film islami indonesia
Poster Film Buya Hamka volume 1 (Sumber: Pikiran Rakyat)

7 Rekomendasi Film Islami Indonesia untuk Teman Ngabuburit

Film islami tidak hanya ditonton sebagai hiburan, tapi juga sebagai sarana belajar agama yang dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kita. Ada baiknya kita mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat dan tentunya bisa menambah iman kita. Dengan menonton film islami, kamu tidak hanya terhibur, tapi juga memotivasi untuk meningkatkan ibadah. Banyak sekali film islami Indonesia yang bisa kamu tonton.

Di bulan yang penuh berkah ini tak ada salahnya menambah wawasan dan mencari inspirasi dari film-film islami Indonesia terbaik. Apalagi jika kamu dan keluarga ingin menunggu waktu berbuka dan juga bisa sebagai pilihan menghabiskan waktu berkumpul saat Lebaran. Kamu bisa menonton film islami ini melalui laman streaming seperti Netflix, Viu, ataupun di bioskop. Berikut 7 rekomendasi film islami Indonesia yang bisa kamu pilih.

film islami indonesia
Sumber: Duniaku.com

7 Rekomendasi Film Islami Indonesia

1. Buya Hamka

film islami indonesia
Sumber: Fimela

Film Buya Hamka mengisahkan kisah nyata perjalanan hidup pahlawan nasional bernama Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Buya Hamka. Buya Hamka merupakan seorang wartawan, filsuf, politikus, pengajar sekaligus sastrawan. Namanya juga dikenal sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia dari tokoh Muhammadiyah. Film ini akan terbagi dalam tiga volume, dengan total durasi selama 7 jam.

Dalam masing-masing volumenya menceritakan kehidupan Buya Hamka yang berbeda-beda. Volume pertama menceritakan awal kariernya sebagai ulama hingga penulis. Film yang sudah tayang di bioskop mulai 20 April 2023 ini dibintangi oleh Vino G Bastian, Laudya Chintya Bella, Reza Rahadian, Ben Kasyafani, Ayu Laksmi, Desy Ratnasari, Mawar de Jongh, Beby Tsabina, Marthino Lio, Donny Kesuma.

2. Merindu Cahaya de Amstel

film islami indonesia
Sumber: Parapuan

Film yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini mengisahkan tentang Nicholaas Van Dijk (Bryan Domani) yang memotret suasana dan pengunjung Museumplein. Tanpa sengaja kameranya mengabadikan sosok gadis yang berhijab rapat. Saat melihat hasil jepretannya, Nico jadi penasaran. Terutama karena di dalam foto itu sang gadis tampak bagai memancarkan cahaya.

Besoknya, Nico kembali ke Museumplein untuk mencari gadis itu. Dia semakin terkejut karena gadis itu ternyata seorang mualaf Belanda bernama Khadija Veenhoven (Amanda Rawles). Film tentang hubungan Nico dan Khadija yang saling menaruh hati namun terhalang kisah pahit masa lalu dan perbedaan keyakinan antar keduanya, diadaptasi dari karya Arumi E. yang ditulis di Wattpad.

3. Tuhan Minta Duit

film islami indonesia
Sumber: Grid.ID

Adi/Maya mencoba semua syarat agar doanya dikabulkan, namun doanya “Tuhan, minta duit” tak juga menjadi kenyataan. Doa yang semula ia panjatkan hanya untuk memperbaiki genteng rumahnya yang bocor dan membelikan Mbah Kedah nasi Padang. Tujuannya bertambah saat neneknya yang mengasuhnya dari bayi itu terjatuh di kamar mandi, dirawat di rumah sakit, dan membutuhkan biaya besar.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat 88rising dan Line Up-nya untuk HITC 2022 Jakarta

Bukannya dikabulkan, Adi malah kehilangan pekerjaannya sebagai tukang semir lantaran terbuka penyamarannya oleh teman-temannya seprofesi bahwa ternyata Adi itu perempuan. Saat di titik nadir itulah doanya dikabulkan, Adi menemukan tas berisi uang ratusan juta, namun membawanya ke dalam malapetaka. Tuhan Minta Duit adalah film drama Indonesia tahun 2022 produksi KlikFilm Productions yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Film ini dibintangi oleh Anantya Kirana, Asrul Dahlan, Putri Ayudya, dan Rendi Khrisna. Film ini ditayangkan perdana di layanan video streaming permintaan KlikFilm pada tanggal 2 April 2022.

