contoh cerita fabel
Sumber: Freepik

10+ Contoh Cerita Fabel yang Penuh dengan Pesan Moral

Sebagai orang tua, membacakan buku cerita untuk sang buah hati ternyata tidak boleh dilewatkan, lho. Misalnya contoh cerita fabel pendek atau panjang ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang dapat bermanfaat bagi masa depan anak kelak.

Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa dengan mengenalkan contoh cerita fabel yang memiliki banyak peran dengan berbagai karakter, maka anak bisa memahami nilai karakter atau watak manusia dengan lebih baik. Bahkan, cerita fabel juga berguna untuk mengajarkan pelajaran hidup yang relevan dan untuk membimbing anak tentang bagaimana menjalani kehidupan yang bermoral di masa depannya. 

Apalagi jika yang anak dikenalkan cerita fabel bergambar, maka hal tersebut bisa sekaligus menjadi stimulasi untuk kerja otak dan imajinasi anak untuk lebih berkembang dengan baik. Tak perlu bingung, karena di bawah ini akan dibagikan beberapa contoh cerita fabel yang bisa jadi rekomendasi terbaik. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa Sih Manfaat Membacakan Buku Cerita pada Anak?

contoh cerita fabel
Sumber: Freepik

Menarik sekali ya beberapa contoh cerita fabel di atas. Jadi mulai sekarang, kamu bisa menceritakan pada anak dan sampaikan pesan tersembunyi yang ada di dalam cerita fabel tersebut. Kebiasaan membacakan buku cerita kepada anak ini dapat menjadi sebuah upaya untuk mengajarkan anak tentang nilai-nilai kehidupan dan sifat yang harus ia miliki.

Sebagai orang tua, tentunya kamu mengharapkan anak dapat tumbuh cerdas, bukan? Untuk itu, kamu perlu memilih cara yang tepat untuk kemampuan membaca anak. Salah satu solusinya ya dengan membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur. Faktanya, ada banyak banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membacakan buku cerita pada anak.

Penelitian mengungkap, bahwa balita akan mempelajari kata baru ke memori otak mereka setiap dua jam. Tingkat perolehannya akan semakin cepat, sehingga pada saat anak-anak berusia enam tahun, mereka akan tahu sekitar tiga belas ribu kata. Cerita pengantar tidur, atau segala bentuk kegiatan membaca cerita bersama, sudah lama dinobatkan sebagai alat akuisisi kosa kata.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa anak-anak yang mulai bersekolah dengan kosakata yang lebih kaya memiliki keunggulan tersendiri, sebab kosakata yang kaya adalah akan meningkatkan pemahaman membacanya.

Baca juga:  Perkembangan Bayi 2 Bulan: Apa Saja Jenis Kemampuan yang Dimiliki?

Contoh Cerita Fabel Penuh Pesan Moral

contoh cerita fabel
Sumber: Freepik

Di bawah ini ada beberapa contoh cerita fabel yang bagus untuk dibacakan pada anak, mari simak satu per satu judul dan ulasan singkatnya:

1. Kura-kura dan Kelinci

Contoh cerita fabel yang satu ini berkisah tentang seekor kelinci sombong karena merasa hanya dirinya yang tercepat di hutan. Kelinci menantang kura-kura untuk lomba lari dengannya. Siapa sangka kura-kura pantang menyerah dan terus berjalan meskipun lambat hingga garis akhir dan memenangkan perlombaan. Dari cerita fabel ini dapat diambil pesan bahwa anak tidak boleh sombong serta harus memiliki sifat gigih dan pantang menyerah untuk mencapai mimpi. 

2. Si Kancil Mencuri Timun

Kamu pasti sudah tidak asing dengan judul yang satu ini, karena memang sangat populer di Indonesia. Menceritakan kisah seekor kancil yang licik, cerdik, dan suka mencuri timun dari kebun sayur Pak Tani. Pesan moral yang dapat diambil dari salah satu contoh cerita fabel ini yaitu jangan pantang menyerah saat menghadapi sebuah masalah.

3. Anjing dan Bayangannya

Cerita fabel ini menceritakan tentang seekor anjing yang tamak dan serakah. Suatu hari ia berjalan sambil menggigit sepotong daging segar, lalu melihat seekor anjing lain yang juga sedang menggigit sepotong daging, padahal itu adalah bayangannya sendiri. Si anjing menginginkan daging itu juga dan berusaha untuk merebutnya, hingga ia malah tidak bisa menikmatinya. Pesan moral dari cerita ini adalah jangan menjadi seorang yang serakah dan ingin merebut hak orang lain.

