Maksimalkan Dashboard untuk Pengelola Harian Bisnis Anda!

Bisnis adalah sebuah sinergitas antara banyak elemen yang dipadukan dengan seksama, sehingga membentuk sistem yang dapat bergerak dengan efektif untuk mencapai tujuan akhir berupa keuntungan. Dashboard adalah salah satu elemen atau bagian yang kemudian diperlukan dalam menunjang kelancaran bisnis ini.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan dashboard?

Artikel ini kemudian akan menjelaskan pengertiannya, jenis-jenis yang tersedia, manfaat, hingga elemen penting yang harus ada di dalamnya. Diharapkan dengan memahami lebih jauh terkait dashboard, Anda bisa mengoptimalkannya untuk keperluan bisnis Anda.

Baca Juga: Customer Segment 101: Pengelompokan Pelanggan untuk Langkah Pemasaran yang Lebih Strategis

Memahami Apa Itu Dashboard

dashboard adalah

Secara umum dashboard adalah alat, perangkat, visualisasi, atau teknologi, yang dapat menyajikan data dan informasi terkait suatu hal secara nyata. Data tersaji dalam bentuk metrik dan grafik, sehingga mudah dipahami dalam waktu yang singkat.

Pada era kekinian dashboard yang digunakan dalam bisnis sudah berbasis online, sehingga dapat diakses dari mana saja. Sebagai pemilik bisnis misalnya, Anda dapat mengaksesnya dari gadget Anda, dan mendapatkan informasi terkini terkait berbagai hal yang terjadi di perusahaan.

Karena fungsi utamanya untuk menampilkan data dan memudahkan akses ke berbagai informasi strategis, maka kemudian dashboard dibagi ke dalam beberapa jenis berbeda, sesuai dengan fungsi lanjutannya.

3 Jenis Dashboard dalam Bisnis dan Industri

dashboard adalah

Seperti yang disebutkan dalam bagian awal tadi, dashboard adalah sarana untuk pengelola bisnis melihat data secara langsung, gamblang, dan praktis. ‘perangkat’ ini kemudian dibagi menjadi tiga jenis berbeda, mulai dari dashboard strategis, dashboard analitik, dan dashboard operasional.

Baca juga:  4 Tugas Quality Control dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Pertama, Dashboard Strategis

Jenis pertama memiliki peran untuk memudahkan user-nya dalam memahami operasional perusahaan sehingga dapat melakukan analisis dan mengambil keputusan berdasarkan data terkini. Data yang tersaji idealnya adalah apa yang telah terjadi di masa lalu, dan kondisi terkini perusahaan.

Dengan dashboard ini, pihak manajemen, atau Anda dalam hal ini, dapat mengambil keputusan terbaik untuk bisnis yang dimiliki.

Kedua, Dashboard Analitik

Jenis kedua disebut dashboard analitik karena memberikan pelaporan data secara real-time. Dashboard ini dapat digunakan untuk menganalisis sejumlah besar data, dan membantu perusahaan Anda mengetahui tentang tren tertentu atau forecasting.

Salah satu contoh yang paling mudah ditemui adalah Google Analytics dan GSC atau Google Search Console. Di sana dapat diketahui berbagai data yang menjadi bahan mentah untuk diolah pada analisis komprehensif terkait sebuah bisnis.

Ketiga, Dashboard Operasional

Jenis terakhir adalah dashboard operasional, yang dapat memberikan pelaporan data terkini. Jenis ini digunakan untuk memantau kemajuan perencanaan bisnis dari waktu ke waktu, sehingga dapat dipastikan semua rencana dan agenda yang disusun dapat berjalan dengan baik.

Anda juga dapat mengidentifikasi masalah yang muncul sejak awal, sehingga menghindari terjadinya masalah besar di kemudian hari.

Secara Umum, Berikut Manfaat Penggunaan Dashboard

dashboard adalah

Jika dirangkum secara umum, manfaat penggunaan dashboard adalah sebagai berikut.

1. Efisiensi Biaya

Karena secara praktis membantu Anda untuk membaca data lebih cepat, maka banyak waktu yang akan dihemat untuk urusan ini. Kemudian biaya yang dikeluarkan juga lambat laun akan menurun, seiring semakin efisiennya penggunaan waktu dan sumber daya yang dimiliki untuk berbagai urusan bisnis.

2. Proses Monitoring yang Lebih Cepat

Kemudahan dalam melakukan monitoring akan didapat ketika Anda menggunakan dashboard untuk urusan pengelolaan bisnis Anda. Data-data yang dimiliki dapat langsung disajikan, atau diolah terlebih dahulu sebelum disajikan pada bagian halaman utama.

Baca juga:  Jangan Malas! Yuk, Terapkan Gaya Hidup Sehat di Era Pandemi

Data yang tersaji dengan grafik dan metrik secara lebih cepat bisa dicerna oleh siapapun yang memerlukannya, sehingga Anda bisa melakukan pengamatan cepat dan tepat.

3. Pengambilan Keputusan

Pada kondisi tertentu, keputusan cepat perlu diambil untuk memanfaatkan momentum atau untuk menghindari risiko yang lebih besar. Tentu tak lagi ada banyak waktu untuk kondisi seperti ini bukan?

Maka dengan sajian data yang mudah dipahami, keputusan bisa dengan cepat dan tepat diambil untuk keluar dari kondisi sulit, atau memanfaatkan kesempatan yang tersedia.

4. Optimasi Pengelolaan Data

Dalam rangka mengelola data yang dimiliki, dashboard adalah jawaban yang mungkin Anda perlukan. Prosesnya praktis, dapat diakses oleh banyak pihak sekaligus, dan perubahan data secara langsung akan tersaji di sana.

Jika diperlukan transfer data untuk digunakan di platform lain, dashboard juga dapat mengakomodir hal ini dengan mudah.

5. Deteksi Problem

Terkadang apa yang diperlukan sebuah bisnis adalah deteksi dini pada potensi masalah yang dimiliki. Dashboard dapat menampilkan data dan kondisi terkini, sehingga ketika ada yang tidak beres Anda bisa lekas mengetahui, dan mencari solusinya.

6. Meningkatkan Kualitas Customer Experience

Penggunaan dashboard untuk pengolahan data pelanggan juga akan membantu meningkatkan customer experience secara langsung. Terlebih jika dashboard ini kemudian diterapkan pada pelayanan kepada pelanggan, sehingga pelanggan mendapatkan banyak kemudahan dan semakin praktis dalam melakukan transaksi.

Perhatikan Elemen Penting yang Wajib Ada

Untuk membuat dashboard yang efektif dan efisien, ada beberapa elemen yang wajib disematkan di dalamnya. Beberapa elemen tersebut secara singkat adalah sebagai berikut.

  • Database dengan akses yang dapat dikelola
  • Keterangan editing data terakhir kali, terkait waktu dan akun yang meng-update-nya
  • Lembar analisa baru
  • Komparasi data
  • Progres rencana dan agenda
  • Catatan laporan dan capaian
  • KPI masing-masing project dan keterangan progresnya
  • Ekspor atau impor data
  • Pengelolaan data
  • Pencarian data

Baca Juga:  Lebih Dalam Memahami Profit Margin dan 5 Cara Meningkatkannya

Karena dashboard adalah faktor yang dapat menunjang kelancaran bisnis Anda, ada baiknya Anda mengoptimalkan fitur ini di dalam bisnis yang Anda miliki. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas!