10+ Cara Tradisional dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ada beberapa cara tradisional dalam mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Hal ini dapat dilakukan untuk melegakan hidung bayi, terutama jika bayi mengalami penyumbatan pada hidungnya. Musim hujan atau kondisi tertentu kadang membuat bayi merasakan hidungnya tersumbat. Bayi pastinya akan rewel dan tidak nyaman jika mengalami kondisi hidung tersumbat.

Sebagai orang tua, kamu pasti mencari cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Ada beberapa cara tradisional untuk mengatasi kondisi ini, agar bayi merasa lebih nyaman. Apakah cara-cara di bawah ini sering kamu gunakan untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat? Simak 11 cara ampuh di bawah ini, dijamin bayi akan merasa lebih nyaman.

Sumber: iStockPhoto

Penyebab Terjadinya Hidung Tersumbat pada Bayi

  1. Udara kering. Udara yang dingin dan kering membuat mukosa di dalam saluran hidung menjadi kering. Mukosa yang kering mempersempit saluran pernapasan, sehingga menyebabkan hidung bayi tersumbat dan agak sulit bernapas.
  2. Alergi. Hal ini terjadi karena kekebalan tubuh bayi memberi reaksi berlebihan saat iritan masuk melalui saluran pernapasannya, salah satu reaksi yang ditimbulkan yaitu hidung yang tersumbat. Iritan yang dimaksud bisa berupa debu, bulu hewan, dan asap rokok.
  3. Batuk pilek atau flu. Kondisi ini terjadi karena infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh bayi. Kondisi awal yang terjadi pada flu adalah hidung yang tersumbat dan munculnya lendir berwarna bening hingga kuning kehijauan.
  4. Lahir prematur. Jika bayi lahir sebelum waktunya atau prematur, maka sistem pernafasannya lebih rentan terkena virus atau bakteri.

11 Cara Tradisional dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi. Kamu pun bisa menerapkan cara-cara ini di rumah.

1. Mencukupi Kebutuhan Asupan Harian

Sumber: iStockPhoto

Jika bayi masih berusia 0-6 bulan, penuhi asupan hariannya dengan memberikan ASI dan/atau susu formula. ASI memiliki kandungan antibodi alami dari tubuh ibu untuk bayi, sehingga bayi akan lebih terjaga kekebalan tubuhnya. Dan jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, tetap penuhi kebutuhan ASI dan/atau susu formula, disertai dengan makanan pendamping serta air putih. Cara ini dapat membantu bayi untuk meringankan sakit pilek atau hidung tersumbat.

Baca juga:  Tips Memperoleh Asi Berlimpah dengan Cara Memijat Payudara

2. Posisikan Kepalanya Lebih Tinggi

Sumber: iStockPhoto

Cara ini bisa kamu terapkan ketika bayi sedang tidur. Posisikan kepala bayi secara perlahan lebih tinggi dari tubuhnya. Hal ini dapat memudahkan lendir keluar dari hidungnya. Bayi pun bisa bernafas lebih mudah dan hidungnya tidak tersumbat. Kamu bisa menggunakan kain tebal yang dilipat di belakang kepala untuk bisa membuat bayi dalam posisi tegak. Pastikan untuk menjaga si bayi saat kondisi ini agar tidak terjatuh dari tempat tidur.

3. Bawang Merah sebagai Obat

Ilustrasi bayi dengan bawang merah (Sumber: iStockPhoto)

Allium cepa atau bawang merah adalah salah satu umbi-umbian yang memiliki kandungan senyawa sulfur. Senyawa ini mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernapasan yang mampu melegakan dan mencairkan lendir yang menumpuk di hidung bayi. Kamu bisa menggunakan bawang merah dengan beberapa cara, seperti:

  1. Mencampurkan bawang merah dengan minyak pijat kesukaan bayi
  2. Meletakkan irisan bawang merah di telapak kaki
  3. Membuat larutan bawang merah
  4. Meletakkan irisan bawang merah dan essential oil dalam ruangan.

