eyelash extension
Sumber: Freepik

Seba-serbi Eyelash Extension: Ini Manfaat dan 5 Efek Sampingnya

Salah satu tren kecantikan yang dipilih sebagian wanita adalah eyelash extension. Cara ekstensi bulu mata ini dilakukan untuk mendapatkan hasil bulu mata yang lentik dan lebat tanpa harus mengaplikasikan eyelash falsies (bulu mata palsu) atau maskara. Namun di sisi lain, eyelash extension memiliki risiko seperti iritasi, infeksi, hingga kerusakan bulu mata asli karena teknik yang buruk. Prosesnya yang cukup mahal namun memberi hasil bulu mata indah yang diinginkan, akankah prosedur kecantikan ini patut kamu coba? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Eyelash Extension adalah…

DIlansir dari laman Byrdie, eyelash extension merupakan serat semi permanen yang dipasang pada bulu mata alami untuk membuat pinggiran bulu mata terlihat lebih panjang, penuh, dan lebih gelap. Ekstensi bulu mata diterapkan pada setiap helai bulu mata alami menggunakan lem semi permanen yang diformulasikan tidak akan mengiritasi. 

Bahan serat bulu mata sintetis yang digunakan  seperti dari mink, faux mink, atau sutra. Dalam prosedur ini, biasanya salon menawarkan variasi panjang ekstensi, pola ikal, dan pewarnaan yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Apa Manfaat Melakukan Eyelash Extension?

Sumber: Freepik

Ada beberapa manfaat yang dirasakan ketika kamu memilih prosedur eyelash extension. 

1. Dengan ekstensi bulu mata, kamu akan terbangun setiap hari dengan bulu mata yang panjang, lentik, dan indah. Prosesnya sangat efektif untuk membantu menyempurnakan tampilan mata dan terlihat memukau bagi semua yang melihatnya.

2. Penampilan bulu mata yang di ekstensi bisa kamu sesuaikan sepenuhnya. Bisa selami atau sedramatis yang kamu ingin. Cukup sampaikan kepada lash artist untuk menentukan seberapa panjang dan ikal ekstensi yang ideal.

Baca juga:  Penyebab Muncul Jerawat di Wajah, Ada 8 Spot Berbeda

3. Virtually waterproof. Setelah 48 jam pertama bulu mata ekstensi terpasang, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa takut copot. Mulai dari berenang, mandi, dan aktivitas berkeringat. 

4. Prosedur ekstensi yang dilakukan 100% tanpa rasa sakit dari awal hingga akhir.

5. Dermatologist, ahli bedah plastik, dan ahli kecantikan setuju bahwa sebagian besar ekstensi aman, walaupun ada risiko iritasi dan infeksi.

Efek Samping dari Prosedur Ekstensi Bulu Mata

Sumber: Freepik

Di samping manfaatnya bagus untuk menyempurnakan tampilan bulu mata yang indah, ternyata eyelash extension memiliki beberapa efek samping yang perlu kamu pahami:

1. Risiko Iritasi dan Infeksi

Risiko utama ekstensi bulu mata adalah iritasi pada mata. Ekstensi pada bulu mata biasanya memerlukan lem untuk menempelkan ekstensi ke folikel alami dan mata sangat sensitif terhadap bahan kimia dalam lem ini. Bahkan banyak bahan hypoallergenic pada produk extension yang masih dapat mengiritasi jaringan dengan membebani atau menarik rambut. 

Untuk mencegah iritasi dan reaksi alergi, ada baiknya kamu melakukan uji tempel pada tangan dengan produk lem perekat. Mintalah kepada lash artist kamu untuk menggunakan perekat bebas lateks dan bebas formaldehida, untuk mencegah iritasi.

2. Memerlukan Investasi Uang dan Waktu

Kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam saat pertama kali lakukan initial set. Setiap dua hingga empat minggu berikutnya kamu juga memerlukan refills setting untuk merawat bulu mata. Untuk setiap prosedur ekstensi bulu mata yang dilakukan, dapat memakan waktu hingga dua jam.

