Kenali 9 Tanda Tubuh Butuh Detox, Begini Cara Mudah Melakukannya!

Mungkin kamu penasaran, kenapa tubuh perlu detoksifikasi? Sebelum membahas apa saja tanda tubuh membutuhkan detoksifikasi, kamu memang harus tahu dulu alasan melakukan detox tubuh. Detox adalah salah satu cara untuk mengeluarkan racun yang sudah ada di dalam tubuh.

Sebenarnya, tubuh mempunyai organ khusus untuk menyaring racun yaitu hati dan pankreas. Ketika hati dan pankreas sudah terlalu banyak racun, maka tentunya tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Biasanya, gangguan kesehatan ini memang dianggap umum dan tidak membahayakan. Akan tetapi jika dibiarkan tubuh lama kelamaan, maka akan menjadi lemah karena terlalu banyak racun di dalamnya.

Melakukan detox adalah sangat penting, terutama bagi kamu yang sering konsumsi junk food atau makanan yang kurang sehat. Makanan ini banyak sekali mengandung racun untuk tubuh. Maka, dengan melakukan detox setidaknya racun dalam tubuh akan berkurang dan tubuh akan kembali sehat.

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Butuh Detoksifikasi

detox adalah
Sumber: Freepik

Ketika tubuh sudah terlalu banyak racunnya maka tubuh akan memberikan tanda, nah berikut ini adalah tanda tubuh perlu detox yang harus kamu ketahui.

1. Kamu Menjadi Mudah Mood Swing

Kalau kamu mudah mengalami mood swing, berarti ini adalah tanda tubuh perlu detoksifikasi. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon, di mana racun seperti xenoestrogen akan mengganggu hormon tubuh karena sifatnya yang menyerupai hormon estrogen. Senyawa ini biasa dapat ditemukan pada benda plastic yang mengandung BPA.

2. Aroma Keringat yang Menjadi Kurang Sedap

Berikutnya, tanda tubuh butuh detox adalah aroma keringat. Keringat menjadi salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun. Itu artinya, semakin kurang sedap bau keringat kamu maka semakin banyak racun yang dikeluarkan. Kamu harus waspada ketika mencium aroma keringat yang kurang sedap dari biasanya, karena hal ini bisa jadi tanda tubuh sudah terlalu banyak racun..

Baca juga:  Hamil Muda? Ini Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Biasa Terjadi

3. Sulit Tidur dan Tidak Nyenyak

Tanda tubuh kebanyakan racun yang berikutnya adalah tidak bisa tidur atau tidur menjadi tidak nyenyak. Tidur yang kurang nyenyak dapat disebabkan oleh tubuh yang terlalu banyak memproduksi hormon kortisol, di mana hormon kortisol ini adalah hormon stres yang biasanya aktif di malam hari.

Jika tubuh kebanyakan hormon ini, maka tentunya respon tubuh adalah tidak bisa tidur dengan nyenyak. Meskipun sudah bisa tidur, namun tetap saja tidurnya tidak nyaman dan semakin gelisah. Apabila hal ini terjadi, maka itu tandanya kamu membutuhkan detoksifikasi tubuh.

4. Menjadi Lebih Mudah Lelah dan Tidak Fokus

Salah satu sinyal tubuh membutuhkan detox adalah kamu merasa mudah lelah dan tidak fokus. Hal ini bisa terjadi ketika kamu sudah terlalu banyak konsumsi makanan berlemak dan banyak mengandung gula. Perlu diketahui, tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mengolah dua bahan ini. Jika tubuh sudah kebanyakan gula dan lemak, itu artinya kamu harus segera melakukan detoksifikasi sehingga tubuh akan kembali sehat dan kamu tidak akan mudah kelelahan.

5. Adanya Gangguan Pencernaan

Tanda lainnya tubuh membutuhkan detox adalah kamu mengalami gangguan pencernaan yang bisa berupa sembelit atau sulit buang air besar. Selain itu, sering mual dan kentut juga termasuk tanda tubuh membutuhkan detox karena sudah banyak racun di dalamnya. Racun di dalam tubuh akan mempengaruhi microba yang ada di dalam usus, sehingga akibatnya usus tidak bisa bekerja secara maksimal sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan.