4. Membersihkan Hidung Bayi dengan Kain Lembut

Sumber: iStockPhoto

Cobalah untuk menggunakan handuk bersih dengan bahan tipis kemudian dipilin kecil. Lalu tarik semua lendir bayi secara perlahan. Cara ini mungkin akan membuat bayi tidak nyaman, maka dari itu usahakan melakukannya dengan lembut. Jika bayi mengeluarkan lendir setelah bersin, segera bersihkan agar tidak menempel ke berbagai tempat di sekitar bayi.

5. Menggunakan Humidifier

Sumber: iStockPhoto

Pelembab udara atau humidifier akan membantu menghidrasi udara. Hal ini dapat membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Kamu juga bisa menggunakan diffuser dengan aroma essential oil seperti eucalyptusthieves, atau grasslemon. Ketiga jenis EO ini diperccaya bisa membantu melancarkan pernafasan.

6. Memijat Bayi

Sumber: iStockPhoto

Memijat bayi secara rutin dapat meredakan hidung bayi yang tersumbat, lho! Pijatan pada tubuh bayi dapat menstimulasi titik dalam tubuh bayi sehingga menjadi lebih rileks. Cara ini efektif untuk meringankan gejala pilek dan masalah pencernaan lainnya. Pijatan dapat memberikan rasa tenang dan membuat si Kecil tidak lagi rewel.

Baca juga:  Busui, Lakukan 7 Cara Ini Agar ASI Banyak dan Kental!

7. Memperhatikan Suhu Ruangan Bayi

Atur selalu suhu ruangan tempat tidur bayi agar lebih hangat supaya bayi dapat bernapas dengan baik. Jika menggunakan pendingin ruangan, maka cobalah untuk mematikannya. Hal ini menyebabkan bahaya pendingin ruangan bagi bayi juga bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pilek. Kamu juga bisa menambahkan penyaring udara pada pendingin ruangan agar udara yang masuk ke dalam ruangan tempat tidur bayi lebih bersih.

8. Menjemur Bayi di Pagi dan Sore Hari

Sumber: iStockPhoto

Berjemur dibawah sinar matahari pagi membawa banyak manfaat bagi si bayi, salah satunya untuk mengurangi lendir yang menyumbat hidung bayi. Jemurlah bayi selama 5 hingga 10 menit setiap hari. Adapun waktu terbaiknya adalah di atas jam 9 pagi dan jam 3 sore , karena sinar UV B yang kaya akan vitamin D berada di jam tersebut.

9. Menghindarkan Bayi dari Iritan

Salah satu penyebab dari hidung tersumbat pada bayi adalah alergi. Hal ini terjadi karena kekebalan tubuh bayi memberi reaksi berlebihan saat iritan masuk melalui saluran pernapasannya. Salah satu reaksi yang ditimbulkan yaitu hidung yang tersumbat. Iritan yang dimaksud bisa berupa debu, bulu hewan, dan asap rokok. Oleh karena itu, hindarkan bayi dari iritan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

10. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Menikmati mandi air hangat dalam bak dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Ajak bayi untuk mandi air hangat. Uap yang dihasilkan bisa membantu membersihkan hidung bayi yang tersumbat. Kegiatan mandi juga jadi hal yang menyenangkan untuk bayi sehingga perhatiannya akan teralih saat Moms sibuk membersihkan lendir di hidungnya. Waktu bermain akan mengalihkan perhatian dari ketidaknyamanan mereka saat hidung dibersihkan, uap dari air hangat pun dapat membantu membersihkan hidung tersumbat.

11. Mengeluarkan Lendir dari Hidung

Sumber: iStockPhoto

Kamu bisa membantu bayi untuk mengeluarkan lendir dari hidungnya. Beberapa orang tua mengeluarkan lendir dari hidung bayi dengan mulut mereka, namun hal tersebut tidak efektif. Hal itu justru akan memindahkan kuman dari hidung bayi ke daerah mulut orang tuanya. Alat yang bisa kamu gunakan untuk mengeluarkan lendir dari hidung bayi adalah semprotan yang berisi larutan salin (air garam steril). Tujuannya adalah untuk membantu mengencerkan lendir yang kental dan melegakan saluran pernapasan.

Nah, itulah 11 cara tradisional yang ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Jika cara-cara tersebut tidak membuat hidung bayi merasa lega, kamu bisa memeriksakan bayi ke dokter anak terdekat. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat agar bayi bisa merasa lebih abik. Semoga informasi di atas membantumu, ya!