game console

Daftar Game Console Handheld yang Tak Kalah Seru dengan Online Games

Jika sebelumnya game console peminatnya tidak lebih banyak daripada online games. Kini berkat teknologi yang terus maju setiap tahunnya, game console rumahan malah menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Bahkan menariknya lagi, kemajuan ini juga diterapkan dengan banyaknya pilihan bentuk console. Salah satu yang paling populer adalah handheld, yang menawarkan form-factor ringkas dan portabilitas tinggi untuk dapat dibawa ke mana saja. Konsol handheld ini pada umumnya juga memiliki jenis game yang berbeda dari konsol rumahan biasa, mengingat spesifikasi yang tentunya terbatas. Jika kamu tertarik untuk membeli console handheld ini, berikut tujuh di antaranya yang direkomendasikan. 

1. Nintendo Switch

game console
Sumber: https://techcrunch.com/

Mengusung desain hybrid, Nintendo Switch mencuri hati banyak pecinta game lewat kemampuannya untuk digunakan sebagai console handheld dan rumahan. Kehadiran dock, membuat Switch ini menjadi bisa dimainkan di layar yang lebih besar. Selain kemampuan yang mengungguli console handheld lainnya, Switch juga memiliki katalog game luar biasa, yang banyak di antaranya di porting dari console yang lebih besar seperti Doom, Wolfenstein, The Witcher 3, dan yang paling baru, The Outer Worlds. Nintendo Switch sendiri dibanderol di harga US$299 atau sekitar Rp4 juta rupiah. 

2. Nintendo Switch Lite

game console
Sumber: https://www.imore.com/

Sesuai dengan namanya, Nintendo Switch Lite ini merupakan varian ergonomis sekaligus ekonomis dalam Nintendo Switch. Nintendo Switch Lite ini menawarkan ukuran yang lebih compact dan harga yang lebih murah yaitu di US$199 atau sekitar Rp2,7 juta rupiah. Hebatnya, meskipun lebih terjangkau, spesifikasi mesin yang dimiliki oleh Switch Lite ini, sama dengan Switch biasa. Namun, guna memangkas harganya menjadi lebih minim, Nintendo mengurangi beberapa fitur di Switch Lite ini. Yaitu seperti layar 5,5 inci yang lebih kecil, tidak adanya dukungan untuk dimainkan di layar yang lebih besar, dan Joy-Con permanen alias tidak dapat dilepas.

Baca juga:  Ticketing System dalam Layanan Pelanggan, Efektif dan Efisien!

3. Nintendo 3DS XL (2015)

game console
Sumber: http://techcrunch.com/

Tidak ingin mematikan salah satu produk terbaik mereka, Nintendo juga memutuskan untuk merilis versi terbaru dari 3DS XL pada tahun 2015. Hal itu membawa banyak perubahan signifikan dari pendahulunya. Beberapa yang paling mencolok seperti tombol yang kini berwarna, slot kartu microSD pengganti kartu SD, hingga dukungan Super Stable 3D untuk penyesuaian efek 3D berdasarkan sudut pandang pemain. Tidak hanya itu saja, 3DS XL edisi terbaru ini juga ketambahan C-Stick diatas tombol sebelah kiri, RAM hingga 256MB, serta NFC untuk dukungan Amiibo.

4. Nintendo 2DS XL (2017) 

nintendo
Sumber: http://indieobscura.com/

Nintendo 2DS XL versi terbaru yang dirilis pada tahun 2017 ini, mengambil banyak inspirasi dari 3DS XL edisi 2015, terutama di bagian spesifikasi. Sama seperti 3DS XL (2015), 2DS XL (2017) ini juga dilengkapi dengan NFC untuk Amiibo, prosesor terbaru, dan C-Stick. Selain itu, 2DS XL terbaru memiliki desain yang lebih tipis dan mikrofon serta kamera yang dipindahkan ke engsel. Namun sayangnya, karena diluncurkan hanya beberapa bulan setelah Nintendo Switch, 2DS XL ini menjadi kurang mendapatkan banyak perhatian. Kendati demikian, konsol handheld yang satu ini masih layak untuk dibeli, kok

5. GPD XD Plus

GPD XD Plus
Sumber: https://gpdfans.com/

Jika dilihat secara sekilas, GPD XD Plus ini memang tampak seperti 3DS XL dari Nintendo, lengkap dengan desain clamshell, port charging dan empat tombol tambahan di bagian atas. Akan tetapi jika dilihat lebih saksama lagi, GPD XD Plus ini tidak sama dengan salah satu konsol handheld unggulan dari Nintendo itu. Sebagai awalan, GPD XD Plus dibekali dengan dua analog stick dan memiliki lebih banyak tombol dari 3DS XL. GPD XD Plus juga menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan ditenagai oleh chipset MediaTek MT8176 yang mampu menjalankan berbagai game SNES, GBA, dan PSP dengan sangat baik.

Baca juga:  Kamu Perlu Coba! 4 Obat Flu Alami yang Mudah Didapatkan

6. Nvidia Shield K1 

Nvidia Shield K1
Sumber: http://thegadgetflow.com/

Nvidia Shield K1 sebenarnya lebih mengarah ke tablet, namun karena dilengkapi dengan prosesor Nvidia Tegra K1 yang sangat kuat, Shield K1 ini menjadi bisa dianggap sebagai konsol on-the-go. Sama seperti GPD XD Plus, Shield K1 ini menjalankan Android sebagai sistem operasi utamanya. Menariknya, tidak hanya game Android saja, Shield K1 ini juga mampu menjalankan berbagai game dari konsol lain seperti PlayStation, N64, Dreamcast dan Gamecube. Ditambah lagi, berkat dukungan layanan streaming GeForce Now, Shield K1 menjadi bisa digunakan untuk menikmat game PC.

7. Sony PlayStation Vita

psp
Sumber: http://www.cnet.com/

Suksesor PSP yaitu PlayStation Vita, memang memiliki banyak potensi. Salah satu konsol handheld terhebat dari Sony ini, bahkan dianggap lebih kuat dari PlayStation 2. Selain itu, juga bisa digunakan untuk memainkan game PlayStation 4 via Remote Play. Namun sayangnya, karena penjualan game yang buruk, PS Vita menjadi tidak bisa memiliki katalog game yang baik. Di mana banyak developer besar seperti Ubisoft dan Activision, memilih untuk mundur. Meskipun begitu, ini masih menjadi salah satu konsol handheld yang layak untuk dimiliki. Terutama dengan kemampuannya untuk dijadikan sebagai emulator PS4.

Demikian tadi ulasan mengenai tujuh game console handheld terbaik untuk dibeli. Kamu punya salah satu game console di atas? Atau kamu baru berencana untuk membelinya? Jangan sampai salah pilih, ya

Rishna Maulina

Share