event sumpah pemuda
Ilustrasi Sumpah Pemuda (Sumber: Freepik)

Intip 8 Ide Kegiatan untuk Event Sumpah Pemuda di Sekolah!

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini merupakan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-95. Tujuan dari event sumpah pemuda ini adalah untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi di seluruh tanah air. Maka dari itu, seluruh masyarakat penjuru tanah air turut merayakan momen ini dengan mengadakan kegiatan positif yang mampu meningkatkan jiwa nasionalisme serta mempererat persatuan.

Tidak hanya di masyarakat, sekolah dan kantor pun juga ikut merayakan event ini dengan berbagai macam kegiatan yang seru dan menyenangkan. Lantas, kegiatan seperti apa yang dapat kita lakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda? Berikut rekomendasi kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi Hari Sumpah Pemuda.

event sumpah pemuda
Sumber: iStockPhoto

8 Ide Kegiatan untuk Event Sumpah Pemuda di Sekolah

1. Berpakaian Tradisional

Kegiatan ini dapat kita lakukan pada puncak event Sumpah Pemuda. Ide menggunakan pakaian tradisional ini dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah. Apalagi, tren berkain sedang marak dilakukan oleh anak muda di Indonesia. Dalam tren berkain ini, mereka menggunakan batik dan kain tradisional sebagai outfit di hari tertentu. Jadi, berpakaian tradisional pada Hari Sumpah Pemuda ini merupakan hal yang sangat menarik untuk dicoba.

Baca juga:  Memahami Arti Riding Motor, Terapkan 5 Tips Safety Riding Ini!

2. Mengadakan Lomba

event sumpah pemuda
Sumber: iStockPhoto

Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, banyak sekali lomba-lomba yang bisa kalian lakukan sebagai bentuk perayaan. Seperti lomba peragaan busana, lomba puisi, lomba pidato, lomba membuat poster, dan masih banyak lagi. Dengan adanya lomba ini, para siswa diharapkan dapat menyalurkan hobi yang mereka miliki.

3. Membaca Buku Bersama

Kegiatan ini menjadi bagian untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, terutama untuk para siswa. Apalagi jika buku yang dibaca bertajuk sejarah, khususnya mengenai hari Sumpah Pemuda ini. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mempererat tali kebersamaan serta meningkatkan minat baca siswa di sekolah.

4. Seminar Atau Diskusi Bersama

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan pada hari Sumpah Pemuda adalah mengadakan seminar ataupun diskusi bersama. Temanya juga tidak hanya sebatas dengan sejarah Sumpah Pemuda saja, melainkan peran pemuda atau cara pemuda memaknai hari tersebut. Dengan begitu, para siswa akan terasah pemikirannya tentang pengetahuan sejarah Sumpah Pemuda.

5. Upacara Bendera

Meskipun upacara bendera sering dilakukan setiap hari Senin ataupun hari-hari nasional lainnya, lakukanlah dengan cara berbeda. Misalkan, petugas upacara yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, makna upacara dalam memperingati Sumpah Pemuda ini bisa lebih dipahami oleh siswa di sekolah.

6. Gotong Royong Membersihkan Sekolah

Kerja bakti merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh warga sekolah dalam merayakan momentum Sumpah Pemuda. Kegiatan ini sangat positif karena mampu meningkatkan kesadaran tentang kebersihan dan kerapian di sekolah. Selain itu, kerja bakti juga dapat memupuk rasa persaudaraan dan keakraban bagi setiap siswa dan guru yang terlibat.

Baca juga:  Bermanfaat, Gimana Sih Cara Menerapkan Sustainable Fashion?

7. Drama Teatrikal

Drama bisa menjadi media yang efektif untuk merepresentasikan sejarah dalam bentuk yang menarik. Siswa dapat melakukan adaptasi dari peristiwa Kongres Pemuda II, memainkan peran para pemuda yang berpartisipasi, dan menghidupkan kembali momen bersejarah tersebut di hadapan siswa dan guru yang menontonnya.

8. Olahraga Bersama

event sumpah pemuda
Sumber: iStockPhoto

Mengadakan turnamen olahraga antar kelas di sekolah dapat menjadi cara untuk meningkatkan persatuan dan kebersamaan di antara para siswa. Dengan semangat Sumpah Pemuda, siswa bisa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan. Lomba olahraga yang bisa dilakukan seperti lomba lari estafet, lomba tarik tambang, dan lomba-lomba lain yang mengedepankan kekuatan fisik. Kamu juga bisa melakukan senam bersama.

Nah, itulah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi event Sumpah Pemuda di tahun ini. Semangat pemuda yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda bisa menginspirasi siswa untuk lebih berkontribusi dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Meski bukan lagi berjuan untuk memenangkan perang ataupun kemerdekaan, tak ada salahnya untuk tetap memahami makna dari Sumpah Pemuda.

Mia Atika

Add comment

Share