pinjaman online OJK

Ingin Utang yang Aman? Ketahui Pinjaman Online OJK

Selama ini utang selalu dianggap sebagai hal buruk. Citra buruk pada utang muncul karena pemanfaatan utang yang kerap kali digunakan untuk memenuhi keinginan semata. Namun meski sering mendapat citra negatif, faktanya produk utang atau yang juga jamak disebut kredit terus laku di pasaran. Bahkan, transaksinya cukup meningkat seperti yang tercatat di beberapa layanan pinjaman online OJK.

Memang, tidak ada yang salah dengan meminjam uang atau berutang. Meski bukan sesuatu yang dilarang, berutang untuk hal yang bersifat senang-senang tidak disarankan. Utang semestinya hanya digunakan untuk sesuatu yang bersifat mendesak atau karena kebutuhan yang akan berdampak pada produktivitas seseorang.

Dua Kategori Utang/Pinjaman

Pinjaman/Utang Bijak

Pinjaman yang bijak sering digunakan untuk membantu mengatur keuangan dan membangun kekayaan dalam jangka panjang dan masuk akal secara finansial.

Contoh pinjaman bijak termasuk pinjaman rumah dimana kamu mampu untuk membayar pinjaman tersebut, dan juga pinjaman pendidikan bagi mahasiswa yang termasuk investasi jangka panjang dan dapat menyelesaikan masalah utama bagi para orang tua.

Salah satu cara paling cerdas untuk menggunakan uang adalah dengan meminjam uang untuk berinvestasi dalam aset, seperti properti atau saham yang dapat menghasilkan pendapatan dan memiliki nilai yang terus meningkat, sementara untuk bunga yang dibebankan pada hutang dapat dikurangkan dari pajak.

Utang Buruk

Contoh-contoh utang buruk termasuk uang yang kamu pinjam melalui kartu kredit dan pinjaman pribadi untuk membayar pengeluaran sehari-hari, liburan, atau aset seperti mobil yang cenderung menurun nilainya.

Mungkin beberapa orang berpendapat bahwa sebuah pinjaman bahkan untuk pinjaman rumah pun dapat dianggap sebagai utang buruk jika dibandingkan dengan pinjaman untuk properti investasi. Hal Ini terjadi karena, meskipun nilai rumah mengalami peningkatan tiap tahun, tetapi rumah yang kamu tinggali tidak menghasilkan pendapatan, sedangkan biaya bunga pinjaman tidak dapat dikurangkan dari pajak.

Syarat Berutang secara Bijaksana

Jika kamu terpaksa melakukan utang, perhatikan beberapa hal berikut, terutama jika kamu harus melakukan pinjaman online OJK yang memiliki tempo pelunasan cukup singkat.

Perhatikan Bunga yang Ditawarkan

Beberapa fintech atau pinjaman online OJK menawarkan bunga yang cukup kompetitif dan tinggi. Pikirkan kembali jika kamu ingin melakukan pinjaman di tempat seperti ini. Karena pada saat butuh terkadang kita lupa besarnya beban bunga. Tapi ketika melakukan pembayaran kita baru merasakan beratnya beban bunga tersebut.

Baca juga:  6 Ide Bisnis Makanan dan Minuman Laris di Masa Pandemi

Jangka Waktu Pengembalian

Beberapa platform pinjaman online OJK menawarkan jangka waktu yang cukup singkat antara 14-30 hari. Pastikan kamu mengembalikan dalam jangka waktu tersebut untuk menghindari denda yang akan membuat nilai pinjamanmu semakin besar.

Kemampuan untuk Mengembalikan Pinjaman

Jangan melakukan peminjaman yang tidak bisa kamu lunasi. Sesuaikan dengan besarnya pemasukan. Jika kamu terpaksa berutang dengan jumlah yang lumayan besar, pastikan biaya mencicilnya tidak lebih dari 30% pemasukan.

Legalitas Pihak Pemberi Pinjaman

Saat ini banyak fintech illegal yang menawarkan pinjaman secara mudah dengan bunga yang sangat tidak wajar. Waspadai hal tersebut. Risiko jika terjerat fintech ilegal biasanya berujung pada kekerasan secara verbal maupun fisik yang sulit dilaporkan secara hukum. Pastikan kamu hanya melakukan pinjaman online OJK secara aman.

Daftar Fintech Aman

Rupiah Cepat

produk fintech rupiah cepat
sumber : cicil.id

Rupiah Cepat adalah aplikasi pinjaman online dengan batas kredit sampai Rp 5 juta yang bisa dibayar secara cicilan sampai 3 bulan. Fitur Rupiah Cepat adalah:

  • Plafon pinjaman Rp 400 ribu sd Rp 5 juta
  • Pilihan tenor pinjaman adalah: 65 hari, 75 hari dan 90 hari

Proses pengisian dan pengajuan di Rupiah Cepat hanya butuh 15 menit. Tidak sepenuhnya langsung cair, setelah pengajuan, proses kredit di Rupiah Cepat membutuhkan waktu 1×24 jam sd 2×24 jam untuk nasabah menunggu sampai ada keputusan diterima atau tidaknya pinjaman.

