Jangan Keliru, Ini Beda Facial Wash dan Facial Foam untuk Wajah Bersih

Pada penghujung hari yang melelahkan, tak ada yang terasa lebih menenangkan kecuali membersihkan wajah kamu dengan produk facial wash. Menghapus kotoran, keringat, dan sisa makeup menjadikan kulit lebih bernapas dan memperbaiki dirinya sendiri. Dengan kondisi wajah yang bersih, juga membantu produk skincare yang lain lebih mudah menembus kulit lebih dalam dan bekerja optimal. Sebagai langkah pertama dalam skincare routine kamu, penting untuk memahami facial wash, perbedaannya dengan facial foam, hingga rekomendasi produk sesuai jenis kulit.

Apa itu Face Cleanser dan Facial Wash untuk Kulit?

Dikutip dari laman Southern Living, face cleanser dibuat untuk memurnikan, melembapkan, dan menenangkan kulit. Teksturnya creamy, milky, gel-like, atau bahkan watery. Sebaliknya, pencuci muka atau facial wash dibuat untuk membersihkan pori-pori kulit lebih dalam. Teksturnya sering berbusa atau akan menjadi busa saat dioleskan ke kulit kamu.

Sama-sama bekerja sebagai pembersih wajah, carilah formula produk yang menghidrasi, seperti hyaluronic acid atau glycerin. Untuk jenis kulit berminyak atau berjerawat, pilih pembersih wajah berbusa atau facial foam yang dibutuhkan kulit untuk menjaga pori-pori tetap bersih dan mengontrol sebum. 

Baca juga:  Sunscreen Tanpa Whitecast? Ini 4 Tips Cerdas Memilih Produknya!

Perbedaan Facial Wash dengan Facial Foam

Sumber: Freepik

Foam cleanser pada awalnya dihindari karena dinilai sebagai produk pengupasan yang terlalu kering dapat dapat membahayakan kulit. Namun dalam perkembangannya, tidak semua facial foam mengering dan saat ini kamu bisa memilih banyak pilihan produk yang membantu menghilangkan kotoran dan menghidrasi.

Bedanya facial wash dengan facial foam ini adalah, busa menembus pori-pori lebih baik dan membantu menghilangkan minyak dan kotoran dibanding dengan gel atau formula lainnya. Facial foam dianggap sebagai pilihan terbaik untuk semua jenis kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih gentle foam cleanser antara lain, bebas sabun (soap-free), soothing ingredients (bahan yang menangkan), dan mengandung asam amino. Kandungan sabun dapat mengiritasi kulit sensitif, sehingga perlu gentle cleanser yang mengandung bahan menenangkan seperti lidah buaya dan ceramide, yang melembapkan dan mengatasi iritasi. Adapun manfaat asam amino dalam skincare seperti menenangkan kulit, membantu melembapkan, dan antioksidan untuk kulit.

Apakah Perlu Melakukan Teknik Double Cleansing?

Sumber: Freepik

Jawabannya adalah sangat perlu kita melakukan teknik double cleansing untuk hasil kulit bersih, lembap, dan sehat. Double cleansing adalah teknik dimana kamu menggunakan dua cleanser yang berbeda secara berurutan. Pilih kombinasi produk yang seimbang saat mengaplikasikan double cleansing. Misalnya, pertama gunakan produk moisturizing cleanser atau cleansing balm baru kemudian deep-cleaning foam cleanser untuk keseimbangan. Jika dilakukan secara rutin, percayalah kulitmu menjadi lebih baik dan ternutrisi. 

Baca juga:  11+ Manfaat Tomat untuk Wajah Cerah dan Awet Muda, Simple Pakainya!

Rekomendasi Produk Facial Wash untuk Semua Jenis Kulit

1. Banila Co Clean It Zero Foam Cleanser

Sumber: instagram banila.co_id

Facial foam dengan tekstur cream gel yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Foam Cleanser yang mengandung bahan lembut dan menghidrasi kulit wajah tanpa membuat iritasi. Formula amino acid dalam zero balance technology efektif menghilangkan kotoran yang menempel di wajah serta memperkuat skin barrier. Bahan panax notoginseng root extract mampu membuat kulit segar, lembap, bersih, dan semakin cerah.

2. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Sumber: Himalaya FaceCare

Salah satu rekomendasi face wash yang bagus untuk kulit berminyak atau berjerawat dari Himalaya Purifying Neem. Tekstur gel yang aman dipakai sehari-hari untuk kulit bersih, lembap, dan minyak terkontrol. Formula Neem sebagai antibakrerial yang menuntaskan bakteri penyebab jerawat dan ekstrak kunyit yang membuat wajah calm, tekstur kulit rata, dan anti kusam.

3. Cosrx Salicylic Gentle Daily Cleanser

Sumber: Cosrx Indonesia

Produk facial wash satu ini bagus untuk merawat semua jenis kulit termasuk kulit berjerawat dan berminyak. Salicylic Gentle Daily Cleanser berfungsi untuk mengurangi sebum berlebih di wajah. Memiliki tekstur ringan saat digunakan dan kulit terbebas dari kotoran. Kandungan tea tree oil membantu menenangkan jerawat, anti peradangan, dan anti bakteri. Bebas paraben dan sodium lauryl sulfate sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Perhatikan 10 Ciri Ciri Skincare Tidak Cocok untuk Kulitmu, Segera Stop!

Pembersihan wajah menggunakan facial wash and cleanser dengan teknik double cleansing memang lebih memakan waktu, tentu saja. Akan tetapi, pembersihan yang tepat sepadan dengan hasil kulit yang sehat, lembap, dan bebas masalah. Setelah kamu memahami tentang step pembersihan wajah ini, baru kamu bisa beranjak ke skincare routine berikutnya.