4. Burung Gagak yang Cerdik

Seekor burung gagak merasa sangat kehausan, dan saat ia terbang ia melihat sebuah teko yang berisi sedikit air di sebuah kebun. Gagak pun segera turun untuk meminum air di dalam teko tersebut, padahal ternyata paruhnya tidak bisa menjangkau air di dalamnya. Ia pun berusaha untuk mencari cara agar bisa meminumnya. Dari kisah tersebut, bisa diambil pesan bahwa anak harus berpikir kreatif saat menghadapi kesulitan dan berusaha keras untuk bisa mencapai sesuatu.

5. Burung Jalak dan Kerbau

Seekor kerbau senang berkubang di dalam lumpur dan ditemani seekor burung jalak, tanpa menyadari keberadaan burung tersebut. Keberadaan jalak menguntungkan bagi kerbau, karena ia selalu memakan kutu dan cacing yang ada di punggung kerbau, namun kerbau tidak menghiraukannya dan belum pernah sekalipun mengucapkan terima kasih. Cerita fabel tersebut memberikan pesan bahwa seringkali hidup kita dibantu dan didukung oleh orang lain hingga meraih keberhasilan. Jadi, jangan pernah mengabaikan orang yang telah membantu kita sehingga bisa menyebabkan rasa penyesalan saat orang tersebut pergi.

Baca juga:  Lidah Bayi Putih: Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya

6. Kisah Semut dan Belalang

Koloni semut selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi musim dingin, dan mereka bergotong royong untuk mengumpulkan makanan ke dalam sarang supaya tidak kelaparan saat musim dingin tiba. Lain halnya dengan kelompok belalang yang hanya berpesta dan bermain saja, sehingga belalang pun mengalami kesulitan dan kelaparan selama musim dingin. Cerita ini memberikan pesan moral bahwa kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi masa sulit, sehingga tidak akan merasa kesulitan saat hari itu tiba. 

7. Rusa dan Pemburu

Seekor rusa sedang berkaca di air sungai, dan ia sangat bangga karena merasa memiliki tanduk yang sangat megah dan gagah. Namun ia merasa kecewa karena kakinya yang ramping dan kecil, tidak seperti tanduknya. Ternyata saat itu ia sedang diincar oleh seorang pemburu yang tidak disadari. Saat si pemburu melepaskan tembakan, rusa pun segera berlari dengan gesit untuk menjauh. 

8. Tiga Babi Kecil

Tiga ekor babi kecil tidak mendengarkan ibunya dan membangun rumah yang tidak kokoh, hingga ada serigala jahat besar yang mengancam. Kisah ini mengajarkan anak untuk melakukan pekerjaan dengan baik sampai dengan selesai.

9. Gagak dan Kendi

Sebuah kisah yang sangat direkomendasikan untuk diceritakan adalah tentang gagak yang kehausan. Si gagak berusaha keras dan tidak menyerah, hingga gagak menggunakan kecerdikan dan akal untuk memecahkan masalahnya. Pesan moral yang dapat diambil adalah jangan menyerah saat mendapatkan kesulitan. Gunakan apa yang dimiliki dan yang ada di sekitar untuk menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan dan impian.

10. Rubah dan Anggur

Kisah rubah lapar dan anggur yang tidak bisa dijangkau juga menjadi salah satu contoh cerita fabel yang direkomendasikan. Cerita ini mengandung pesan moral, bahwa kita harus mencoba sampai berhasil dan jangan mudah menyerah. Terima saja kekalahan dengan bijak dan belajar dari kegagalan, daripada menyalahkan keadaan ataupun orang lain.

11. Anjing Pemburu dan Kelinci

Kisah seekor anjing pemburu mengejar kelinci, hingga akhirnya anjing merasa kelelahan dan menyerah mengejar. Saat itu, anjing diejek oleh kawanan kambing, dan anjing menjelaskan bahwa kelinci itu berlari lebih cepat karena ia berjuang untuk hidupnya. Pesan moral yang dapat dipetik adalah motivasi bisa menjadi faktor kunci dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Mulai sekarang, yuk bacakan buku cerita pada anak untuk mendapatkan berbagai manfaatnya! Dengan membaca buku cerita, kamu dapat mengasah daya imajinasi anak sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang kreatif. Bacakan contoh cerita fabel dengan menggunakan intonasi yang tidak monoton dan gerakan tangan, supaya anak dapat membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut di dalam pikirannya.

Rishna Maulina

Share