4. Sang Kiai

film islami indonesia
Sumber: Disney+ Hotstar

Sang Kiai adalah film aksi drama biografi Indonesia tahun 2013 yang mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang, Jawa Timur yakni Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy’ari. Film ini dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, dan Adipati Dolken. KH Wahid Hasyim, salah satu putra dari KH Hasyim Asyari mencari jalan diplomasi untuk membebaskannya. Berbeda dengan Harun, salah satu santri KH Hasyim Asyari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan KH Hasyim Asyari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban berjatuhan.

5. 99 Nama Cinta

film islami indonesia
Sumber: IMDb

Film ini disutradarai oleh Danial Rizki berdasarkan skenario Garin Nugroho yang rilis pada 14 November 2019 lalu. Acha Septriasa, Deva Mahendra, Donny Damara, Chiki Fawzi, Ira Wibowo, Susan Sameh, dan Adinda Thomas merupakan jajaran aktor dan aktris yang membintangi film ini. 

Meskipun memiliki unsur religi, film ini sama sekali tak memiliki kesan untuk memaksa dan menghakimi. Hal itu tergambar dalam Kiblat yang toleran terhadap profesi Talia sebagai pembawa acara gosip walaupun ia tidak membenarkannya. Namun, sebagai seorang guru, Kiblat justru menyuarakannya saat mengajar di kelas bersama murid-muridnya. Selain itu, Kiblat juga tak pernah menyuruh Talia untuk mengenakan hijab atau beribadah. Justru, kesadaran untuk mempelajari agama datang dari hati Talia. 

Baca juga:  Film Joko Anwar yang Wajib Kamu Tonton Akhir Pekan Ini

6. Assalamualaikum Calon Imam

film islami indonesia
Sumber: Republika

Assalamualaikum Calon Imam adalah film Indonesia karya Findo Purwono HW yang dirilis pada 9 Mei 2018. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ima Madaniah. Film ini dibintangi oleh Miller Khan, Natasha Rizki, dan Andi Arsyil. Fisya (Natasha Rizki) menyimpan rasa untuk tetangganya, Jidan (Andi Arsyil). Ia berharap dilamar oleh Jidan. Tapi, Jidan malah melamar Salsya (Merdi Octav), kakak Fisya, yang merupakan seorang dokter.

Secara tak sengaja, Fisya bertemu Alif (Miller Khan) dalam sebuah kecelakaan. Perjumpaan berkali-kali membuat Alif jatuh cinta kepada Fisya. Namun, ia simpan dalam-dalam perasaannya karena ia tahu Fisya masih mencintai Jidan. Suatu saat dalam kondisi sakit keras, ayah Fisya berkata bahwa Alif telah datang untuk melamar Fisya. Fisya menghadapi dilema.

7. Mengejar Surga

film islami indonesia
Sumber: IMDb

Rekomendasi film islami terakhir adalah Mengejar Surga. Film ini secara garis besar menceritakan seorang perempuan yang mencari ayahnya ke Belanda sebab dia tidak akan bisa menikah tanpa wali. Karya ini isutradarai oleh Bambang Drias, sementara lawan main Jessica Mila ada Al Ghazali dan Kimberly Ryder. Mengejar Surga tayang serentak pada bioskop-bioskop Indonesia pada 26 Mei 2022. Kisah bermula saat Atikah (Jessica Mila) yang sudah tumbuh dewasa, ingin menikah dengan Iqbal (Al-Ghazali). Kemudian ayah Atikah telah meninggalkannya dan ibunya sejak sebelum ia lahir.

Butuh waktu selama 20 tahun untuk Atikah mengetahui keberadaan ayahnya yang ternyata selama ini tinggal di Belanda. Saat Atikah nekat untuk mencari ayahnya di luar negeri, ayahnya tidak siap untuk menerima kenyataan yang ada. Ibunya pun merestui kepergian Atikah. Dari sinilah pencarian Atikah dimulai. Dengan niat yang kuat, Atikah merasa yakin akan menemukan ayahnya, walaupun hanya berbekal foto, kaset, surat dan cincin.

Itulah 7 rekomendasi film islami yang bisa kamu tonton saat ngabuburit nanti. Isilah waktu luang dengan hiburan yang bermanfaat, tidak hanya bertema religi, ada banyak lagi genre film yang tidak hanya memberikanmu hiburan tapi juga manfaat lain seperti pengetahuan dan informasi. Perkayalah diri dengan banyak menonton film-film yang mampu menambah wawasan.

Mia Atika

Add comment

Share