Menikmati Curug Cikaracak, Surga Tersembunyi di Bogor

Banyak sekali destinasi wisata di Bogor. Salah satunya adalah Curug Cikaracak. Letaknya yang berada di hutan lebat kaki Gunung Pangrango menyebabkan air terjun ini tersembunyi bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari ibukota. Pesona alamnya yang indah, cocok menjadi spot healing saat akhir pekan tiba. Tempatnya yang belum banyak orang ketahui juga membuat air terjun ini bisa kamu nikmati dengan dengan lebih khidmat.

Bagi para petualang dan pecinta alam, treking menuju air terjun ini akan menjadi hal yang menyenangkan. Tak heran jika destinasi wisata ini termasuk dalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ditetapkan UNESCO. Sudah siap berkunjung ke Curug Cikaracak? Simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini sebagai referensi, ya!

curug cikaracak
Sumber: merahputih.com

Fakta Menarik Curug Ciracak

1. Lokasi Wisata

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah lokasinya. Curug ini terletak di Dusun Cibeling, Desa Cinaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi wisata ini tepat di kaki Gunnung Pangrango. Jaraknya dari pusat Kota Bogor adalah sekitar 25 km.

2. Akses Menuju Wisata

trekking menuju curug cikaracak
Sumber: Kompasiana.com

Untuk mencapai destinasi wisata ini, kamu perlu berkendara sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Bogor. Sesampainya di Desa Cibeling, kamu harus berjalan kaki sejauh 2-3 kilometer untuk sampai ke air terjun ini. Kamu akan melewati berbagai medan jalan, seperti jalan berbatu, hingga jalan yang licin karena letaknya masuk ke dalam hutan. Pastikan kamu dan rombongan berhati-hati, ya!

3. Harga Tiket Masuk

Agar bisa menikmati indahnya pemandangan alam dan air terjunnya, kamu harus merogoh kocek. Tidak mahal, kok. Hanya Rp 8.500 per orang. Kemudian untuk biaya parkir kendaraan di Desa Cibeling dihargai Rp 10.000-30.000 per unit. Tentunya harga ini sewaktu-waktu dapat berubah sesuai peraturan, ya.

4. Jam Operasional

Untuk jam operasional destinasi wisata ini, pihak pengelola wisata tidak memberitahukannya secara pasti. Namun, disarankan untuk berkunjung saat pagi hari menjelang siang saat cuaca cerah. Hindari datang saat musim hujan karena akses jalannya akan semakin parah dan dapat membahayakan keselamatan.

Baca juga:  Snorkeling dan Diving, Ada 3 Hal yang Membedakan Keduanya!

5. Fasilitas Wisata

Curug Cikaracak Bogor memang berada di dalam hutan lebat, tetapi fasilitasnya sudah cukup lengkap. Meskipun area parkir terletak jauh dari lokasi curug, fasilitas pendukung lainnya berada di area curug. Seperti toilet, musala, warung makan, camping groundglamping, kamar mandi, hingga gazebo untuk bersantai. Bawalah makanan dari rumah untuk berjaga-jaga pedagang di sana tidak berjualan, ya!

7 Aktivitas Seru di Curug Ciracak

1. Berfoto

berfoto di curug cikaracak
Sumber: eviwisata.com

Pemandangan di curug ini tentu begitu eksotis. Air terjun mengalir deras, dan juga suasananya yang sangat alami. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berswafoto. Background air terjun dengan tebing besar yang tertutup tanaman hijau akan menghasilkan foto yang instagramable!

2. Berenang

Berwisata ke air terjun tentu tak boleh melewatkan aktivitas bermain air. Mengingat airnya yang jernih, kamu bisa bermain air yang terjamin kealamian dan kesegarannya. Ingatlah untuk tidak bermain air tepat di bawah air terjun karena debit airnya cukup deras. Khawatir terjadi hal-hal yang tak bisa mengancam keselamatan. Bermainlah di area bawah tempat dimana bebatuan terhampar dengan aliran air dari curug di sela-selanya.

3. Masak-Masak

Pengunjung Curug Cikaracak ternyata boleh masak juga, lho! Bawalah peralatan masak seadanya dari rumah. Buat yang tidak ingin repot membawa alat masak, jangan khawatir. Pasalnya, di sekitar lokasi banyak yang menjual kudapan. Dari mulai makanan ringan, mie instan, susu, kopi, dan masih banyak lagi. Lengkap pokoknya, jadi jangan sampai tidak mengunjungi wisata ini saat ke Bogor, ya!

Baca juga:  8 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

4. Bertamasya

Destinasi wisata Bogor ini juga bisa menjadi pilihanmu menghabiskan waktu bersama teman-teman. Kalian bisa menikmati indahnya pemandangan alam sembari berpiknik di bebatuan. Ini bisa menjadi pengalaman seru yang bisa kalian dapatkan, lho! Jadi, luangkan waktumu untuk mengunjungi destinasi wisata ini, ya.

5. Menikmati Keindahan Air Terjun

Begitu sampai, kamu langsung bisa melihat pemandangan air terjun yang begitu mempesona. Dengan tinggi sekitar 40 meter, curug tersebut seakan punya keindahan sendiri. Suara gemericik air bisa jadi media healing tersendiri bagi kamu yang sedang merasa penat. Belum lagi panorama alam sekitar curug yang tidak kalah mempesona. Hijaunya perbukitan dan pohon-pohon besar. Mata jadi lebih segar setelah sekian hari sibuk bekerja atau belajar.

6. Bersantai

bersantai di curug cikaracak
Sumber: chanelmuslim.com

Ingin bersantai dengan gaya yang lebih keren? Cobalah memasang hammock di antara pepohonan yang di bawahnya mengalir sungai kecil. Kamu akan merasakan kedamaian alam yang begitu menyatu dengan jiwa dan pikiran. Bersantai di Curug Cikaracak Bogor adalah definisi healing yang sesungguhnya!

7. Trekking

Saat menyusuri jalan menuju curug, kamu akan menyusuri pesawahan, memasuki hutan kemudian menyusuri sungai dengan besar batu yang bervariasi. Tak ada jalan setapak di sisi sungai. Saat hujan, air sungainya sangat deras. Dalam situasi semacam ini wisatawan harus ekstra hati hati. Jangan lupa sediakan air minum saat trekking, agar tubuh tidak dehidrasi akibat kelelahan.

Nah, itulah informasi yang perlu kamu ketahui tentang Curug Ciracak. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bogor, jangan lupa mampir ke surga tersembunyi ini, ya! Dan jangan lupa persiapkan payung dan jas hujan untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu. Selamat berwisata!