Bagaimana Cara Dapat Centang Hijau WA? Ini 5 Langkahnya

Tidak sedikit akun bisnis yang memiliki centang hijau WA untuk memberikan satu status jelas bahwa bisnisnya telah terverifikasi. Untuk kamu  yang tengah merintis bisnis dan ingin turut mendapatkan verifikasi akun bisnis ini, artikel berikut akan memberikan caranya.

Sebelumnya tentu kamu  harus memahami apa arti dari centang hijau WA serta fungsi yang dimilikinya. Selengkapnya kamu bisa saksikan masing-masing penjelasannya dalam poin berikut ini. Check this out!

Arti Centang Hijau WA

centang hijau wa
Sumber: freepik.com

Centang hijau pada akun bisnis WhatsApp yang dimiliki banyak bisnis ini disebut juga verified badge, merupakan simbol yang menjadi kamu  bahwa akun WA bisnis yang dimiliki telah diverifikasi secara resmi. Pihak WhatsApp secara langsung memberikan verifikasi tersebut, setelah sebuah akun melewati prosedur yang diberlakukan.

Hanya akun bisnis yang lolos prosedur penilaian saja yang bisa memperoleh verifikasi ini. Maka dari itu, memahami apa poin penilaian atau cara mendapatkannya akan jadi satu informasi berguna, yang selanjutnya bisa kamu temukan dalam bagian ketiga dari artikel ini.

Baca Juga: Jaringan 5G: Keunggulan dan Potensi Penggunaannya di Indonesia

4 Fungsi Utama Memiliki Centang Hijau pada Akun WhatsApp

cetang hijau wa
Sumber: freepik.com

Secara umum terdapat 4 fungsi utama dari centang hijau yang ada pada akun WhatsApp sebuah bisnis.

1. Membangun Kredibilitas Bisnis

Bisnis dengan centang hijau pada akunnya menkamu kan bahwa bisnis tersebut telah terverifikasi oleh WhatsApp secara langsung, setelah melewati prosedur yang berlaku. Centang biru ini bisa menjadi kamu  kredibilitas sebuah bisnis, sehingga lebih dipercaya oleh pelanggan atau pasar yang menjadi sasarannya.

Baca juga:  Ingin Belajar Online Berjalan Lancar? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Dengan memiliki verifikasi ini setidaknya menjadi tkamu  tersendiri bahwa bisnis yang dijalankan memiliki operasional yang tersistem dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Membantu Meningkatkan Penjualan

Kepercayaan pelanggan yang meningkat dengan melihat verifikasi ini dapat pula membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan. Jelas, bisnis dengan akun WhatsApp biasa dan akun bercentang hijau akan memiliki perbedaan signifikan dalam hal trust oleh masyarakat luas.

Keraguan pelanggan pada validitas bisnis dapat dihilangkan secara perlahan, dengan mengimbanginya menggunakan pelayanan yang baik. Kombinasi verifikasi dan service yang baik ini akan membuat pelanggan melakukan pembelian ulang pada produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

3. Upaya Branding Lebih Mudah

Mengapa? Sebab ketika akun WhatsApp dengan centang hijau melakukan blast pesan ke kontak yang dimilikinya, nama yang muncul pada bagian atas adalah nama bisnis yang dimiliki. Setidaknya dengan begini pelanggan atau pasar otomatis mengenal produk yang tengah melakukan aktivitas pemasaran, dan tidak bertanya-tanya.

Hal ini menjadi langkah branding yang efektif, mengingat pemilik bisnis tidak lagi perlu mengenalkan diri dan mengharapkan kepercayaan dari segmen pasar yang dikirimi pesan pemasarannya.

4. Kemudahan Pengelolaan CRM

Salah satu fungsi centang hijau pada akun WhatsApp yang paling utama adalah kemudahannya menghubungkan dengan CRM yang dimiliki bisnis kamu . Fitur yang dapat dinikmati dengan centang hijau ini sangat berguna untuk pemasaran dalam jumlah besar, sehingga pengelolaan pesan, kontak, serta pengukuran capaiannya lebih mudah dilakukan.

Tentu, hal ini harus didukung dengan kontak pelanggan yang jelas dan akurat sesuai dengan segmen pasar, agar dapat berjalan berkesinambungan dengan berbagai tujuan pemasaran lainnya.

Baca juga:  Apa Pentingnya Verifikasi Data? Cermati Contoh Penerapannya pada Aplikasi Keuangan

Begini Cara Mendapatkan Centang Hijau untuk Akun Bisnis kamu

centang hijau wa
Sumber: freepik.com

Untuk caranya sendiri, secara umum akan dikelompokkan ke dalam 5 tahap berbeda.

1. Daftarkan dengan Penyedia Solusi Bisnis Terverifikasi

WhatsApp bekerjasama dengan berbagai penyedia solusi bisnis yang terverifikasi untuk membantu pengusaha mendapatkan centang hijau ini. Kamu bisa dengan mudah menghubungi penyedia layanan tersebut, untuk kemudian dibantu mendapatkan centang hijau pada akun yang kamu miliki. Penyedia layanan ini akan membantu kamu terhubung dan memaksimalkan fitur dari WhatsApp API.

2. Lanjutkan dengan Pembuatan Akun Facebook Business Manager

Verifikasi akun bisnis pada WhatsApp diperlukan juga pembuatan akun Facebook Business  Manager. Akun ini akan digunakan oleh pihak Facebook untuk membantu mengatur dan mengelola bisnis. Akun tersebut wajib memiliki profil yang bisa diatur sebelumnya, sehingga disesuaikan dengan keperluan bisnis. Nantinya untuk masuk ke akun tersebut akan diperlukan email dan kata sandi sehingga lebih aman.

3. Ketiga, Berikan ID Facebook Business Manager pada Penyedia Solusi Bisnis

Setelah pembuatan akun selesai, berikan ID akun ini pada penyedia solusi bisnis yang sudah ditunjuk pada poin pertama tadi. Informasi tersebut akan digunakan pada pengaturan bisnis, sehingga dapat diatur sedemikian rupa agar akun bisnis dikenali oleh sistem.

4. Selanjutnya Proses Persetujuan Pesan dari Penyedia Layanan

Nantinya pesan yang akan dikirimkan melalui akun bisnis kamu  akan menggunakan layanan dari penyedia yang kamu pilih. Biasanya proses akan mengirim permintaan “pesan atas nama” melalui email dan business manager yang kamu miliki, kemudian kamu tinggal menyetujuinya ketika sudah sesuai dengan kemauan.

5. Verifikasi Bisnis

Proses terakhir dalam mendapatkan centang hijau WA adalah proses verifikasi. Setelah persetujuan atas permintaan penyedia layanan tadi dilakukan, maka verifikasi nama dan kebijakan bisnis di business manager juga wajib dilakukan. Hal ini ditujukan agar pihak WhatsApp dapat melihatnya.

Klik bagian Pengaturan Bisnis, opsi ini akan berwarna abu-abu sampai kamu  menyetujui “pesan atas nama” yang dikirimkan tim penyedia jasa pada kamu . Nama tampilan wajib sesuai dengan kebijakan yang berlaku, dan tidak bisa diubah setelah ditetapkan.

Baca Juga:  7 Tanda WA Diblokir oleh Pengguna Lain, Siasati Pakai Cara Ini!

Itu tadi sedikit bahasan mengenai bagaimana cara mendapatkan centang hijau WA yang bisa dibagikan. Pilih layanan terpercaya untuk membantu kamu , dan dapatkan pengelolaan terbaik untuk bisnis yang kamu miliki!