah kondisi, ya. Setelah sembuh, pastikan untuk menerapkan tips-tips pencegahan agar sariawan tidak datang lagi. Agar pencegahan lebih maksimal, usahakan untuk rutin memeriksakan kesehatan mulut dan gigi 6 bulan sekali di klinik gigi dan mulut terdekat.