Daya Tarik Kampung Warna Warni yang Ada di Indonesia

Kalau kamu adalah pengguna aktif sosial media khususnya Instagram, mungkin kamu pernah melihat destinasi Kampung Warna Warni yang sedang ramai dibicarakan. Bukan hanya satu rumah saja yang dicat, tapi hampir satu kampung. Tentu saja hal ini cukup menarik dan menyita perhatian banyak orang.

Sebenarnya konsep Kampung Warna Warni bukanlah sebuah hal yang baru, lho. Ada banyak Kampung Warna Warni Instagramable yang bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Penasaran kan ada di daerah mana saja? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Kampung Warna Warni di Indonesia

Daripada penasaran, di bawah ini akan ditampilkan Kampung Warna Warni yang ada di Indonesia. Bisa jadi salah satunya ada yang dekat dengan daerah tempat tinggalmu.

1. Kampung Code, Yogyakarta

kampung warna warni
Sumber: http://bukanrastaman.com/

Kampung Code yang terletak di Yogyakarta dianggap sebagai pelopor dalam penataan kampung di bantaran sungai. Pencetusnya adalah Romo Mangunwijaya yang secara sukarela mengajak mahasiswa, relawan, dan para warga untuk merubah kampung yang dulunya kumuh menjadi lebih tertata rapi. Awalnya, Romo mengajak para penduduk yang rumahnya membelakangi sungai untuk diarahkan menghadap ke sungai. Hal ini dilakukan agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan di sungai. Lalu hasilnya sangat luar biasa, di mana Kampung Code yang awalnya kumuh berhasil memenangkan penghargaan Aga Khan Award pada tahun 1992 silam di bidang arsitektur. Kampung Code bahkan semakin indah setelah rumah-rumah di sana dicat berwarna-warni pada tahun 2015. Tentunya hal ini semakin menambah keindahan Kampung Code, dan termasuk ke dalam jajaran Kampung Warna Warni di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga:  Apa Itu CVT pada Motor Matic? Ketahui Gejala Kerusakannya

2. Kampung Jodipan, Malang

kampung warna warni
Sumber: https://pariwisataindonesia.id/

Setelah Kampung Code, kemudian juga muncul Kampung Warna Warni di Kampung Jodipan, Malang. Meskipun masih tergolong baru, namun Kampung Jodipan langsung terkenal seantero Indonesia, lho. Hal itu karena memang kampung yang terletak di Malang Kota ini sangat menarik dengan cat berwarna-warni yang indah. Kabarnya, Kampung Jodipan juga menginspirasi terbentuknya Kampung Warna Warni di daerah yang lainnya.

Di area Kampung Jodipan juga terdapat sebuah lorong yang atasnya ditutupi payung seolah payung tersebut terbang. Lorong tersebut dihiasi dengan beraneka ragam payung dengan warna-warna ceria. Tentu saja lorong payung ini juga dapat menjadi spot foto yang sangat menarik. Lalu ada jembatan kaca yang dibuat melintasi Kali Brantas. Meskipun kecil, tapi jembatan kaca ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari wisata Kampung Jodipan.

3. Kampung Pelangi, Semarang

kampung warna warni
Sumber: https://www.kepogaul.com/

Ada juga Kampung Pelangi yang terletak di Desa Wonosari, Semarang. Meskipun masih tergolong baru, namun kampung ini juga mendadak viral setelah media Internasional selevel Bored Panda dan Daily Mail mengulas tentang kampung yang satu ini. Dengan demikian, Kampung Pelangi tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga di dunia Internasional.

Kampung Pelangi di Semarang ini tampaknya mengikuti jejak sukses Kampung Jodipan di Malang. Dengan strategi yang hampir mirip, kampung yang sebelumnya dikenal dengan Kampung Wonosari ini dengan cepat menarik perhatian dunia. Semenjak kampung ini berubah menjadi berwarna seperti Pelangi, akhirnya banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke sana. Kebanyakan dari mereka tahu keberadaan Kampung Pelangi Semarang dari sosial media. Biasanya para wisatawan datang pada pagi ataupun sore hari untuk berburu foto atau sekadar selfie.

4. Kampung Warna, Banyuwangi

kampung warna warni
Sumber: https://jelajahnesia.com/

Tak mau ketinggalan dengan tren Kampung Warna Warni, Banyuwangi juga membangun Kampung Warna yang terletak di bantaran Sungai Kalilo. Sama seperti kampung warna lainnya, kampung ini dulunya merupakan kawasan yang kumuh dan banyak warga kampung yang membuang sampah sembarangan di sungai. Namun, setelah kini kampung tersebut sudah berbenah dan bahkan menjadi lebih cantik dengan warna-warninya yang indah. Berbeda dengan kampung warna yang lainnya, kampung ini juga dilengkapi dengan CCTV untuk mencegah warga membuang sampah atau bahkan buang hajat di sungai.

Baca juga:  6 Museum di Jakarta yang Paling Asyik dan Menarik Dikunjungi

5. Kampung Teluk Seribu, Balikpapan

kampung warna warni
Sumber: https://web.avianbrands.com/

Berbeda dengan Kampung Warna Warni lainnya yang terletak di pinggiran sungai, Kampung di Teluk Seribu, Balikpapan ini justru terletak di tepi laut. Kampung ini juga menjadi terkenal karena selain bisa berfoto, para pengunjung juga bisa mampir ke hutan mangrove yang terletak tidak jauh dari kampung. Selain itu, yang lebih menarik dari kampung ini adalah banyaknya trick art yang ada di tembok-tembok rumah warga.

Itu dia ulasan singkat seputar daya tarik Kampung Warna Warni yang ada di Indonesia. Bisa jadi kedepannya akan banyak bermunculan Kampung Warna Warni lainnya di Indonesia. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa ide semacam ini juga bisa menjadi sebuah cara yang efektif untuk memajukan perekonomian masyarakat yang sebelumnya hanyalah sebuah perkampungan kumuh.