6. Berat Badan Mudah Naik dan Sulit Turun

Tanda tubuh perlu detoksifikasi lainnya adalah kenaikan berat badan. Bagi kamu yang mudah mengalami kenaikan berat badan namun sangat sulit untuk menurunkannya sudah pasti perlu menjalani program detoksifikasi. Kamu harus memperbaiki makanan dan juga pola hidup, ya!

7. Wajah Menjadi Mudah Berjerawat

Tubuh yang sudah terlalu banyak racun juga akan memberikan sinyal pada kesehatan kuli, termasuk kulit wajah. Kulit wajah akan lebih mudah berjerawat ketika hormon dalam tubuh tidak seimbang, di mana ketidakseimbangan hormon ini bisa disebabkan oleh menumpuknya racun dalam tubuh.

Baca juga:  Benarkah Hyaluronic Acid Ampuh untuk Merawat Kulit?

Jika biasanya kamu tidak mudah berjerawat tapi sekarang menjadi jerawatan, maka segeralah untuk melakukan detoksifikasi. Dengan melakukan detox, maka asupan nutrisi dalam tubuh akan kembali optimal, sehingga hal ini tentu berdampak baik pada kesehatan tubuh dan kulit.

8. Sering Merasa Pusing Tanpa Sebab

Tanda butuh detox lainnya adalah kamu sering merasakan pusing tanpa sebab. Sebenarnya, pusing sangat wajar terjadi ketika tubuh merasakan kelelahan ataupun sedang sakit. Namun jika pusing terus menerus dirasakan dan datangnya tanpa sebab, maka bisa jadi tubuh sudah terlalu banyak racun.

Merasa pusing tanpa sebab menjadi tanda jika racun sudah menyebar ke seluruh tubuh bahkan ke otak. Maka dari itu, sebaiknya kamu segera melakukan detox jika sering merasakan pusing tanpa sebab.

9. Jadwal Menstruasi yang Tidak Teratur

Khusus perempuan, salah satu tanda tubuh membutuhkan detox adalah jadwal menstruasi yang tidak teratur. Jika awalnya jadwal menstruasi kamu rutin setiap bulan, namun beberapa bulan ini menjadi tidak teratur maka ini adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan detox. Menstruasi yang tidak teratur dapat dipengaruhi oleh hormon yang tidak stabil. Terlalu banyak racun dalam tubuh juga dapat menyebabkan gangguan hormon.

Bagaimana Cara Mudah Melakukan Detox Tubuh?

detox adalah
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui apa itu detox dan tanda-tanda tubuh membutuhkan detoksifikasi, sekarang waktunya membahas bagaimana cara melakukannya.

Perlu dipahami, bahwa melakukan detox tubuh tidak harus menyiksa diri dengan menahan lapar. Justru, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Adapun beberapa langkah yang bisa diterapkan dalam upaya detox adalah sebagai berikut:

  • Konsumsi jus detox yang terdiri dari buah dan sayuran. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah seperti anggur hijau yang mengandung banyak serat.
  • Hindari makanan olahan yang tinggi gula dan garam.
  • Stop konsumsi kafein sementara waktu.
  • Jauhi konsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Lakukan aktivitas olahraga secara rutin.
  • Perbanyak konsumsi protein yang terkandung dalam ikan, daging ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan.
  • Tidak perlu menghindari gluten saat detox, sebab tubuh tetap membutuhkan biji-bijian utuh untuk melawan kolesterol dan sekaligus bantu membuang racun.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa berpuasa dalam upaya detoksifikasi. Berpuasa merupakan cara efektif untuk detox tubuh. Pasalnya, dengan berpuasa artinya kamu dapat mengistirahatkan organ-organ tubuh yang terus-menerus bekerja, seperti lambung, hati, pankreas, usus besar, dan usus halus. Setelah puasa, organ-organ pencernaan tersebut dapat memulihkan kembali fungsinya dan bekerja secara lebih optimal.