dry bag
Sumber: Freepik

Kenali 5 Fungsi Dry Bag, Tips Memilih, dan Cara Merawatnya

Dry Bag merupakan tas tahan air dengan penutup roll-top di salah satu ujung tasnya, yang dapat dilipat beberapa kali untuk membuat tas benar-benar tahan air. Tas jenis ini menjadi barang wajib bagi para pendaki ketika mereka sedang naik gunung, menyelam, atau kegiatan outdoor lainnya.

Pada umumnya, bentuk Dry Bag adalah silindris seperti tabung, di mana bagian atas dapat dilipat minimum tiga kali dan dikunci, tanpa ada resleting atau penutup lainnya.

Dengan bahan PVC atau Tarpaulin, udara yang ada di dalam tas ini akan terperangkap dan tidak bisa keluar, sehingga tas akan mengembang jika terjatuh di air, dan bentuknya seperti galon air. Bagi orang awam, bahan PVC atau Tarpaulin ini mungkin dianggap kurang lebih sama dengan bahan perahu karet atau banana boat, hanya ketebalannya saja yang membedakannya.

Apa Kegunaan dan Fungsi Dry Bag?

Beberapa kegunaan dan fungsi Dry Bag di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tas jenis ini dapat digunakan untuk banyak hal, contohnya adalah ketika kamu ingin berkemah ke suatu tempat, tas ini dapat berfungsi untuk menyimpan tenda dan peralatan berkemah yang lain.
  2. Melindungi peralatan dari hujan. Peralatan berkemah yang kamu bawa juga akan tetap kering karena tas ini memiliki bahan yang tidak dapat tembus air.
  3. Melindungi peralatan dari debu, kotoran, dan juga sinar UV.
  4. Memisahkan tenda yang basah jika terkena hujan dengan peralatan yang lain. Biasanya, tas jenis ini memiliki kantong khusus untuk menyimpan tenda secara terpisah.
  5. Tas ini dapat mengangkut beban yang sangat berat dan keawetannya sangat terjamin.
Baca juga:  Intip Keindahan Pantai Pasut di Tabanan, Bali!

Bagaimana Tips Memilih Dry Bag yang Tepat?

dry bag
Sumber: Freepik

Kamu memerlukan Dry Bag yang bisa menyimpan sekaligus melindungi peralatan kamu dari basah pada saat melakukan berbagai macam aktivitas di luar ruangan. Nah, kamu bisa memilih Dry Bag terbaik yang kamu butuhkan dengan memerhatikan lima langkah ini:

1. Tentukan Model Tas Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memilih tas adalah menentukan model yang pas. Setidaknya, ada tiga model Dry Bag yang bisa jadi pilihan, yaitu ada model Dry Bag Silinder yang paling banyak digunakan karena simple dan pas untuk cukup banyak barang. Ada juga Dry Backpack berbentuk tas punggung yang bisa memuat lebih banyak barang. Ada pula Dry Pouch yang lebih simple untuk sekadar menyimpan barang berharga seperti handphone dan kartu-kartu dengan modelnya yang diikat di pinggang.

2. Pilih Ukuran yang Pas

Ukuran juga menjadi hal penting berikutnya. Pilihlah ukuran tas yang memang pas untuk kamu gunakan. Kamu bisa menyesuaikan dengan ukuran tubuh dan juga kemungkinan banyaknya barang yang akan kamu simpan. Pada umumnya, tas initerdiri dari beberapa ukuran dalam format liter, di mana variasi ukuran tergantung pada merek. Ada yang punya ukuran 5L sampai dengan 40L dalam kelipatan 10.

3. Periksa Material yang Digunakan dan Ketahanannya

Dry Bag yang bagus juga dapat dilihat dari material pembuatnya. Ini menjadi hal yang harus dicermati. Tas jenis ini paling umum menggunakan material PVC atau Tarpaulin yang sama dengan material pembuat perahu karet dan 70D nylon yang lebih ringan. Tentu saja semakin tebal, tas jenis ini akan semakin punya ketahanan terhadap air maupun terhadap gesekan dengan benda kasar. Perhatikan betul-betul ketika memilihnya, ya!

4. Perhatikan Segelnya!

Hal terpenting berikutnya yang kamu cari dari Dry Bag adalah kemampuannya melindungi barang-barang di dalamnya. Untuk ini, kamu wajib memastikan bagaimana sistem segelnya bekerja. Untuk model silinder, segel dilakukan dengan cara melipat bagian atas minimal tiga lipatan. Jangan lupa untuk mengujinya terlebih dahulu di air dangkal di rumah sebelum betulan menggunakannya di laut untuk menyelam, atau melakukan kegiatan mountaineering, ya!

5. Jangan Lupa Pertimbangkan Harganya

Ada uang ada barang rasanya berlaku untuk banyak produk, termasuk juga saat hendak membeli Dry Bag. Biasanya, merek dan fitur-fitur yang dimiliki sebuah Dry Bag akan menentukan harganya, jadi jangan tertipu dengan harga yang kemahalan, dan jangan terlena dengan harga yang kemurahan, ya!

Cara Merawat Dry Bag Agar Awet

Supaya Dry Bag kesayangan kamu tetap awet, usai menggunakannya sebisa mungkin untuk segera bersihkan tas yang terkena noda atau kotoran sebelum kamu menyimpannya kembali di dalam almari atau rak penyimpanan. 

Baca juga:  Fakta Menarik di Malioboro yang Perlu Kamu Tahu

Kemudian, pastikan kamu menyimpannya dengan baik, ya! Menyimpan tas ditempat yang lembab sangat beresiko untuk menyebabkan tumbuhnya jamur hingga akan mengakibatkan permukaannya bisa mengelupas dan membuat warnanya berubah menjadi pudar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sebaiknya simpan tas ini dalam suhu ruangan yang kering.

Rekomendasi Dry Bag Terbaik

dry bag
Sumber: Intagram/eigeradventure

Sumber: Instagram/EigerAdventure

Ada banyak sekali Dry Bag yang dijual di pasaran. Kamu bisa pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan, selera, serta budget. Beberapa merek yang menawarkan tas ini di antaranya adalah:

  • Eiger Dry Bag 25 Liter, cocok digunakan saat bertualang ke alam terbuka, seperti pantai atau pegunungan.
  • Rei Granite Gear Voyageur Waterproof Portage Pack, Dry Bag berbentuk ransel yang memiliki kapasitas 80 liter sehingga kamu dapat memasukkan banyak barang sekaligus ke dalamnya.
  • Naturehike Dry Bag Separation 15L, dengan desain selempang yang nyaman digunakan.
  • BNIX Dry Bag, tas berkapasitas kecil yang bisa digunakan sehari-hari, cocok dibawa saat bersepeda, memancing, hingga berkemah.
  • Silverwear Dry Bag, terbuat dari bahan anti air yang berkualitas tinggi sehingga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.
  • Kalibre Dry Bag 4L, yang dapat dijinjing dan memiliki satu bagian utama. Saat tidak menggunakannya, produk ini juga dapat dilipat hingga ukurannya kecil.
  • Decathlon Itiwit Dry Bag, tas kedap air yang tahan percikan dan semprotan, yang bisa dibawa di belakang layaknya tas ransel.

Bagaimana, sekarang sudah tidak bingung lagi mengenai fungsi, tips memilih, cara merawat, hingga rekomendasi Dry Bag, bukan?

Rishna Maulina

Share