3. Potensi Kerusakan pada Bulu Mata Alami

Sebagus apapun prosedur dan hasil eyelash extension, masih sangat mungkin kamu mengalami kerusakan pada bulu mata. Saat bulu mata alami tumbuh, ekstensi semakin jauh posisinya dari akar bulu mata. Hal ini mempersulit bulu mata alami untuk menipang berat ekstensi, yang menyebabkan kerusakan. Kebiasaan menggesek bulu mata yang terasa gatal juga dapat merusak bulu mata alami.

Baca juga:  Wow! 5 Cara Bikin Alis Natural dan Menawan untuk Beginner

4. Hasil Bulu Mata yang Tidak Rata

Pertumbuhan setiap helai bulu mata berbeda waktunya. Artinya, ada bulu mata yang sedang tumbuh, sementara yang lain bersiap untuk rontok. Setelah dilakukan prosedur ekstensi, beberapa ekstensi bulu mata yang rontok akan diganti dengan bulu mata baru tanpa ekstensi. Hal ini menciptakan efek samping bulu mata tidak rata dan tersebar, apalagi kamu tidak melakukan extension refilled setiap dua atau empat minggu sekali.

5. Terasa Perih Saat Mencuci Muka Pasca Ekstensi

Hindari kebiasaan menggosok mata saat ekstensi bulu mata terpasang. Untuk menghindari perih dan bulu mata rusak, tunggu enam jam pasca prosedur ekstensi jika ingin mencuci muka. Gunakan produk pembersih wajah yang lembut dan ringan.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Bulu Mata

Sumber: Freepik

Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan bulu mata kamu tetap sehat, lembut, dan kuat meskipun menggunakan ekstensi.

1. Selalu Bersihkan Riasan Mata

Pastikan kamu selalu membersihkan riasan mata yang menempel di area mata. Hal ini tentu untuk mencegah penumpukan produk di sekitar bulu mata yang berakibat buruk. Gunakan produk cleanser yang lembut dan ringan di kulit.

2. Hentikan Penggunaan Produk Retinol

Produk retinol dapat meningkatkan sensitivitas bagi sebagian orang, terutama di area yang sensitif seperti mata. Sebaiknya hentikan penggunaan produk retinol acid, dan acne treatment beberapa hari sebelum memenuhi appointment dengan lash artist.

3. Jangan Gunakan Pembersih Berbasis Minyak

Jangan gunakan produk cleanser berbasis minyak saat kamu memiliki ekstensi bulu mata. Produk based oil ini termasuk makeup removers, clenaser, face oil, dan serum. Hal ini karena kandungan minyak dapat menyebabkan lem perekat larut.

4. Hindari Menggosok Mata atau Menyentuh Ekstensi

Semakin sering menyentuh, menarik, dan menggosok, akan semakin lemah ekstensi dan besar kemungkinannya untuk rontok.

5. Jangan Gunakan Penjepit Bulu Mata

Jangan pernah menggunakan penjepit bulu mata mekanis. Jika bulu mata yang di ekstensi mulai tidak lentik, kamu bisa memakai heated eyelash curler untuk mengangkatnya dengan lembut. Maskara boleh digunakan, tetapi hanya pada ekstensi klasik.

6. Posisi Tidur Sebaiknya Miring atau Telentang

Kebiasaan tidur tengkurap dapat menekan dan mempercepat kerontokan bulu mata. Nah, posisi tidur telentang akan membantu mengurangi kemungkinan bulu mata bergesekan dengan bantal, sehingga bulu mata tetap awet dan kuat.

Baca juga: 6+ Tips Lip Care untuk Cerahkan Bibir secara Alami dan Cepat!

Itulah beberapa poin pembahasan mengenai prosedur eyelash extension yang wajib dipahami sebelum melakukannya. Jika kamu tertarik melakukan prosedur untuk tampilan bulu mata yang sempurna, pastikan berkonsultasi dengan ahli kecantikan dan lash artist terpercaya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Add comment

Share