ciri ciri hamil 1 bulan
Sumber: Freepik

Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

Terlambat haid, apakah hal itu menjadi ciri ciri hamil 1 bulan? Ciri ciri hamil muda ternyata ada banyak, tidak melulu soal terlambat haid atau menstruasi. Dan sayangnya, banyak wanita yang kurang menyadari adanya ciri ciri hamil muda yang sudah mulai bisa diketahui. Padahal, mengetahui tanda-tanda hamil muda sejak dini merupakan hal yang cukup penting, agar kamu dapat mempersiapkan kehamilan seawal mungkin. 

Daripada semakin penasaran, langsung saja yuk simak ulasan menarik di bawah ini!

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Wajib Diketahui

ciri ciri hamil 1 bulan
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri hamil 1 bulan yang bisa diketahui dengan mudah. Cek satu per satu, yuk!

1. Terlambat Haid dan Payudara Terasa Nyeri/Membengkak

Terlambat haid adalah ciri ciri hamil 1 bulan yang cukup umum untuk menjadi sebuah acuan. Meski begitu, tanda-tanda hamil muda bukan menjadi satu-satunya penyebab dari haid yang terlambat, karena keterlambatan haid juga bisa disebabkan oleh stres atau sedang menjalani program diet.

Kemudian, ciri ciri hamil 1 bulan terlambat haid biasanya juga disertai dengan kondisi payudara yang terasa nyeri dan membengkak. Tanda-tanda hamil muda ini adalah langkah awal bahwa payudara sedang terisi sebagai persiapan untuk menyusui bayi setelah melahirkan nanti.

2. Timbul Bercak dan Perut Kram

Saat kamu menemukan adanya bercak darah di celana dalam, jangan langsung menyimpulkan sedang haid, karena bisa jadi itu adalah ciri ciri hamil 1 bulan yang ditunjukkan melalui blastocyst. Blastocyst merupakan sel-sel yang berisi cairan bakal organ tubuh bayi yang diciptakan oleh sel telur yang dibuahi. Selain timbul bercak darah, kamu mungkin juga akan merasakan kram perut seperti saat sedang haid sebagai bagian dari tanda-tanda hamil muda lainnya.

Baca juga:  7 Tips Sukses Usaha Clothing Line bagi Pemula

3. Mual dan Muntah

Kalau kamu merasa mual hingga muntah, keduanya merupakan ciri ciri hamil muda, lho. Morning sickness atau rasa mual yang kamu rasakan sebagai ciri ciri hamil 1 bulan ini disebabkan oleh human chorionic gonadotropin (hCG) atau hormon kehamilan yang mengalami peningkatan. 

4. Pusing dan Berkunang-kunang

Adanya embrio yang terbentuk di dalam rahim ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak darah agar embrio tersebut bisa tumbuh dan berkembang menjadi janin. Sehingga hal ini akan meningkatkan detak jantung untuk memompa darah dan menyebabkan menurunnya tekanan darah. Itulah mengapa ciri ciri hamil muda berikutnya adalah akan merasa pusing berlebih, berkunang-kunang, hingga seperti ingin pingsan.

5. Indra Penciuman Lebih Sensitif

Seorang wanita yang sedang hamil biasanya juga akan memiliki indra penciuman yang sensitif. Saat mencium bau tertentu, terlebih yang menyengat, maka kamu mungkin akan menjadi sensitif dan kemudian merasa rasa mual. Kondisi ini juga bisa diklasifikasikan sebagai ciri ciri hamil muda. 

6. Areola Menghitam

Pada saat hamil, kamu akan mengalami perubahan hormon yang dapat mengakibatkan areola (daerah puting susu) menjadi menghitam lebih lebar. Tanda-tanda hamil muda yang satu ini adalah sebagai bentuk respons tubuh dalam mempersiapkan produksi ASI untuk menyusui nantinya.

