cillian murphy
Cillian Murphy (Sumber: Holywood Reporter)

Fakta Menarik Cillian Murphy, Bintang Film Oppenheimer

Kamu penggemar film Batman? Film produksi Warner Bros ini memiliki sederet pemain, salah satunya adalah Cillian Murphy. Aktor yang berkebangsaan Irlandia ini merintis karirnya di sebuah film pendek berjudul Quando dengan perannya sebagai Pat di tahun 1996. Karirnya naik setelah membintangi film Batman Begins pada tahun 2005.

Pria berusia 47 tahun ini juga membintangi beberapa serial film. Salah satu serial terkenalnya adalah Peaky Blinders. Pada film terbarunya, Oppenheimer, Cillian akan memerankan Oppenheimer, yaitu seorang fisikawan. Jika kamu penggemar berat Cillian Murphy, tak ada salahnya untuk mengulik 5 fakta menariknya di bawah ini.

cillian murphy
Sumber: Teras Jabar

5 Fakta Menarik Cillian Murphy

1. Kehidupan Pribadi

Cillian Murphy lahir dan tumbuh besar di Cork, kota terbesar kedua di Republik Irlandia. Ia dibesarkan sebagai penganut agama Katolik, dan bersekolah di Presentation Brothers College. Meskipun memiliki prestasi akademis yang baik di sekolah tersebut, tetapi Cillian tidak memiliki minat terhadap olahraga yang merupakan bagian cukup besar dari edukasi di sana. Ia lalu melanjutkan studinya di Universitas Cork, di mana ia mulai terlibat dalam drama dan teater. Hingga akhirnya ia tampil dalam pertunjukan publik melalui sandiwara berjudul Disco Pigs. Merasa bahwa ia akhirnya menemukan panggilannya, Cillian pun meninggalkan bangku kuliah.

Baca juga:  Kisah Perempuan Tanah Jahanam di Ajang Piala Oscar

2. Awal Karir

Di awal karirnya Cillian tidak langsung berperan dalam dunia film, dirinya sempat menekuni musik dengan belajar gitar dan bergabung dengan Teater Corcadorca di Cork. Cillian baru menunjukan bakat aktingnya di depan kamera saat membintangi film Disco Pigs di tahun 2001. Namun namanya mulai menanjak ketika membintangi 28 Days Later yang menyita perhatian internasional. Cillian mendapatkan nominasi untuk Pendatang Baru Terbaik di Empire Awards dan Breakthrough-Male di MTV Movie Awards.

3. Batman

cillian murphy
Sumber: Pinkvilla

Salah satu film besar yang pernah dibintangi oleh Cillian Murphy adalah Batman Begins pada tahun 2008. Film ini disutradarai oleh sutradara kenamaan, Christopher Nolan. Masih dalam semesta Batman, Cillian juga terlibat sebagai aktor dalam film The Dark Knight dan The Dark Knight Rises. Di ketiga film ini, ia berperan sebagai Dr. Jonathan Crane atau Scarecrow.

4. Peaky Blinders

cillian murphy
Sumber: Rolling Stone UK

Sejak awal kemunculannya di serial Peaky Blinders, Cillian Murphy langsung mencuri perhatian dengan kemampuan aktingnya. Sebagai Tommy Shelby, Cillian mampu memerankan sosok gangster dengan baik dan nyaris tanpa cela. Aksi Cillian sebagai Tommy Shelby ketika berbicara, ketika bertarung, atau bahkan ketika merokok dan ketika minum segelas alkohol menjadi ciri khas yang seperti tidak bisa lepas dari Cillian. Hal ini pula yang membuat Cillian sebagai Tommy Shelby benar-benar dicintai oleh penggemar Peaky Blinders.

5. Oppenheimer

cillian murphy
Sumber: IMDb

Cillian Murphy sendiri tampil dalam poster pertama film Oppenheimer dan berperan sebagai tokoh utama fisikawan tersebut. Menariknya, bagi Cillian, film Oppenheimer akan jadi film pertamanya sebagai tokoh utama di bawah arahan sutradara Christopher Nolan. Film ini berkisah soal perjalanan hidup fisikawan ini menjadi tulang punggung penciptaan senjata pemusnah masal pertama di dunia, Bom Atom.

Baca juga:  Mau Nonton Film Mission Impossible 7? Simak Urutan Filmnya!

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Cillian Murphy. Bersiaplah untuk menonton film biografi Oppenheimer yang dibintangi oleh Cillian Murphy. Sedianya, film ini akan dirilis tanggal 19 Juli 2023. Film durasi 3 jam ini tentunya akan menarik bagi penggemar Cillian Murphy.

Mia Atika

Add comment

Share