ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah
Ilustrasi penyakit jantung (Sumber: iStockPhoto)

6+ Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sudah Parah, Waspada!

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia, karena berkaitan dengan organ vital. Perlu diketahui, jantung adalah organ yang berperan penting dalam kelangsungan hidup. Fungsinya adalah memompa darah ke seluruh tubuh, serta mengedarkan oksigen dan nutrien dari makanan yang kamu asup. Jika kamu mengalami beberapa dari ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah, maka kamu perlu mewaspadainya.

Penyebab dari penyakit ini antara lain gaya hidup yang sangat buruk, seperti meminum alkohol, konsumsi kafein, dan merokok. Selain itu, kondisi tubuh juga mempengaruhi ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah. Seperti masalah pada pembuluh darah, detak jantung tak teratur, cacat jantung bawaan, penyakit otot jantung, stress, dan penyakit katup jantung. Yuk, perhatikan ciri-ciri berikut agar kamu bisa semakin memperhatikan kondisi kesehatan jantungmu!

ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah
Sumber: iStockPhoto

6+ Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sudah Parah

Untuk mengetahui penyakit jantung yang sudah parah, ada baiknya kamu cermati 7 ciri-ciri ini, ya!

1. Sulit Bernafas

Jantung yang melemah tak lagi mampu memompa oksigen dengan baik. Tak heran hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini kian menyiksa jika penderitanya melakukan aktivitas fisik berat atau merasa cemas. Jika kamu mengalami kesulitan bernafas, sebaiknya berhenti terlebih dahulu dari aktivitas berat atau tenangkan diri dulu, ya.

Baca juga:  Simak 7 Manfaat Penting Sarapan Pagi bagi Kesehatan Ini!

2. Masalah Pencernaan

Meski terlihat sepele, nyatanya masalah pencernaan juga jadi pertanda bahwa jantung sedang tidak baik-baik saja. Sebab, arteri utama jantung (aorta) dan vena jantung (vena cava inferior) terdapat di bagian perut. Jadi, kondisinya bisa terasa seperti terbakar dan menjalar hingga ke dada. Sehingga menyebabkan perutmu terasa sakit.

3. Gampang Lelah

ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah
Sumber: Freepik

Pada banyak kasus penyakit jantung, kelelahan adalah salah satu ciri-ciri paling umum yang dialami pengidapnya. Hal ini menyebabkan pengidapnya bangun tidur dengan perasaan lelah dan kurang istirahat karena tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kondisi seperti ini.

4. Berat Badan Menurun

Berat badan turun tanpa alasan yang jelas menunjukkan adanya kondisi medis kronis, termasuk penyakit jantung. Gejala yang memburuk pada penyakit jantung membuat nafsu makan turun. Dan tanpa kamu sadari, membuat berat badan akan menurun secara drastis.

5. Detak Jantung Meningkat

Detak jantung yang meningkat dan tidak beraturan ini disebut dengan aritmia. Hal ini terjadi karena ada ganguan pada irama jantung, sehingga menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah dengan baik. Sinyal listrik yang mengoordinasikan detak jantung tidak berfungsi dengan benar. Kondisi ini sebenarnya normal bila terjadi sesekali. Namun, jika terlalu sering atau diakibatkan oleh jantung yang lemah, aritmia dapat menyebabkan gejala dan komplikasi serius.

Baca juga:  Haid Tidak Lancar? Konsumsi Makanan Ini untuk Pelancar Haid!

6. Nyeri Dada

Pada nyeri dada yang khas penyakit jantung, biasanya nyeri dada di kiri seperti ditekan atau ditindih batu yang berat kayak diremas. Hal ini berlangsung biasanya lebih dari 20 menit terus menerus, lalu disertai dengan keringat dingin, mual, sesak, bahkan pingsan. Nyerinya juga akan tembus ke punggung menjalar ke lengan kiri, atau ulu hati juga bisa. Selain itu, kondisi ini juga biasanya berespons dengan obat pembuluh darah seperti nitrat atau vasodilator.

7. Penumpukan Cairan

Ciri-ciri terakhir adalah penumpukan atau resistensi cairan tubuh, sehingga menyebabkan bengkak di beberapa bagian tubuh seperti kaki dan tangan. Fungsi jantung yang tidak bekerja dengan baik akan menumpuk cairan di beberapa organ tubuh, terutama kaki. Pergelangan kaki yang bengkak bisa jadi menandakan gagal jantung.

Diagnosis Penyakit Jantung yang Sudah Parah

ciri-ciri penyakit jantung yang sudah parah
Sumber: iStockPhoto

Dalam menentukan diagnosis dan jenis penyakit jantung yang dialami penderita, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti:

  1. Elektrokardiografi (EKG)
  2. Rontgen dada
  3. Ekokardiografi
  4. Angiografi
  5. Pemeriksaan enzim jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, kamu disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, membatasi asupan lemak dan garam, berhenti merokok, berolahraga secara rutin, serta mengelola stres dengan baik.

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri dari penyakit jantung yang sudah parah, tentunya kamu bisa lebih waspada dengan kondisi tubuh, ya. Kamu bisa mencegahnya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti konsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, dan minum suplemen vitamin. Periksakan diri ke dokter jika muncul ciri-ciri seperti yang sudah disebutkan di atas.

Mia Atika

Add comment

Share