Pencairan dilakukan ke rekening bank atas nama peminjam, karena itu peminjam harus memiliki rekening bank atas nama mereka, yang masih aktif dalam 3 bulan terakhir.

Persyaratan pengajuan adalah:

  • WNI.
  • Punya KTP.
  • Menyerahkan nomor HP tetap.
  • Punya rekening bank

Area pelayanan Rupiah Cepat adalah seluruh Indonesia. Pencairan Rupiah Cepat tidak ada potongan biaya, artinya jika pengajuan pinjaman disetujui Rp 1 juta maka pencairan dana adalah Rp 1 juta. Tidak ada potongan di depan seperti beberapa fintech pinjaman online lainnya.

Bunga pinjaman Rupiah Cepat adalah 0,54% sd 0,39% per hari tergantung dari masa pinjaman, makin lama tenor makin rendah bunga per hari meskipun total bunga dibayar menjadi semakin besar

Cicil

cicil sebagai salah satu platform fintech
sumber : Fintechnesia.com

Cicil adalah salah satu aplikasi kredit online P2P OJK. Keunggulan Cicil dibandingkan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lain adalah Cicil bisa digunakan untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa.

Selama ini, mustahil bagi mahasiswa untuk bisa mengajukan pembelian barang dengan cara kredit tapi tidak punya kartu kredit. Karena mahasiswa belum memiliki sumber penghasilan tetap yang digunakan untuk membayar cicilan pinjaman.

Baca juga:  5 Poin Pentingnya Menghitung Harga Pokok Produksi dalam Bisnis

Cicil melakukan terobosan dengan menawarkan program cicilan tanpa kartu kredit ke kalangan mahasiswa. Pinjaman tidak hanya untuk membeli barang konsumtif tetapi juga pinjaman untuk biaya kuliah.

Bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, Cicil menawarkan pinjaman uang kuliah. Ketentuannya antara lain adalah (1) bisa mendapatkan plafond sampai dengan 80% dari biaya pendidikan; (2) uang muka 20% dari pinjaman; (3) tenor 1 bulan sampai dengan 24 bulan.

Kredivo

pinjaman online OJK kredivo
sumber : Grid.ID

Kredivo adalah pinjaman online tanpa jaminan yang terdaftar di OJK, menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan dana tunai melalui aplikasi.

  • Untuk cicilan, Kredivo kerjasama dengan merchant, misalnya Tokopedia, sehingga nasabah yang sudah punya akun Kredivo bisa langsung membayar saat belanja di merchant. Jika belum punya akun, Kredivo menyediakan fasilitas untuk nasabah mengajukan permohonan lewat merchant.
  • Sedangkan untuk dana tunai, pelanggan mengajukan langsung ke Kredivo melalui aplikasi. Pinjaman dana tunai memberikan plafon Rp500 ribu; Rp 1 juta dan Rp1.5 juta untuk tenor 30 hari.

Berapa bunga dan biaya admin untuk dana tunai? Ilustrasinya pinjaman Rp500 ribu adalah:

  • Pelunasan Rp525.050,-
  • Biaya Admin Rp30.000,- yang dipotong dari pencairan
  • Dana diterima saat pencairan Rp470.000,-

Bunga yang harus kamu bayar dalam tempo 30 hari adalah 11.71%.

Akulaku

akulaku
sumber : Vixiest.com

Produk Akulaku terbaru adalah KTA Asetku, yang merupakan pinjaman uang tunai sampai limit Rp 3 juta dan masa pinjaman paling lama 30 hari.

Untuk pinjaman pertama, Akulaku Asetku memberikan pilihan jumlah yang bisa diajukan mulai Rp 500 ribu sampai dengan Rp2 juta ribu dengan tenor mulai dari 8 hari sd 30 hari, dengan ilustrasi sebagai berikut:

  • Pinjaman dicairkan Rp 1 juta
  • Tenor 30 hari
  • Pelunasan Rp1.117.000,-

Bunga yang dibebankan pada pinjaman di Akulaku sebesar 11.7%. Saat pengguna mendaftar, Akulaku meminta izin mengakses data pribadi dari ponsel, yaitu: (a) daftar kontak yang terdapat di ponsel, (b) panggilan telepon masuk dan keluar dari ponsel dan (c) lokasi perangkat ponsel.

Karena ketiga data tersebut cukup sensitif, Akulaku meminta kesediaan dari calon nasabah. Jika nasabah tidak bersedia memberikan persetujuan, penarikkan data pribadi tidak akan dilakukan, tetapi itu juga berarti bahwa pengajuan pinjaman tidak bisa dilanjutkan.

Akulaku juga meminta peminjam melakukan Facebook Otorisasi, yang implikasinya akan membuat Akulaku bisa mengakses data Facebook milik peminjam.

Kesimpulan

Jika memungkinkan cobalah untuk terhindar dari pinjaman. Tetapi jika hal tersebut tdak dapat dihindari, maka gunakan utang untuk sesuatu yang produktif. Utang menjadi cara terbaik agar keuangan tetap stabil. Yang pasti, selain menggunakan pinjaman secara bijak, kamu juga harus dapat mengelola utang dan memilih produk pinjaman online OJK yang legal dan aman.

Share