8 Film Horor Indonesia Terbaru, Segera Tayang di 2023!

Salah satu genre film yang diminati oleh masyarakat Indonesia adalah horor. Genre ini menampilkan adegan-adegan yang seru dan juga mendebarkan. Tidak jarang kamu akan menemukan beberapa adegan yang membuat kaget. Sejak 2022, banyak film horor Indonesia terbaru menyegarkan perfilman Indonesia. Seperti “KKN di Desa Penari” dan juga “Pengabdi Setan 2: The Communion”.

Sederet film horor berhasil mencetak kesuksesan, hingga berhasil mendapatkan jutaan penonton. Berkaca dari hal tersebut, banyak rumah produksi yang bersiap untuk menayangkan film horor terbaik mereka di 2023 yang tinggal menghitung hari. Kamu yang penyuka film horor pasti penasaran apa saja ya, film horor Indonesia yang akan rilis di 2023 nanti. Nah, ini dia 8 film horor yang akan tayang di bioskop dan aplikasi streaming favoritmu!

Sumber: MD Pictures

8 Film Horor Indonesia Terbaru

1. Perjanjian Gaib

Pemeran Film Perjanjian Gaib: Della Erawati, Dennis Adhiswara, Ayu Laksmi (Sumber: Kompas.com)

Film horor ini dibintangi oleh Ayu Laksmi yang sebelumnya membintangi kedua sekuel “Pengabdi Setan” dengan perannya sebagai Ibu. Selain Ayu Laksmi, ada juga Dennis Adhiswara dan Della Erawati. Film ini berkisah tentang sepasang suami istri bernama Andry dan Wati yang mendapatkan tugas untuk merawat seorang nenek. Sayangnya, nenek tersebut meninggal tepat di hari pertama Andry dan Wati merawatnya. Mereka berdua pun harus menghadapi teror dari nenek tersebut, yang ternyata memiliki rahasia tersembunyi.

2. Hidayah

Sumber: imdb

“Hidayah” disutradarai oleh Monty Tiwa dan berada di bawah naungan rumah produksi Pichouse Films dan Clockwork Films. Bahri (Ajil Ditto) adalah mantan narapidana yang ingin mengubur masa lalunya. Ia memutuskan untuk pindah dari tempat tinggalnya di kota ke sebuah desa yang bernama Mekarwangi karena permintaan sang sahabat, Hasan (Alif Joerg). Ketika datang ke desa, Bahri menemukan Ratna (Givina Lukita), teman lamanya, yang kesakitan akibat suatu penyakit parah, tetapi ia tak kunjung menemui ajalnya. Sehingga, Ratna selalu merasakan kesakitan dan teriakan kesakitan Ratna selalu menghantui keheningan desa setiap malam.

Desa tersebut juga ternyata diganggu dengan makhluk gaib yang menghantui warga. Hingga akhirnya Ratna ditemukan meninggal dunia akibat kondisi kesehatan yang semakin memburuk. Namun, Bahri dituntut untuk bertanggung jawab atas semua masalah yang terjadi. Alih-alih merasa marah akibat diusir dari desa, Bahri meminta hidayah dan memperteguh imannya. Lantas, apakah Bahri akan selamat dari bencana ini?

Baca juga:  The Flash Film: Tanggal Rilis, Pemeran, dan Sinopsis Cerita

3. Bayi Ajaib

Sumber: Kompas.com

Film horor Indonesia terbaru selanjutnya adalah “Bayi Ajaib” yang diproduksi oleh Falcon Black. Ini adalah remake dari film dengan judul yang sama dan pernah ditayangkan pada tahun 1982. “Bayi Ajaib” dibintangi oleh Vino G. Bastian, Adipati Dolken, Desy Ratnasari, Sara Fajira, dan sederet aktor/aktris lainnya. Rencananya, film ini akan ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia di tanggal 19 Januari 2023.

Kosim mendadak menjadi kaya usai menemukan sebuah emas di sungai desa Hirupbagja. Kosim pun menikah dengan Sumi dan hidup makmur dengan menjadi juragan tanah. Sumi pun hamil dan melahirkan anak pertama mereka yang bernama Didi. Sayangnya, ketika Didi lahir, ia dirasuki oleh arwah bernama Albert yang meneror warga desa dan haus darah. Kosim memutuskan untuk membebaskan Didi dari jeratan pengaruh Albert. Kosim pun harus menghadapi Dorman, dukun hitam yang ingin membalaskan dendam kakek buyutnya pada orang yang telah hancurkan kehidupannya.

4. Sewu Dino

Pemeran Film Sewu Dino (Sumber: MD Pictures)

Karya ini diadaptasi dari sebuah thread Twitter dari SimpleMan dengan judul yang sama. Film ini digadang-gadang akan lebih seram dari kisah “KKN di Desa Penari” yang lebih dulu diangkat ke layar lebar. SimpleMan memberi kode bahwa “Sewu Dino” dibuat lebih mencekam dengan beragam penampakan horor di setiap sudit filmnya. Kisah ini berawal dari Sri (Mikha Tambayong) yang ingin mencari pekerjaan sebagai ART. Kemudian ia bertemu dengan Mbah Karsa yang menawarkan kepadanya menjadi ART dengan gaji 5 juta.

