8 Contoh Kalimat Promosi Kreatif untuk Bisnis Anda!

Praktek copywriting yang optimal dapat membawa bisnis Anda ke level yang berbeda. Tidak sedikit contoh kalimat promosi kreatif yang berhasil membawa sebuah brand ke puncak kejayaannya, dan bertahan hingga saat ini.

Sebenarnya kalimat promosi kreatif ini sendiri akan jadi satu spektrum luas yang dapat dikategorikan ke dalam banyak segmen. Misalnya saja menyesuaikan dengan target konsumen, atau menjual manfaat dan nilai dari material produk yang Anda miliki.

Nah untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut beberapa contoh kalimat promosi kreatif yang dapat Anda jadikan acuan dalam membuatnya untuk bisnis Anda.

Baca Juga: 4 Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Bisnis Model Canvas

1. Riset Diksi, Sesuaikan dengan Target Pasar Anda

Pemilihan diksi yang tepat bisa membuat produk terasa lebih dekat dengan target pasar yang Anda miliki. Mulai dari kelas ekonomi, jenis produk, tempat produk dipasarkan, dan banyak faktor lain bisa mempengaruhi hal ini.

Misalnya saja produk yang ditujukan untuk kaum gamer pemilihan kata yang digunakan akan berbeda dengan produk yang secara khusus ditujukan untuk kaum pegiat crypto bukan? Perbedaan diksi ini dapat berpengaruh besar untuk pemasaran dan penjualan produk Anda.

Contoh produk yang secara khusus menyasar kaum gamer seperti Razer. Dalam situsnya, salah satu copy yang digunakan adalah RAZER DEATHSTALKER V2 PRO, Low-Profile Ergonomics, High-Performance Wireless. Kalimat promosi ini digunakan untuk kaum gamer yang memahami produk kelengkapan gaming, yang tidak mencolok, eksklusif, namun berkualitas.

2. Promosikan Keamanan dan Kualitas

contoh kalimat promosi kreatif

Keamanan penggunaan produk atau proteksi data saat ini jadi hal sensitif yang dicari banyak orang. Meski jelas, setiap produk memiliki risiko keamanannya masing-masing, namun mempromosikan keamanan dengan kalimat promosi kreatif bisa jadi opsi menarik.

Baca juga:  Kenali Perbedaan Fixed Cost dan Variable Cost di Sini!

Padukan dengan promo terkait kualitas produk Anda. Berikan kesan bahwa produk yang Anda miliki adalah produk yang aman, berstandar jelas, dan memiliki kualitas yang di atas barang sekelasnya.

Contoh dari poin kedua ini misalnya adalah ‘Produk telah lolos military grade dan siap menjadi partner Anda bekerja di segala kondisi. Kualitas prima dari laptop ASUS jadi yang terbaik di kelas produk office laptop!’.

3. Berikan Kata Ajakan di Dalam Kalimat Promosi Kreatif

Kalimat yang bersifat mengajak juga bisa menjadi keputusan yang menarik. Memasukkan kata ajakan ini akan membantu brand berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan pasar yang dimilikinya. Tentu Anda pernah melihat contoh kalimat promosi kreatif seperti ini bukan?

Kalimat sederhana ‘Segera beli produk dengan … … …’, atau ‘Jangan ketinggalan produk terbaru, beli sekarang juga!’ dan berbagai contoh lainnya. Tentu eksekusinya tidak akan mentah seperti yang disampaikan dalam poin ini, namun Anda telah mendapatkan poinnya bukan?

Kalimat ajakan secara langsung bertujuan membuat pelanggan mengambil keputusan atas apa yang dilihatnya. Brand, secara langsung berkomunikasi dengan pasar, dan melakukan ajakan yang bersifat persuasif agar pelanggan segera membeli produk atau mengikuti program yang dilaksanakan sebagai aktivitas pemasaran.

