Creambath Bisa Dilakukan di Rumah Lho, Ini 4 Rekomendasi Produknya!

Creambath adalah salah satu jenis perawatan rambut yang kerap dilakukan baik itu di salon kecantikan maupun rumah. Setidaknya creambath dilakukan satu minggu sekali untuk merawat rambut tetap sehat, kuat, dan lembap. Kamu bisa memilih berbagai jenis produk creambath sesuai kebutuhan rambutmu. Kini, creambath tak harus selalu pergi ke salon. Yuk ketahui apa manfaat creambath sebagai hair spa treatment yang lazim dilakukan di Indonesia beserta produk yang recommended! 

Arti Creambath adalah

Istilah creambath cukup familiar di Indonesia. Jadi, sebenarnya apa itu creambath? Arti creambath adalah perawatan spa rambut yang biasa dilakukan di salon kecantikan maupun di rumah saja. Proses creambath untuk rambut dilakukan dengan pijatan pada area kepala, leher, dan pundak sambil dioleskan produk creambath. Tujuan dilakukan scalp massage ini adalah untuk membantu melancarkan sirkulasi darah ke kepala, sehingga rambut tumbuh kuat dan anti rontok.

Sebagai hair care routine, waktu creambath adalah sekitar 30 menit hingga satu jam baru kemudian rambut dibilas bersih. Rambut dan kulit kepala seketika terasa segar, lembap, dan kuat jika rutin mengaplikasikan creambath. Hasil perawatan rambut dengan pijatan lembut ini akan membantu mengatasi permasalahan rambut seperti rontok, ketombe, ujung rambut bercabang, dan masih banyak lagi. Bahan alami dalam produk rambut juga bekerja optimal menyehatkan dan melindungi rambut dari paparan bahan kimia jika kamu suka hair styling. 

Baca juga:  9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

Manfaat Creambath adalah?

Sumber: Freepik

Untuk mendapatkan hasil rambut sehat dan berkilau, tentunya kamu perlu menerapkan hair care routine dengan bahan-bahan natural yang menutrisi rambut. Creambath adalah perawatan rambut yang disukai banyak orang karena disertai pijatan lembut yang bikin rileks. 

Nah perbedaan dengan masker rambut umumnya saat diaplikasikan tidak disertai pijatan di area kepala dan rambut. Produk masker rambut juga diformulasikan untuk mengatasi masalah rambut yang spesifik. 

Tips Lakukan Creambath Sendiri di Rumah

Sumber: Freepik

Sebelum kamu mengoleskan hair cream dan hair steaming, awali perawatan creambath di rumah dengan mengaplikasikan pre shampo sebelum keramas. Tujuan pre shampo adalah untuk membantu mencegah kelelahan higral, yang mana saat rambut basah, batang rambut dapat mengembang dan mengering. Produk pre shampo sebelum creambath adalah step penting untuk menguatkan struktur rambut.

Setelah rangkaian produk creambath diaplikasikan ke rambut secara menyeluruh, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala, leher, dan bahu. Scalp massage ini penting untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala serta memaksimalkan penyerapan produk krim rambut ke folikel.

Rambut yang telah diolesi krim dan dipijat lembut, kemudian dibalut dengan handuk panas atau hairnet selama 10 – 15 menit untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi pada setiap helai rambut. Setelah proses creambath dilakukan, terakhir bilas rambut hingga bersih dengan air kemudian keringkan.

Sesuai Tipe Rambutmu, Rekomendasi Produk Creambath adalah

1. Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair and Scalp Cream

Sumber: Makarizo Indonesia

Produk Hair Energy Fibertherapy Hair and Scalp Cream dapat menjadi pilihan untuk creambath di rumah. Produk yang dibuat dengan formula Asam Amino Keratin, Omega-6 dari Passiflora untuk merawat kelembapan rambut. Gunakan setelah keramas dan bilas hingga bersih.

Baca juga:  Manfaat Mugwort bagi Kecantikan, Ini Rekomendasi Produknya

Ada 4 jenis varian dari bahan alami yang bisa kamu pilih. Mulai dari ekstrak buah kiwi untuk rambut sensitif dan diwarnai, daun lidah buaya dan melon untuk masalah kulit kepala. Ekstrak buah zaitun untuk rambut kusam, lepek, dan perlu nutrisi ekstra, serta varian Royal Jelly untuk rambut kering/rusak.

2. Tresemme Deep Smoothing Hair Mask

Sumber: www.tresemme.com

Tresemme memiliki pilihan produk hair mask yang kamu butuhkan untuk merawat rambut. Produk hair care bernutrisi mendalam dengan formulasi khusus untuk melembapkan rambut dan mengontrol rambut kusut hingga 72 jam. Gunakan hair mask dari Tresemme untuk melawan frizzy hair, menghilangkan kusut, rambut jadi mudah diatur dan anti kusut. Dapatkan tampilan rambut indah yang akan menambah kepercayaan dirimu setiap hari.

3. NR Kur Hydrosilk Hair Mask Sachet

Sumber: NR Indonesia

Hair mask yang direkomendasikan dari salon terdekat di tempat tinggalmu ini bisa kamu coba. Dengan formula alaminya yang wangi dan lembut, cocok jadi produk andalan saat kamu ingin creambath. Aplikasikan merata ke rambut yang sudah keramas, kemudian pijat dengan lembut. Agar nutrisi meresap dengan baik, diamkan selama 5-10 menit. Terakhir bilas memakai air hingga bersih. 

4. Loreal Paris Total Repair Hair Spa Mask

Sumber: Loreal Paris

Total Repair Hair Mask dari Loreal membantu melawan berbagai tanda kerusakan rambut rontok karena patah, kering, bercabang, dan rapuh. Kandungan Ceramide membantu memperbaiki struktur rambut dan mengembalikan rambut sehat. Cara pakainya dengan mengoleskan masker pada batang rambut yang basah secara merata. Hindari terkena kulit kepala, kemudian pijat lembut. Diamkan selama 1 menit sebelum dibilas. 

Baca juga: Wajib Tahu, 9+ Cara Menebalkan Rambut yang Alami dan Sehat

Itulah manfaat creambath rambut beserta tips melakukan creambath sendiri di rumah. Gunakan produk perawatan rambut sesuai jenis dan kebutuhan rambut masing-masing untuk tampilan rambut sehat dan menawan. Creambath adalah hair care routine yang jadi jurus dapatkan rambut indah dengan cara yang menyenangkan.