cara memijat payudara
Sumber: i stock

Ini 7 Ciri-Ciri ASI akan Keluar saat Hamil, Normalkah?

Pada kehamilan, khususnya di trimester ketiga, tubuh ibu akan mempersiapkan diri untuk kelahiran bayinya. Salah satunya adalah persiapan payudara untuk mengeluarkan ASI. Ibu hamil mulai memproduksi ASI berminggu-minggu sebelum melahirkan. Kamu akan mengalami ciri-ciri ASI akan keluar saat hamil, antara lain payudara yang terasa lebih besar dan berat, terkadang terasa sakit.

Ibu hamil mungkin menghasilkan ASI lebih awal tanpa mereka sadari. Produksi ASI biasanya dimulai sekitar trimester kedua hingga ketiga, yaitu antara minggu ke-16 hingga 22. Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa dari ciri-ciri ini saat hamil, kamu bisa menjaga produksi ASI hingga saat kelahiran nanti. Simak penjelasan di bawah ini mengenai 7 ciri-ciri ASI akan keluar saat hamil.

ciri-ciri asi keluar saat hamil
Sumber: iStockPhoto

7 Ciri-Ciri ASI akan Keluar saat Hamil

Ciri-ciri yang disebutkan di bawah ini berbeda di setiap ibu hamil, jadi amati perubahan tubuhmu secara seksama, ya!

1. Payudara Bengkak

Ciri yang pertama saat ASI akan keluar adalah payudara yang membengkak. Hal ini disebabkan oleh kelenjar susu/mamae yang mulai memproduksi ASI, sehingga akan terlihat membengkak atau membesar. Untuk mengantisipasinya, kamu dapat mengompres payudara dengan air hangat untuk meredakan bengkak payudara.

Baca juga:  Penuh Risiko, Begini Cara Perawatan Bayi Prematur

2. Nyeri di Payudara

Ketika payudara bengkak, tentunya kamu akan merasakan nyeri yang cukup mengganggu aktivitasmu. Pembengkakakn ini disebabkan oleh otot pada payudara mulai mengencang dan kelenjar susu yang mulai memproduksi ASI. Untuk meredakan nyeri tersebut, kamu dapat meminum obat parasetamol ataupun asam mefenamat.

3. Pembesaran Payudara

ciri-ciri asi keluar saat hamil
Sumber: iStockPhoto

Ukuran payudara yang membesar ini dikarenakan payudara membengkak. Jika kamu merasakan bagian dadamu lebih besar dari biasanya saat hamil, maka bisa dipastikan waktu kelahiranmu akan semakin dekat. Gunakan bra dengan ukuran yang lebih besar agar payudaramu tidak sesak. Jika ukuran bra tidak sesuai dengan ukuran payudara, maka akan memicu penyumbatan payudara atau mastitis.

4. Areola Membesar dan Menghitam

Jika kamu perhatikan, bagian sekitar puting akan terlihat menghitam saat kehamilan trimester akhir. Mengapa demikian? Peningkatan jumlah darah pada ibu hamil akan memicu kerja pembuluh darah, sehingga membuat areola atau area sekitar puting terlihat menghitam.

5. Munculnya Benjolan Kecil di Sekitar Payudara

Saat kamu menemukan adanya benjolan kecil di sekitar payudara di trimester akhir kehamilan, kamu tak perlu khawatir. Hal ini adalah salah satu ciri dari ASI yang akan keluar di masa kehamilanmu. Kondisi yang dikenal dengan istilah tuberkel Montgomery ini berfungsi mengeluarkan kelenjar minyak (sebasea) yang membantu melumasi aerola dan puting susu selama kehamilan dan menyusui. Karena itu, kelenjar ini akan membesar dan mempersiapkan ibu hamil menghadapi masa menyusui.

Baca juga:  Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

6. Keluarnya Kolostrum dari Payudara

ciri-ciri asi keluar saat hamil
Sumber: iStockPhoto

Ciri yang khas dari munculnya ASI saat hamil adalah keluarnya kolostrum dari payudara. Perlu dikeathui, kolostrum adalah cairan berwarna kekuningan dengan tekstur agak kental. Sejak trimester pertama tubuhmu sudah mulai memproduksi kolostrum, namun kolostrum tidak akan keluar sebelum masa akhir kehamilan. Kolostrum yang keluar pun tidak dalam jumlah banyak, biasanya hanya sedikit saja dan meninggalkan bekas pada area puting.

7. Kontraksi Otot Payudara (Let Down Reflex)

Tanda terakhir dari munculnya ASI saat hamil adalah menegangnya otot payudara atau yang biasa dikenal dengan let down reflex. Kontraksi dari otot payudara ini akan menstimulasi keluarnya ASI dalam jumlah sedikit, sehingga ini menjadi tanda bahwa dirimu sudah siap untuk menjalani masa menyusui. Untuk mengatasi keluarnya ASI saat hamil, kamu bisa menyelipkan breast pad agar tidak merembes keluar pakaianmu.

Itulah 7 ciri air susu akan keluar dari payudara saat hamil. Mungkin akan ada banyak pertanyaan dalam perjalanan menyusui bagi para calon ibu, namun persiapan adalah kunci! Dengan persiapan yang matang, para ibu dapat menikmati perjalanan menyusui yang lancar dan intim bersama bayi. Selamat mempersiapkan masa menyusuui yang menyenangkan dengan bayi!

Mia Atika

Add comment

Share