4. Tonjolkan Manfaat atau Kandungan

contoh kalimat promosi kreatif

Setiap produk yang dijual tentu memiliki kandungan tertentu dan manfaat yang spesifik. Meski mungkin manfaatnya mirip dengan produk serupa, namun tonjolkan apa yang kira-kira menarik untuk pelanggan Anda, dan penekanannya bedakan dengan produk lain.

Misalnya, ‘Pakailah serum pembersih wajah ini selama 10 hari, dan dapatkan wajah bersih dan segar setiap saat!’, atau mungkin ‘Dengan kandungan bahan alami, krim pembersih wajah ini dijamin mudah menyerap dan dalam waktu singkat dapat menutrisi wajah’.

Penggunaan kata-kata dalam istilah asing saat penyebutan kandungannya juga bisa menjadi kombinasi menarik.

Baca juga:  Tips Sukses Ala Jeff Bezos Membesarkan Amazon.com

5. Penekanan pada Keunikan atau Keunggulan dari Produk

Tentu Anda pernah melihat kata-kata Tercepat, atau Termurah, atau Terbaik, pada banyak sekali bidang promosi. Meski nyatanya biasa saja, namun produk yang dijual dalam marketing tersebut ingin menekankan apa yang disebutkan dalam media promosinya.

Setidaknya dengan memberikan kata tersebut, pasar akan tersugesti bahwa produk ini memiliki nilai yang dicantumkan, dan lebih dari produk lainnya. Misalnya saja, ‘Pengiriman TERCEPAT menggunakan layanan kargo kami, dengan tarif TERMURAH dibandingkan layanan lainnya!’.

6. Benefit untuk Pelanggan Anda

contoh kalimat promosi kreatif

Salah satu contoh kalimat promosi kreatif yang masih sering digunakan adalah kalimat dengan penawaran benefit untuk pelanggan. Potongan harga, cashback, bonus, dan sejenisnya, masih dapat membuat calon pelanggan tergiur, apalagi jika dipadukan dengan timing yang tepat.

Ketika momen akhir bulan dan awal bulan misalnya, saat periode gajian tiba, Anda bisa menggunakan kalimat, ‘Baru gajian? Segera dapatkan promo Buy 1 Get 1 Free pada produk kami selama tanggal 29 hingga tanggal 3 untuk transaksi terbaik!’, dan sejenisnya.

7. Mengemas dalam Contoh Kalimat Promosi Kreatif yang Unik

Memang terdapat ungkapan ‘Tidak ada yang baru di bawah Matahari’, namun dengan perpaduan diksi yang tepat dan produk yang unik, Anda masih bisa membuat banyak contoh kalimat promosi kreatif yang selalu menarik.

Kata-kata seperti ‘Eksklusif’, ‘Limited Edition’, kemudian ‘New Arrival’, dan masih banyak lagi, bisa menjadi opsi yang baik untuk copy promosi Anda. Misalnya, ‘Terbatas hanya di outlet ini! Produk terbaru dari kami dengan kualitas terbaik untuk Anda, pelanggan setia!’.

8. Keterangan Waktu Tertentu

contoh kalimat promosi kreatif

Salah satu contoh kalimat promosi kreatif yang bisa Anda gunakan adalah kalimat dengan keterangan waktu tertentu di dalamnya. Adanya keterangan waktu ini bisa memberikan urgensi tersendiri pada pelanggan untuk melakukan pembelian.

Misalnya saja, ‘Terbatas selama libur lebaran, dapatkan produk terbaik kami dengan promo diskon hingga 50% untuk pembelian barang kedua hari ini!’, dan sejenisnya.

Baca Juga: Penggunaan KOL dalam Digital Marketing untuk Bisnis Anda, Apa Pentingnya? 

Pada praktek nyatanya, contoh kalimat promosi kreatif bisa benar-benar luas cakupan konteksnya. Selama Anda dapat melakukan riset dengan baik, maka kalimat promosi yang menarik juga akan terus muncul untuk bisnis Anda!