Ciri-Ciri Anak Cacingan yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu penyakit yang sering mengintai anak-anak adalah cacingan. Penyakit menular ini sering terjadi pada anak-anak berusia 5-10 tahun. Meski dapat diatasi dengan pemberian obat cacing, namun jika tidak dilakukan tindakan pencegahan ada kemungkinan infeksi ini berulang kembali. Ciri-ciri anak cacingan sering kali terlihat saat dia merasakan gatal di sekitar anus, tapi ternyata ciri anak cacingan tidak hanya itu, lho.

Jika dibiarkan terlalu lama, adanya cacing dalam tubuh bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Alasannya, cacing yang ada di dalam tubuh akan menyerap sari-sari makanan anak yang ada dalam sel-sel darah dan usus. Meskipun terkadang ciri-ciri anak cacingan tidak menunjukkan tanda yang serius, bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Kamu perlu mengetahui tanda atau ciri-ciri cacingan pada anak, berikut penjelasan lengkapnya.

ciri-ciri anak cacingan
Sumber: iStockPhoto

Ciri-Ciri Anak Cacingan yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu perlu mengetahui tanda anak cacingan yang disebabkan oleh beberapa jenis cacing, diantaranya sebagai berikut.

1. Cacing Kremi (Enterobius vermicularis)

Penyakit cacingan yang satu ini merupakan jenis infeksi usus pada anak yang disebabkan oleh cacing parasit kecil sehingga tidak memiliki ciri yang terlihat secara kasat mata. Proses penularan cacing ini biasanya ketika anak selesai bermain kotor-kotoran di luar rumah dan tidak langsung mencuci tangan saat hendak makan sesuatu. Akibatnya, telur cacing yang menempel pada jari tangannya ikut masuk ke dalam mulut dan saluran pencernaan. Berikut ciri-cirinya:

  1. Gatal yang terus menerus di anus.
  2. Sulit tidur dan merasa tidak nyaman
  3. Muncul rasa nyeri di sekitar anus, bisa menyebabkan iritasi jika tidak ditangani secara cepat
  4. Biasanya pada tinja terdapat cacing kremi yang ukurannya sangat kecil, seperti potongan benang kecil berwarna putih.
Baca juga:  Seluk Beluk Cacar Air pada Anak: dari Gejala hingga Pengobatan

2. Cacing Pita (Taenia sp.)

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa cacing pita hanya menular melalui konsumsi daging yang kurang matang saja. Padahal, cacing pita juga bisa masuk ke dalam tubuh anak melalui air minum yang telah terkontaminasi oleh telur cacing pita, lho. Berikut ini beberapa ciri anak cacingan akibat cacing pita yang mungkin saja terjadi, diantaranya:

  1. Mual
  2. Sakit perut
  3. Tampak lemas dan lesu
  4. Nafsu makan menurun

3. Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides)

ciri-ciri anak cacingan
Sumber: iStockPhoto

Cacing gelang dapat hidup dan berkembang biak di dalam usus dan menimbulkan gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan tepat. Anak cacingan karena telur cacing gelang memiliki ciri tertentu yang muncul saat dia mengonsumsi makanan yang tumbuh di tanah ataupun menyentuh mulut dengan tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu. Telur yang masuk ke dalam tubuh anak akan menetas di usus dan menjadi larva.

Jika tidak ditangani dengan tepat, larva akan masuk ke paru-paru melalui aliran darah atau aliran getah bening. Berikut ini beberapa ciri-ciri anak cacingan bila infeksi cacing gelang tidak ditangani dengan tepat:

  1. Nyeri di bagian perut
  2. Mual dan muntah
  3. Badan lesu
  4. Terdapat cacing pada tinja
  5. Berat badan berisiko turun 
  6. Terkadang muncul demam dan batuk

4. Cacing Tambang (Ancylostoma duodenale)

Infeksi cacing tambang terjadi saat larva cacing masuk ke dalam tubuh anak setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Infeksi ini juga dapat terjadi jika cacing tambang masuk ke dalam tubuh melalui kulit saat bersentuhan langsung dengan tanah yang terkontaminasi oleh cacing tambang. Jika telur cacing tambang masuk ke tubuh dan berkembang dalam saluran pencernaan, maka kemungkinan akan muncul gejala sebagai berikut:

  1. Sakit perut dan diare
  2. Nafsu makan menurun
  3. Mual dan muntah
  4. Berat badan turun
  5. Demam
  6. BAB berdarah
  7. Anemia
Baca juga:  8+ Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Anak dan 5 Olahannya

Cara Mengatasi Anak Cacingan

ciri-ciri anak cacingan
Sumber: iStockPhoto

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi atau mengobati anak cacingan, antara lain sebagai berikut.

  1. Cuci tangan dengan sabun
  2. Memotong kuku jika dirasa panjang
  3. Kenakan pakaian bersih
  4. Pakai alas kaki ketika keluar rumah
  5. Jaga kebersihan lingkungan
  6. Penuhi asupan nutrien dengan konsumsi makanan sehat dan matang

Nah, itulah ciri-ciri anak cacingan berdasarkan jenis cacing yang ada. Jika si kecil memunculkan salah satu gejala atau tanda yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar anak segera mendapatkan tindakan yang tepat. Bila anak sudah sembuh dari cacingan, cegah penyakit datang lagi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan bersih.