Sri pun menyetujui hal tersebut. Sampai ketika Sri dan dua ART lain yang bernama Erna (Givina) dan Dini (Agla Artalidia) sampai di rumah majikannya yang baru, mereka merasa aneh karena yang terlihat hanya sebuah bilik rumah di tengah hutan. Di sana mereka bertemu dengan Mbah Tamin selaku penjaga tempat tersebut. Yang lebih mengerikan lagi, mereka melihat sosok perempuan muda yang terbaring di dalam keranda mayat. Bagaimana kelanjutannya? Simak kisah lengkapnya di bioskop kesayanganmu tahun 2023 nanti.

5. Mangkujiwo 2

Sumber: akurat.co

“Mangkujiwo 2” disutaradarai oleh Azhar Kinoi Lubis dan diproduksi oleh Multivision Plus (MVP) Pictures. Seperti film Mangkujiwo sebelumnya, Mangkujiwo 2 masih dibintangi oleh Sujiwo Tejo dan Yasamin Jasem, serta sederet nama lainnya seperti Kiki Narendra, Widika Sidmore, Marthino Lio, Djenar Maesa Ayu, Totos Rasiti, dan masih banyak lagi. Film ini dijadwalkan akan segera tayang di bioskop pada 26 Januari 2023.

“Mangkujiwo 2” akan melanjutkan cerita film sebelumnya, berfokus pada misteri di balik kematian Tjokro Kusumo (Roy Marten). Konflik dalam film ini diawali oleh perseteruan kedua tokoh yaitu Tjokro Kusumo dan Brotoseno (Sujiwo Tejo) yang memperebutkan loji pusaka. Apa sebenarnya tujuan Brotoseno membangkitkan Kuntilanak? Bagaimana jika pangilon kembar dipersatukan? Sama seperti sebelumnya, film ini menggunakan latar cerita dengan adat jawa yang kental.

Baca juga:  8 Hal Menarik dari Film One Piece Red, Film Bajak Laut ‘Musikal’

6. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Cover novel Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul (Sumber: Gramedia.com)

Film horor Indonesia terbaru lainnya yaitu “Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul” yang diadaptasi dari novel karya konten kreator horor Om Hao. MD Pictures telah merilis jadwal tayang film ini, yaitu 17 Agustus 2023 mendatang. Berdasarkan novelnya, dikisahkan ada sekolah yang memang seram yang sebelumnya adalah tanah pemakaman. Dalam salah satu sosok yang biasa menampakkan diri ada sosok pocong gundul.

Sosok ini merupakan dukun sakti yang mengabdikan diri kepada iblis dan dalam salah satu perjanjiannya tidak akan melepaskan ikatan tali pocong ditubuhnya kecuali ikatan tali di kepalanya. Hal inilah yang membuat korin dari dukun tersebut bergentayangan. Karena mukanya hanya berupa tengkorak gundul, maka disebutlah pocong gundul. Film ini rencananya akan dibintangi oleh Arya Saloka dan Natasha Wilona.

7. Alena: Anak Ratu Iblis

Sumber: Indozone

“Alena: Anak Ratu Iblis” ini dijadwalkan akan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 5 Januari 2023. Film produksi Arjuna Mega Films ini disutradarai oleh Sonu Samtani. Sekedar bocoran, film ini banyak menghadirkan adegan yang penuh ketegangan dengan teknik CGI yang berbeda dari horor biasanya. Cerita dari film ini berawal dari pasangan suami istri bernama Hendra (Temmy Rahadi) dan Maya (Ririn Ekawati) yang sedang berada di perjalanan dan menemukan sosok anak kecil seorang diri.

Karena belum memiliki keturunan, akhirnya mereka mengadopsi anak kecil tersebut dan memberinya nama Alena (Ciara Brosnan). Sejak Alena ditemukan, ia membawa perubahan kehidupan yang lebih positif dan sukses bagi Hendra dan Maya. Namun kebahagiaan itu berubah menjadi malapetaka. Alena ternyata adalah anak dari seorang Ratu Iblis (Karenina Anderson). Kehadiran Alena di Bumi pun membawa teror dan kekuatannya akan menghancurkan Bumi.

8. Anak Titipan Setan

Sumber: Twitter @habisnontonfilm

Film horor Indonesia terbaru yang terakhir adalah “Anak Titipan Setan”. Berkisah tentang Eyang Susana yang membuat perjanjian pesugihan dengan iblis bernama Jaran Penoleh. Perjanjian itu membuatnya harus menyiapkan tumbal berupa anak-anak berusia 10 tahun kepada sang iblis. Bila tidak sanggup, maka nyawa Eyang Susana yang dipertaruhkan.  Dibintangi oleh Inggrid Widjanarko dan Gisella Anastasia, film ini akan menyajikan ragam ketakutan yang dihadirkan, khususnya oleh penampakan Jaran Penoleh.

Itulah 8 film horor Indonesia yang akan tayang di Indonesia mulai 2023 ini. Pastikan kamu sudah mencatat tanggalnya agar tidak ketinggalan, ya! Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk menyaksikan film horor yang pastinya membuat merinding ini. Selamat menonton!