7 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix untuk Bersantai

Film-film berkualitas tidak hanya datang dari luar negeri, melainkan dalam negeri pun mampu melahirkan karya-karya terbaiknya. Film terbaik Indonesia saat ini tidak hanya dapat disaksikan di bioskop, melainkan juga bisa disaksikan dan bahkan ditonton ulang di platform streaming seperti Netflix. Setiap bulan Netflix menyediakan film Indonesia yang bisa kamu tonton.

Selain itu beberapa film Netflix dari Indonesia tayang dalam festival film internasional. Berbagai macam pilihan film Indonesia terbaik pun dihadirkan yang bisa menjadi rekomendasi tontonan di waktu senggang saat akhir pekan. Film-film Indonesia di Netflix pun kini pun sudah menyuguhkan cerita-cerita yang segar dan tentunya menarik. Mulai dari genre komedi, drama, hingga romantis. Yuk, simak 7 rekomendasi filmnya di bawah ini!

film indonesia netflix
Sumber: Freepik

7 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix

1. Kulari ke Pantai

film indonesia netflix
Sumber: IMDb

Kulari ke Pantai merupakan film keluarga dan anak-anak yang disutradarai oleh Riri Riza dan produser Mira Lesmana. Kedua orang ini termasuk pencipta film anak-anak populer seperti Laskar Pelangi dan Petualangan Sherina. Film ini menceritakan tentang Sam, si anak pantai dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Bersama ibunya Uci, mereka melakukan perjalanan dari Jakarta sampai Banyuwangi.  Ketika di Jakarta, Sam bertemu dengan keluarga besar. Uci bertemu dengan Happy, sepupunya, yang ikut dalam  perjalanan.

2. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

film indonesia netflix
Sumber: CNN Indonesia

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas diadaptasi dari novel Eka Kurniawan. Film ini menceritakan Ajo Kawir yang jago berkelahi dan Iteung, perempuan yang disukainya. Ajo tinggal di desa dan pandai berkelahi. Pertemuannya dengan Iteung berawal dari pertarungan. Awalnya mereka berkelahi sampai akhirnya memutuskan menikah. Konflik terjadi setelah mereka menikah. Ada Budi Baik yang membuat hubungan Ajo Kawir dan Iteung renggang. Kemudian, Ajo harus berhadapan dengan masalah baru.

Baca juga:  7 Rekomendasi Film Islami Indonesia untuk Teman Ngabuburit

3. Jalan Yang Jauh, Jangan Lupa Pulang

film indonesia netflix
Sumber: Fimela

Film yang merupakan sekuel lanjutan dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini kini bisa disaksikan melalui Netflix, dan layak menjadi salah satu rekomendasi film untuk ditonton saat akhir pekan. Karya ini digarap oleh Angga Dwimas Sasongko yang menyoroti kehidupan Aurora yang diperankan oleh Sheila Dara yang pergi ke London untuk mengejar dan mewujudkan impiannya. Selama berada di sana, Aurora mengalami sejumlah masalah hingga hampir mengakibatkan dirinya yang mulai meninggalkan cita-citanya. Namun, sang kakak dan adik rupanya menyusul untuk melihat kondisi Aurora yang kian hancur.

4. Para Betina Pengikut Iblis

film indonesia netflix
Sumber: IMDb

Film bergenre horor ini belum lama dirilis pada Februari 2023. Karya layar lebar ini dibintangi oleh Mawar de Jongh, Hanggini, Sara Fajira dan juga Adipati Dolken. Para Betina Pengikut Iblis mengisahkan mengenai para wanita yang terhasut menjadi pengikut iblis dengan jalan cerita Sumi (Mawar de Jongh) yang bertahan hidup karena sang ayah sakit, dan membuka toko kari yang terbuat dari daging manusia. Lalu, Sari (Hanggini) yang menjadi dukun teluh dan meneror warga desa setelah adiknya dibunuh.

5. Kembang Api

film indonesia netflix
Sumber: CNN Indonesia

Film Indonesia di Netflix selanjutnya adalah Kembang Api. Film yang sudah tayang di bioskop tanah air pada Maret 2023 tersebut diadaptasi dari film Jepang 2017 lalu yang berjudul “3ft Ball & Souls”. Dibintangi oleh Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, Hanggini dan Donny Damara ini mengisahkan mengenai empat orang yang ingin mengakhiri hidup mereka dengan bola raksana berisikan ratusan kembang api. Film ini mengusung tema atau isu tentang kesehatan mental.

Baca juga:  9 Adegan Paling Epic di Film Pendek Tilik

6. Hello Ghost

film indonesia netflix
Sumber: Netflix

Hello Ghost merupakan film Indonesia adaptasi film Korea Selatan berjudul sama tahun 2010. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris populer seperti Onadio Leonardo, Indro Warkop, Tora Sudiro, Enzy Storia hingga Hesti Purwadinata. Film Indonesia di Netflix ini mengisahkan seorang laki-laki yang ingin bunuh diri. Namun usahanya gagal dan kini justru berbaring di rumah sakit hingga diganggu oleh 4 hantu yang meminta bantuannya. Kebersamaan mereka akhirnya mengobati rasa kesepian pria itu dan memberikan makna kehidupan yang baru.

7. Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso

film indonesia netflix
Sumber: Strategi.id

Rekomendasi film terakhir adalah sebuah dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Kasus pembunuhan yang melibatkan Jessica Kumala Wongso akan dirangkum dalam sebuah dokumenter yang akan ditayangkan di Netflix 28 September 2023 ini. Jessica yang mengaku tidak membunuh Wayan Mirna Salihin dianggap pengadilan bersalah telah menaruh sianida di dalam kopi yang diminum oleh Mirna dan membuat Mirna meninggal dunia. Film dokumenter ini memaparkan pertanyaan-pertanyaan tak terjawab yang melingkupi persidangan Jessica Wongso, bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya, Mirna Salihin.

Nah, itulah beberapa film terbaik Indonesia yang bisa kamu tonton di Netflix. Mulai dari film anak-anak, adaptasi dari film luar negeri, hingga dokumenter kasus kriminal yang sempat populer di Indonesia. Semoga bisa menambah daftar tontonanmu di waktu luang ataupun di akhir pekan.