contoh kuesioner kepuasan pelanggan
Sumber: freepik.com

Baca Artikel Ini untuk Melihat 2 Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan!

Dalam mengukur performa produk yang dimiliki oleh perusahaan, penggunaan kuesioner atau survei adalah metode yang cukup handal. Misalnya saja untuk kuesioner kepuasan pelanggan, yang dapat membantu mengukur sejauh mana ekspektasi pelanggan terpenuhi dari produk yang diberikan. Kamu juga bisa melihat beberapa contoh kuesioner kepuasan pelanggan di artikel ini selanjutnya.

Table of Contents

Tapi akan lebih baik jika terlebih dahulu kamu memahami apa yang dimaksud dengan kuesioner kepuasan pelanggan bukan? Pada poin berikutnya akan sedikit disinggung mengenai fungsinya, sebelum masuk ke contoh kuesioner kepuasan pelanggan.

Jadi, mari kita mulai!

Baca Juga: 7 Langkah Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

Mengenal Apa Itu Kuesioner Kepuasan Pelanggan

contoh kuesioner kepuasan pelanggan

Kuesioner kepuasan pelanggan dapat dipahami sebagai metode untuk membantu kamu, sebagai pebisnis, mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Data yang diperoleh dapat digunakan untuk melakukan berbagai evaluasi proses bisnis, dari produksi hingga layanan after sales.

Metode ini dilakukan dengan membagikan kuesioner yang berisi pertanyaan yang dapat membantu perusahaan melihat sejauh mana pelanggan merasa puas atas produk yang sudah digunakan. Selain itu melalui kuesioner ini juga dapat diperoleh apa harapan yang dimiliki pelanggan atas produk yang dibuat oleh perusahaan.

Menilik Fungsi dari Kuesioner

contoh kuesioner kepuasan pelanggan

Secara umum, fungsi dari pelaksanaan dan penyebaran kuesioner kepuasan pelanggan sendiri adalah untuk mengukur sejauh mana produk dan layanan yang didapatkan pelanggan dapat memberikan kepuasan untuk mereka.

Semakin baik performa kegiatan pemasaran dan produk yang diluncurkan ke pasar, maka idealnya semakin baik pula tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan. Sebaliknya, ketika hasil dari survei menyatakan bahwa pelanggan kurang puas, maka evaluasi harus dilakukan dengan segera mengacu pada data yang diperoleh ini.

Baca juga:  Wajib Dibaca! Ini 8 Cara Memulai Bisnis Baru Bagi Korban PHK

Fungsi lain dari kuesioner kepuasan pelanggan ini adalah untuk mengetahui kira-kira apa harapan yang pelanggan miliki pada produk, layanan, atau kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan. Dari sini kamu dapat melihat bagaimana pelanggan peduli terhadap produk dan mulai memiliki ikatan, dengan respon yang diberikannya.

Dari sisi penjualan dan pemasaran, penyebaran kuesioner ini dapat membantu mengumpulkan data yang diperlukan dalam analisa lebih lanjut, sehingga kebijakan dan eksekusi strategi berikutnya bisa lebih baik.

Lalu Adakah Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan yang Bisa Digunakan?

contoh kuesioner kepuasan pelanggan

Dari sekian banyak kuesioner yang pernah kamu lihat, mungkin tidak sedikit yang memberikan kesan dan benar-benar kamu isi dengan baik. Nah, beberapa contoh pertanyaan berikut ini bisa menjadi referensi untuk membantu penyusunan contoh kuesioner kepuasan pelanggan yang akan kamu buat.

Contoh kuesioner kepuasan pelanggan di bawah akan dibedakan berdasarkan jenis produk yang dimiliki.

Contoh Pertanyaan untuk Kuesioner Kepuasan Pengguna Aplikasi

Pengguna aplikasi merupakan pelanggan yang berjumlah besar dalam era sekarang ini. Untuk membantu mengetahui tingkat kepuasan yang diperolehnya, beberapa pertanyaan dapat diajukan dalam kuesioner yang dibuat.

Kuesioner yang diberikan akan membahas mengenai kemudahan penggunaan, kemudahan menemukan fitur yang diperlukan, kelengkapan, dan kecepatan respon dari aplikasi tersebut.

Contoh pertanyaannya bisa berupa:

  • Aplikasi akan mudah digunakan oleh siapa saja. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju)
  • Tampilan aplikasi dan tombol mudah dipahami dan tidak membuat bingung. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju)
  • Aplikasi memudahkan urusan yang perlu Anda lakukan. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju)
  • Apakah Anda akan merekomendasikan aplikasi ini pada orang lain yang Anda kenal? (dengan jawaban: Ya atau Mungkin atau Tidak)
  • Menurut Anda sebagai pengguna, apa keunggulan aplikasi yang Anda gunakan saat ini dibandingkan dengan aplikasi lain sejenis? (dengan jawaban terbuka atau isian singkat)
  • Apakah ada masukan atau kritik untuk aplikasi ini? (dengan jawaban isian singkat)
Baca juga:  Bahas Tuntas Sales Marketing sebagai Ujung Tombak Perusahaan

Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan Produk Makanan

Pada produk makanan, variabel yang dapat ditanyakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan akan mencakup variasi rasa, kemasan, kerapian, keramahan penjual, visibilitas produk pada display, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, beberapa pertanyaan ini dapat dimasukkan ke dalam kuesioner kamu.

  • Kemasan dari produk makanan menarik perhatian Saya. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju atau Ragu-Ragu)
  • Harga yang diberikan sebanding dengan kualitas produk makanan. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju atau Ragu-Ragu)
  • Varian rasa yang diberikan sangat luas dan memberikan Saya banyak pilihan. (dengan jawaban: Setuju atau Tidak Setuju atau Ragu-Ragu)
  • Pelayanan yang diberikan penjual memuaskan. (dengan jawaban Setuju atau Tidak Setuju)
  • Saya akan merekomendasikan produk ini pada orang yang saya kenal. (dengan jawaban: Ya atau Tidak atau Ragu-Ragu)

Baca Juga: Komplain dari Customer Baik untuk Kemajuan Perusahaan, Kok Bisa?

Jika dicermati, contoh kuesioner kepuasan pelanggan di atas tidak seluruhnya berupa pertanyaan, namun juga berupa pernyataan. Dengan mengkombinasikan keduanya, kuesioner yang kamu sajikan bisa lebih menarik dan nyaman untuk diisi. Dengan membuat pelanggan menjadi nyaman, maka kualitas data yang diberikan untuk pengisian bisa menjadi lebih baik.

Itu tadi, sedikit pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan setidaknya dua contoh kuesioner kepuasan pelanggan. Semoga bisa menjadi artikel yang berguna dan menarik untuk dibaca, dan selamat melanjutkan aktivitas!

Share