contoh gerakan janin usia 5 bulan
Sumber: Freepik

Intip Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan dan Perkembangannya

Tahukah kamu, di usia 5 bulan janin akan memiliki perkembangan yang signifikan dibandingkan dengan usia 4 bulan, lho. Perkembangan janin dalam tahap ini sudah mampu mengenali lingkungan yang ada di sekitarnya, ditunjang dengan organ janin yang semakin berkembang dengan sempurna. Bahkan, janin sudah bisa merasakan berbagai macam rangsangan yang ada di sekitarnya, termasuk juga bisa merasakan berbagai macam sensasi yang ada di sekitarnya. Kamu pasti penasaran, bagaimana contoh gerakan janin usia 5 bulan dan perkembangannya, bukan?

Di usia 5 bulan, janin sudah memiliki alis mata dan juga rambut halus yang ada di sekitar tubuhnya. Lanugo yang tumbuh pada saat usia janin berusia 4 bulan akan tumbuh lagi di usia janin 5 bulan, dan rambut di kepala perlahan-lahan juga mulai tumbuh. Janin pun akan memiliki gerakan yang lebih keras dibandingkan usia sebelumnya, memiliki pola tidur yang teratur, di mana saat pagi hari sampai dengan sore hari janin akan tidur di dalam rahim. 

Secara umum, bentuk janin memang sudah mulai mengarah sempurna dan memiliki bentuk yang jelas di usia 5 bulan. Meskipun ukurannya masih kecil, akan tetapi perkembangannya mulai sempurna sehingga gerakan janin 5 bulan memang sering kali sangat terasa bagi ibu hamil. Contoh gerakan janin usia 5 bulan tidak hanya berupa tendangan, tapi kadang janin akan berputar, bergeser, sekadar bergoyang, bahkan seperti meninju dengan kepalan tangannya yang mungil. Dan saat bayi cegukan ibu hamil bisa merasakan semuanya, termasuk juga bisa merasakan bahwa janin tengah tumbuh dengan penuh energi.

6 Contoh Gerakan Janin Usia 5 Bulan

contoh gerakan janin usia 5 bulan
Sumber: Freepik

Supaya bisa lebih memahami beberapa contoh gerakan janin usia 5 bulan yang dirasa semakin aktif di usia ini, kamu bisa pahami ulasan di bawah ini:

Baca juga:  Apa Arti BPD dalam USG? Ibu Hamil Perlu Tahu Ini!

1. Tendangan dan Pukulan Kecil

Di usia 5 bulan, ibu hamil akan semakin merasakan tendangan dari janin di dalam perut. Bahkan uniknya, ibu hamil bisa merasakan ketika janin sedang cegukan. Tendangan dan gerakan yang semakin aktif ini dikarenakan otot-otot kecilnya berkembang semakin kuat, bersamaan dengan keterampilan sistem motoriknya yang juga sedang berkembang.

2. Berdenyut

Di usia janin 5 bulan, perkembangan janin seperti sudah siap lahir tapi ukurannya masih sangat kecil. Sehingga dalam perkembangan gerakannya, ibu hamil bisa merasakan gerak bayi yang serupa dengan denyut. Bahkan di masa ini bayi sudah bisa berkedip, lho!

3. Menggerakkan Lengan, Jari Tangan dan Jari Kaki

Contoh gerakan janin usia 5 bulan lainnya adalah menggerakkan lengan, jari tangan, bahkan jari kakinya. Jadi sangat wajar kalau ibu hamil merasakan gerakan janin di dalam perut semakin aktif. Sejalan dengan hal itu, pembuluh darah dan paru-paru janin juga akan terus berkembang untuk mempersiapkan janin bernapas.

4. Menghisap Jari

Di usia 5 bulan pula, janin akan terus berkembang bergerak dan mulai bisa menghisap ibu jarinya dengan indra pengecapnya yang mulai berfungsi. Selain itu, janin usia 5 bulan juga bisa merasakan sentuhan karena otak dan sarafnya sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Bahkan, indra pendengarannya mulai bekerja sehingga bayi akan mulai mengenali suara ibunya dan sudah bisa dikenalkan musik untuk perkembangan kecerdasannya.

5. Gerakan Janin di Perut Bawah

Jangan panik saat dirasa posisi janin 5 bulan berada di bawah perut. Gerakan janin semakin aktif sehingga ketika terasa di bawah pusar, bisa saja normal karena posisi tangan dan kaki bayi ada di bawah sehingga ibu hamil merasakannya di sana. Contoh gerakan janin usia 5 bulan yang semakin aktif ini juga akan terus berubah hingga mendekati persalinan nanti.

6. Menyeimbangkan Diri

Memasuki minggu terakhir di usia 5 bulan, keseimbangan bayi sudah lebih baik dan gerakannya sudah mulai memiliki gerakan yang stabil. Dengan keseimbangan yang baik ini, maka bayi di dalam kandungan bisa mengerti apakah ia sedang dalam posisi terbalik atau tegak.

Baca juga:  Leukosit Tinggi pada Anak: Penyebab hingga Dampak Buruknya

Nah, itulah beberapa contoh gerakan janin usia 5 bulan yang secara umum sering terjadi menyesuaikan dengan perkembangannya. Apakah kamu sudah pernah merasakan salah satu contoh gerakannya?

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil?

contoh gerakan janin usia 5 bulan
Sumber: Freepik

Pada saat usia 5 bulan, janin akan membutuhkan darah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat usia kandungan 5 bulan:

  • Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan dan juga suplemen zat besi yang bisa digunakan untuk menjaga sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil.
  • Ibu hamil yang tidak tercukupi zat besinya, maka bisa mengakibatkan ibu hamil terkena anemia.
  • Hal berikutnya yang juga tak kalah penting adalah cobalah untuk mengecek kadar HB saat usia kehamilan memasuki usia 5 bulan.

Perkembangan janin 5 bulan, ibu hamil pada umumnya tidak terlalu merasakan gerakan janin saat pagi hari sampai dengan sore hari. Barulah pada saat malam hari, janin akan mulai aktif bergerak. Janin akan bergerak sangat aktif sehingga ibu hamil yang sedang tidur pun akan terganggu dengan aktivitas janin tersebut, namun hal ini sebenarnya menjadi pertanda bahwa kondisi janin sehat dan aktif.

Ternyata, perkembangan janin 5 bulan tersebut kadangkala tidak hanya membuat ibu hamil merasa bahagia, tetapi juga bercampur rasa khawatir dan akhirnya muncul berbagai pertanyaan, apakah tendangan bayi cukup normal atau malah berlebihan?

Perlu dipahami, bahwa gerakan yang dilakukan bayi memiliki keunikan masing-masing dan berbeda antara bayi satu dengan yang lainnya. Contoh gerakan janin usia 5 bulan juga cukup beragam dan muncul pada waktu yang berbeda pula, dan biasanya bayi yang tumbuh sehat akan lebih sering bergerak dalam rahim ibu. Dengan cara ini, ibu hamil juga dapat mengenali apabila gerakan janin 5 bulan ini menurun atau berkurang. Terus pantau perkembangan janin dalam kandungan, dan tidak perlu khawatir berlebihan, ya!

Rishna Maulina

Share