Kupas Tuntas Dark Spot: Penyebab dan 7 Cara Ampuh Mengatasinya

dark spot adalahSumber: Freepik

Tak semua orang mengalami bintik-bintik hitam atau dark spots baik di wajah, dada, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Namun bagi kamu yang mungkin memiliki dark spot, tentu menjadi hal yang mengganggu karena tidak dapat hilang dengan sendiri. Sebagian orang berusaha menutupi dark spot sementara waktu dengan produk concealer. Tentu ini bukan cara paling efektif untuk menyamarkannya. Oleh karena itu, dark spot adalah kondisi yang cukup dirasa mengganggu penampilan kulit dan perlu segera untuk diatasi. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Arti Dark Spot adalah?

Sumber: Freepik

Dark spot adalah kondisi bintik-bintik pada kulit yang berwarna terang hingga gelap atau coklat tua dan dapat berkembang di mana saja. Kemunculan bintik biasanya kecil dan jarang, namun bisa juga mengelompok dan membentuk area kulit gelap yang lebih besar.

Bintik-bintik gelap ini kemungkinan besar muncul di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari paling banyak, termasuk wajah, punggung tangan, bahu, lengan, dan punggung. 

Apa Penyebab Terjadinya Bintik Hitam?

Bintik hitam atau dark spot adalah hasil dari produksi melanin yang berlebihan dan memicu pigmen kulit menghasilkan warna kulit yang lebih gelap. Umumnya bintik hitam disebabkan kerusakan akibat radikal bebas. Ada beberapa penyebab dark spot yang berbeda, di antara lain:

1. Kerusakan akibat sinar matahari. Kulit sebagian orang dapat memunculkan bintik-bintik gelap setelah terkena sinar matahari atau disebut tanning bed. Paparan sinar UV bisa memicu bintik hitam terutama jika kamu jarang menggunakan sunscreen. Area tubuh yang paling sering terkena paparan sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan.

Baca juga:  5 Cara Identifikasi Undertone Skin Kamu dan Tips Make Up yang Cocok

2. Perubahan hormonal. Bintik gelap lebih sering terjadi pada wanita selama masa kehamilan. Hal ini karena perubahan hormon di dalam tubuh dapat memicu bercak kecil berwarna gelap.

3. Efek samping obat. Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan bintik hitam. Hal ini karena kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari atau disebut sebagai fotosensitifitas. Jenis obat yang dimaksud misalnya non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), estrogen, sulfonamida, dan tetrasiklin.

4. Peradangan. Dark spot adalah efek peradangan kulit yang terjadi karena eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat.

Apakah Dark Spot Sama dengan Freckles?

Sumber: Freepik

Jawabannya, tidak sama. Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang freckles atau bintik-bintik adalah, kondisi kulit ini adalah turun temurun. Jika kamu memiliki freckles, kemungkinan orang tuamu juga demikian. Memiliki freckles bukan berarti kamu belum melindungi kulit dengan ekstra dari paparan sinar matahari. 

Faktanya, freckles sebenarnya adalah cara kulit menciptakan penghalang terhadap sinar matahari secara alami. Melanin yang membentuk freckles bertindak sebagai pelindung matahari yang membantu mencegah sinar UV mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Jika kamu memiliki freckles, kamu juga harus menggunakan sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit dan penuaan. 

Cara Efektif Mengatasi Dark Spot Pada Kulit

1. Eksfoliasi Kulit dengan Bahan AHA

Cara jitu untuk mengatasi dark spot adalah melakukan perawatan yang berfokus mencerahkan warna keseluruhan kulit dengan eksfoliasi. Jenis exfoliant kimia yang bagus untuk kulit adalah AHA. Bahan aktif ini bekerja sebagai anti penuaan dan memperbaiki kulit. Caranya dengan menghilangkan lapisan atas kulit dengan mengangkat sel-sel kulit kusam serta menghasilkan sel-sel kulit yang sehat. Formula AHA juga bagus untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga hasilnya kulit lebih cerah dan tampak awet muda.

2. Mengurangi Bintik Hitam dengan Minyak Almond

Bahan alami berikutnya yang bagus untuk mengobati perubahan warna pada kulit adalah sweet almond oil. Kandungan vitamin E dan niacinamide membantu mengatasi hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit. Kamu juga bisa menambahkan bahan alami ini sebagai penghapus make up atau pelembap untuk membantu melindungi skin barrier.

Baca juga:  8 Cara Mengatasi Mata Bengkak Paling Ampuh, Sudah Coba Lakukan?

3. Dark Spot Dapat Pudar dengan Aloe Vera

Sumber: Freepik

Bintik hitam tak hanya hasil dari hiperpigmentasi, namun juga bekas luka. Untuk itulah kamu perlu segera mengobatinya dengan bahan yang merawat kesehatan kulit dari dalam dan luar, salah satunya aloe vera. Lidah buaya dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan melembapkan. Kamu bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya ke kulit atau bekas luka sebagai pelembap.

4. Jaga Kulit Sehat dengan Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk meringankan bintik-bintik yang ada di kulit. Makanan kaya vitamin C seperti jeruk dan bayam bisa kamu tambahkan sebagai menu sehat sehari-hari. Selain vitamin C, kamu bisa mencoba niacinamide, arbutin, bearberry, resorsinol, dan tranexamic acid. 

5. Perawatan Laser

Ada berbagai jenis laser kosmetik yang tersedia. Perawatan laser yang paling umum untuk mengobati dark spot pada kulit menggunakan intense pulse light laser. Cahaya ini menargetkan melanin dan memecah bintik-bintik gelap.

6. Chemical Peel

Exfoliating treatment seperti chemical peel bekerja untuk menghilangkan lapisan atas kulit mati, membantu mengurangi tampilan kusam pada kulit sehingga kulit tampak lebih bercahaya. Seiring waktu, chemical peel dapat merangsang produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel, dan mengurangi munculnya bintik hitam. Perlu diingat, risiko chemical peel yang terlalu kuat dapat membakar kulit.

7. Mikrodermabrasi

Sumber: Freepik

Selama proses mikrodermabrasi, dokter kulit menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Perawatan mikrodermabrasi ini mendorong pertumbuhan kolagen baru yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik.

Baca juga: Kapan Mulai Perawatan Anti Aging? Ini 7 Bahan Aktif Andalannya

Seperti halnya skincare routine, cara terbaik untuk menghilangkan dark spot adalah melalui pencegahan dengan melindungi kulit dari sinar matahari. Beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan, wajib menerapkan sunscreen SPF (minimal 30). Saat berada di luar ruangan, kenakan pelindung kepala dan pakaian lengan panjang untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Berita Terbaru