Kenali 13 Efek Begadang bagi Kesehatan, Atasi Sekarang Juga!

Siapa yang sering begadang? Ayo tunjuk diri! Memangnya, apa sih alasan kenapa selama ini kamu sering begadang hingga larut malam? Sudah tahu belum, kalau efek begadang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, lho.

Sebelum mengetahui apa saja efek begadang, cari tahu dulu yuk apa yang dimaksud begadang dan apa saja faktor penyebabnya.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), arti begadang adalah berjaga tidak tidur sampai larut malam. Pada umumnya tubuh manusia sudah diatur sedemikian rupa dengan jam biologis (ritme sirkadian), di mana pada saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas.

Nah, kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis kamu. Kalau jam biologis berubah, maka akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula. Dengan begitu meskipun tubuh kamu tidur 8 jam per hari, namun jika kamu tidak tidur pada malam hari tentu hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kamu.

Apa Sih Penyebab Begadang?

Tidak terbatas pada gaya hidup saja, berikut ini adalah beberapa hal lain yang bisa meningkatkan risiko begadang.

  • Faktor usia. Orang yang berusia 65 tahun ke atas dapat mengalami kurang tidur karena faktor usia, obat yang dikonsumsi, atau kondisi medis yang diderita.
  • Kondisi medis tertentu, Kekurangan tidur cukup umum dialami oleh para penderita depresi, skizofrenia, sindrom nyeri kronis (chronic pain syndrome), kanker, stroke, dan penyakit Alzheimer.
  • Gangguan tidur. Insomnia, sleep apnea, narkolepsi, dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome) dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit dan kurang tidur.
  • Faktor lain. Terkadang, begadang juga bisa disebabkan stres dan perubahan jadwal. Seorang ibu yang baru melahirkan juga bisa kurang tidur karena kehadiran bayi yang mengubah jadwal tidurnya.

Apa Efek Begadang bagi Kesehatan?

efek begadang
Sumber: Freepik

Begadang menjadi salah satu kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Selain menimbulkan rasa kantuk dan lelah, efek begadang bagi kesehatan dapat membawa banyak dampak buruk, bahkan bisa berujung kematian dini.

Baca juga:  SLS: Definisi, Manfaat, 7 Efek Samping, dan Jenis Produknya

Berikut ini adalah efek begadang yang tidak boleh disepelekan. Cek satu per satu, ya!

  1. Begadang dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat mengemudi di jalan raya.
  2. Kurang tidur dan rendahnya kualitas tidur juga bisa mengakibatkan kecelakaan dan cedera di tempat kerja.
  3. Mengingat tidur memiliki peran penting dalam proses kognitif, seperti berpikir dan belajar, maka jika kamu kurang tidur, proses ini tentunya bisa terganggu.
  4. Kurang tidur juga berpotensi mengganggu perhatian, kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, hingga kemampuan memecahkan masalah. Hal ini bisa membuat kamu sulit belajar dengan efisien.
  5. Selain itu, tidur juga mempunyai peran dalam memperkuat ingatan. Jika tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka akan sulit bagi kamu untuk mengingat apa yang dipelajari dan dialami sepanjang hari.
  6. Gangguan tidur dan kekurangan tidur kronis juga dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, detak jantung tak beraturan, tekanan darah tinggi, stroke, hingga diabetes.
  7. Salah satu efek begadang bagi pria dan wanita yaitu dapat menurunkan gairah seksual alias libido.
  8. Selama tidur, sistem imun akan memproduksi senyawa antibodi dan sitokin yang bertugas untuk melawan bakteri serta virus. Jadi, begadang juga menyebabkan sistem imun melemah.
  9. Bahaya begadang bagi kesehatan juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan bipolar.
  10. Efek begadang juga dapat mengakibatkan obesitas dan kesulitan mengontrol berat badan.
  11. Tidur membantu tubuh memproduksi dan mengontrol kadar dari beberapa hormon di dalam tubuh dengan benar, sehingga efek begadang dapat membuat seseorang lebih rentan mengidap masalah hormon.
  12. Efek begadang bagi wajah akan menyebabkan kulit kendur, munculnya garis-garis halus di kulit, dan lingkaran hitam di bawah mata.
  13. Efek begadang yang paling berbahaya adalah dapat meningkatkan risiko kematian dini. Hanya saja, risiko kematian dini akibat kurang tidur kemungkinan terjadi secara tidak langsung.

Seperti Apa Jam Tidur yang Paling Ideal?

Agar terhindar dari berbagai dampak negatif dan efek begadang, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan jam tidur dengan baik setiap harinya. Berikut ini adalah jam tidur yang paling ideal berdasarkan usia.

  • Untuk usia prasekolah (3-5 tahun), jam tidur yang baik antara 10-13 jam setiap hari, termasuk tidur siang.
  • Usia sekolah (6-12 tahun), jam tidur yang baik antara  9-12 jam setiap hari.
  • Untuk remaja (13-18 tahun), jam tidur yang baik antara  8-10 jam setiap hari.
  • Sedangkan untuk orang dewasa (18-60 tahun), jam tidur yang baik adalah 7 jam atau lebih setiap hari.
Baca juga:  8 Cara Mengatasi Tangan Pegal Akibat Mengetik

Untuk memenuhi jam tidur di atas, sebaiknya Anda jangan begadang jika memang tidak ada keperluan yang mendesak, ya!

Tips Mengurangi Efek Begadang yang Berbahaya

efek begadang
Sumber: Freepik

Jika selama ini kamu sering begadang dan sulit untuk terlelap, berikut ini ada beberapa tips dan cara mengatasi sulit tidur yang bisa dicoba, antara lain:

  • Coba luangkan waktu untuk relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Aktivitas ini akan memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga kamu akan lebih mudah terlelap. Beberapa aktivitas menenangkan, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama yang pelan juga bisa membuatmu tidur lebih nyenyak, lho.
  • Tips berikutnya, hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Pasalnya, jenis makanan ini dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat.
  • Selain itu, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur. Sebab, berbagai jenis minuman tersebut akan membuat kamu lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. 
  • Antisipasi perubahan jam tidur saat bepergian dan bekerja, dengan cara mengatur jadwal kegiatan sehari-hari serta usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.
  • Jangan lupa, ciptakan kamar tidur yang nyaman.

Selain pola tidur yang baik, penerapan pola hidup sehat juga sangat penting untuk dilakukan. Mulai dari mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap harinya. Yuk, mulai sekarang semangat untuk menerapkan pola hidup sehat!