7. Mengalami Sembelit dan Sering Buang Air Kecil 

Saat sedang hamil, kamu juga mungkin akan mengalami sembelit karena adanya tekanan pada rahim dan perubahan pada usus. Tekanan pada rahim tersebut juga bisa menyebabkan kamu menjadi sering merasa ingin buang air kecil. 

8. Mudah Merasa Lelah

Menjalani aktivitas yang berat dan padat akan membuat fisik merasa lelah. Namun bisa jadi rasa lelah tersebut juga sebagai tanda-tanda hamil muda yang menunjukkan bahwa kamu sedang hamil di minggu pertama. 

9. Mulut Terasa Logam

Meskipun beberapa ibu hamil memperlihatkan ciri ciri hamil 1 bulan tanpa mual, tapi mereka mengeluhkan mulutnya yang seperti terasa logam. Namun sayangnya, hingga kini belum ada penjelasan ilmiah untuk menjelaskan tanda-tanda hamil muda yang satu ini. Rasa logam di mulut ini terkadang dapat menimbulkan rasa ingin muntah, jadi untuk menyiasatinya kamu bisa mengonsumsi makanan manis atau air es. Tidak perlu khawatir, karena gejala ini biasanya akan berkurang pada saat usia kehamilan bertambah.

Baca juga:  Penyebab Amandel dengan Radang Tenggorokan, Samakah?

10. Mengalami Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati memang sering kali dialami oleh wanita yang sedang PMS. Namun kondisi ini ternyata juga bisa dirasakan sebagai tanda-tanda hamil muda oleh wanita hamil karena adanya perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi psikologis. Wanita yang sedang hamil bisa menjadi sangat sensitif, tiba-tiba sedih, atau tiba-tiba merasa senang. Apakah saat ini kamu sedang mengalaminya?

Sebenarnya masih ada banyak sekali ciri ciri hamil 1 bulan. Jika kamu merasakan beberapa ciri yang telah disebutkan di atas, lebih baik segera cek ke dokter supaya mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih pasti!

Bagaimana Kondisi Janin di Usia Kehamilan 1 Bulan?

ciri ciri hamil 1 bulan
Sumber: Freepik

Setelah memastikan bahwa kamu benar-benar hamil, biasanya akan muncul rasa penasaran, seperti apa kehidupan yang ada di dalam rahim saat ini? Kondisi janin saat kamu hamil 1 bulan masih berbentuk embrio, yang biasanya ukurannya baru sebesar benih bunga.

Embrio dilindungi oleh kantung ketuban yang berisi cairan, dan juga melekat pada kantung kuning telur kecil yang menyediakan semua makanan yang dibutuhkannya. Sementara itu, lapisan terluar nantinya akan berkembang menjadi plasenta dan memberi janin oksigen dan nutrisi.

Pada 4 minggu pertama, telur yang menempel pada saluran uterus akan mulai berkembang, membentuk mata dan juga wajah pada embrio, walaupun belum menyerupai tubuh bayi. Plasenta yang berfungsi membawa nutrisi untuk janin dan kantung ketuban yang membantu melindungi janin akan mulai terbentuk.

Kemudian pada minggu ke-5 hingga ke-7, keajaiban pertama akan terjadi di mana tali pusar yang menghubungkan antara darah ibu hamil dan bayinya mulai terbentuk. Organ tubuh bayi dalam kandungan yang juga mulai berkembang adalah sistem peredaran darah, jantung, saraf tulang belakang, organ dalam, dan otak.

Hamil Muda, Selalu Jaga Kesehatan!

Setelah mengetahui tentang ciri ciri hamil 1 bulan, selanjutnya penting bagi kamu untuk menjaga pola makan dengan makanan-makanan sehat. Sebab, makanan sehat ini sangat diperlukan agar kamu dan janin yang ada di dalam kandungan bisa tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. 

Selain itu, pola makan yang baik juga akan membantu kamu dalam mendapatkan berat badan ideal saat mengandung. Dan jangan lupa pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh! 

Rishna Maulina

Share