face scrub adalah
Ilustrasi wanita yang menggunakan face scrub (Sumber: iStockPhoto)

Rekomendasi Face Scrub Sesuai Jenis Kulit, Mana Pilihanmu?

Membersihkan wajah menggunakan facial foam saja tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah secara optimal. Face scrub adalah sabun wajah khusus yang diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati dan merawat kulit secara optimal. Kandungan dan butiran face scrub dapat mengeksfoliasi kulit secara optimal sekaligus memperbaiki tekstur kulit dan mencegah masalah kulit seperti pori-pori tersumbat, kulit kusam, berminyak dan komedo. 

Kamu wajib memilih face scrub sesuai jenis kulit untuk menangani masalah kulit wajahmu dengan tepat. Selain itu, gunakan face scrub 1-2 kali seminggu untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit wajahmu dengan tepat. Penasaran kan apa saja rekomendasi face scrub sesuai jenis kulit? Yuk, simak rekomendasi face scrub sesuai jenis kulitmu!

face scrub adalah
Sumber: iStockPhoto

Cara Menggunakan Face Scrub

1. Exfoliate dengan chemical exfoliator

Kulit manusia secara alami mengalami regenerasi teratur, idealnya 21–28 hari. Sel kulit pada akhirnya akan terlepas dalam bentuk lembaran yang halus (flakes). Proses pelepasan sel kulit mati yang teratur dan berkala diperlukan untuk mendapatkan regenerasi kulit yang sehat.  Namun, proses pelepasan sel kulit mati sering kali mengalami gangguan akibat polusi, paparan sinar ultraviolet, dan penggunaan kosmetik tertentu. Hal ini juga tergantung dengan jenis kulit yang berminyak serta pertambahan usia.

Exfoliating adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang bertujuan untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati yang berlebih. Dengan melakukan proses ini, Anda bisa mendapatkan regenerasi kulit yang lebih baik dan sehat. Terdapat dua macam cara untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Pertama adalah dengan chemical exfoliator  seperti exfoliating toner dengan bahan aktif AHA, BHA, ataupun poly HA. Cara yang kedua adalah dengan melakukan facial scrubbing.

2. Facial Scrubbing

Facial scrubbing adalah metode eksfoliasi yang dilakukan secara mekanis dengan cara menggosokkan butiran halus di permukaan kulit. Butiran ini bisa terbuat dari bahan alami seperti oats dan berbagai jenis biji-bijian alami. Selain itu, ada juga butiran microbeads buatan dari bahan yang aman.

Terdapat berbagai tipe scrub yang ada di pasaran yang semuanya tergantung dengan kegunaannya. Makin kecil ukuran butiran yang digunakan, makin lembut dan aman scrub tersebut. Produk seperti ini biasanya diperuntukkan untuk area kulit yang lembut, seperti wajah, ketiak, dan lengan bagian dalam.

Baca juga:  11+ Manfaat Tomat untuk Wajah Cerah dan Awet Muda, Simple Pakainya!

10 Rekomendasi Face Scrub sesuai Jenis Kulit

Di bawah ini adalah 10 produk face scrub sesuai jenis kulitmu, mulai yang normal hingga kombinasi.

1. St Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask

face scrub adalah
Sumber: stives.co.id

St Ives Gentle Smoothing Oatmeal Scrub & Mask bisa jadi face scrub pilihanmu untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit normal, kering dan sensitif. Produk ini merupakan masker sekaligus face scrub yang dapat digunakan untuk merawat semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Butiran face scrub halusnya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati hingga ke dalam pori-pori, melembabkan dan mengurangi minyak berlebih. Kandungan oat membantu menenangkan kulit sensitif, memperbaiki tekstur kulit yang kasar dan menjaga kelembaban alami kulit.

2. Purbasari Lulur Wajah Green Tea with Rice Extract

face scrub adalah
Sumber: Female Daily

Selanjutnya ada Purbasari Lulur Wajah Green Tea with Rice Extract dengan perpaduan kandungan bahan alami yang dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit kombinasi dan berminyak. Face scrub ini mengandung ekstrak green tea dan ekstrak pemutih dari beras yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit hingga ke dalam pori-pori agar tampak bersih, cerah dan bebas kilap.

Kandungan asam tannic pada green tea dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih secara efektif. Selain itu, face scrub ini diperkaya minyak jojoba dan vitamin E untuk menjaga kelembapan kulit. Produk ini memiliki butiran scrub yang lembut mampu membersihkan komedo, mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara optimal.

3. Himalaya Purifying Neem Scrub

face scrub adalah
Sumber: Female Daily

Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, produk ini bisa menjadi pilihan face scrub andalan. Himalaya Purifying Neem Scrub mengandung ekstrak neem yang dikenal manfaat antibakterinya dapat membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori dan mengurangi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Face scrub ini juga diperkaya ekstrak apricot yang dapat membantu mengangkat komedo dan sel kulit mati dan minyak berlebih pada kulit wajah dengan lembut. Gunakan 1-2 kali seminggu pada wajah yang telah dibersihkan, pijat dengan lembut lalu bilas hingga bersih.

4. Emina Apricot Jam Face Scrub

face scrub adalah
Sumber: unidzalika.com

Emina Apricot Jam Face Scrub mengandung esktrak buah aprikot yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan optimal. Produk ini cocok untuk kamu yang baru memulai skincare. Face scrub ini juga diperkaya ekstrak minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulit. Gunakan 1-2 kali seminggu Emina Apricot Jam Face Scrub pada wajah yang telah dibersihkan. 

Baca juga:  6 Serum Mata Panda Paling Recomended Plus Tips Mencegahnya

5. Y.O.U Simply Bright Face Scrub

face scrub adalah
Sumber: review.soco.id

Y.O.U Simply Bright Face Scrub adalah face scrub sekaligus masker yang cocok untuk digunakan semua jenis kulit, terutama kulit kering dan mulai muncul penuaan dini. Face scrub ini mengandung hyaluronic acid, grape cell extract dan walnut shell powder yang dikenal dapat membersihkan, melembapkan, menutrisi kulit wajah secara optimal. Kandungan grape cell extract dikenal dapat membantu mencegah penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. 

6. Garnier Bright Complete Brightening Face Scrub

face scrub adalah
Sumber: garnier.co.id

Sering memakai makeup komplet membuatmu harus rajin membersihkan muka hingga ke pori-pori. Karena itu, produk dari Garnier ini perlu dipertimbangkan sebagai face scrub andalan. Face scrub ini mengandung 1.000 microbeads dari sari lemon. Scrub-nya mampu membersihkan hingga kesepuluh lapisan makeup. Ekstrak lemonnya pun efektif menyingkirkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Hanya dengan sekali bilas, makeup bersih dan wajah setingkat lebih cerah.

7. Saturday Looks Minty Gentle Scrub Face Mask

face scrub adalah
Sumber: Tokopedia

Apakah kamu punya masalah dengan jerawat yang sedang meradang? Produk ini bisa jadi solusinya. Sesuai namanya, produk ini bisa digunakan sebagai masker dan face scrub. Saat jerawat tengah meradang, masker akan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakitnya. Setelah itu, kamu bisa membilas masker dengan melakukan scrubbing. Produk Saturday Looks ini punya sensasi dingin ketika digunakan. Kamu hanya perlu memakainya selama lima belas menit. Tanpa terlalu lama, kamu bisa segera melihat hasil scrub face mask ini.

8. Herborist Juice for Skin Face Scrub

face scrub adalah
Sumber: cewekbanget.grid.id

Miliki kulit lebih plumpy dengan face scrub berbahan alami! Skincare lokal ini difomulasikan dari natural walnut sebagai scrub alami untuk mengeksfoliasi kulit. Face scrub ini dikombinasikan pula dengan bahan alami buah dan sayur yang baik untuk kulit. Dari ketiga variannya, kamu bisa memilih yang sesuai dengan permasalahan kulit. Raspberry & Tomato untuk kulit kering dan dehidrasi. Lalu, Orange & Carrot untuk kulit kusam. Terakhir, ada varian Apple & Broccoli untuk kulit sensitif yang kemerahan. Untuk hasil optimal, gunakan dua kali seminggu, ya!

9. Freeman Polishing Charcoal & Black Sugar Gel Mask + Scrub

face scrub adalah
Sumber: perfectbeauty.id

Wajahmu terlihat kusam dan tidak segar? Produk dari Freeman ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu pilihan. Selain dipakai sebagai scrub, kamu bisa menggunakan face scrub ini sebagai masker! Face scrub ini memiliki kandungan utama active charcoal yang dikenal mampu atasi kulit kusam dan kelebihan minyak di wajah. Selain itu, face scrub ini diperkaya dengan gula hitam yang bermanfaat mengikis sel kulit mati dan melembutkannya.

10. Wardah Lightening Gentle Exfoliator

face scrub adalah
Sumber: wardahbeauty.com

Penggunaan skincare yang tidak tepat bisa memicu ketidakseimbangan pH di kulit wajah dan membuat skin barrier akan rusak. Jika demikian, kulit akan lebih rentan mengalami masalah, salah satunya adalah jerawat. Nah, produk ini cocok dipilih karena diformulasikan dengan pH balanced yang mengandung licorice untuk bantu menjaga keseimbangan pH kulit. Didukung pula dengan advanced niacinamide, kulit Anda akan tampak lebih cerah optimal.

Nah, itu adalah 10 produk rekomendasi face scrub yang bisa kamu gunakan sesuai jenis kulitmu. Tidak perlu terlalu sering memakainya, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit wajahmu. Selain itu, perawatan kulit wajah lainnya seperti memakai masker dan skincare lainnya juga harus rutin dilakukan agar wajahmu semakin sehat.

Mia Atika

Add comment

Share