Flash sale mungkin salah satu metode pemasaran yang cukup sering didengar orang awam, karena metode ini cukup efektif meningkatkan awareness publik atas produk Anda. Di waktu yang sama, flash sale artinya juga meningkatkan potensi penjualan dalam waktu singkat dengan promo yang sangat menarik.
Nah untuk bisa memahami dan mempraktekkan metode ini, Anda wajib paham benar arti, kelebihan dan kekurangan, serta tips untuk melakukannya agar sukses memperoleh penjualan yang tinggi. Penjelasan lengkapnya, dalam poin-poin di bawah ini.
Baca Juga: Mengenal Divisi dan Tugas Business Development, Adakah dalam Bisnis Anda?
Flash Sale
Flash sale artinya adalah penjualan yang dilakukan dalam waktu singkat dengan promo yang sangat menarik. Metode ini adalah cara penjualan yang diberikan dengan harga sangat rendah, namun memiliki batas waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.
Jadi, sebagai penjual, Anda akan memberikan potongan harga atau diskon pada produk tertentu, kemudian mengabarkannya pada pasar secara luas. Metode ini awam digunakan pada berbagai marketplace dan e-commerce, karena secara langsung produk yang mengadakan flash sale bisa mendapatkan prioritas publikasi di halaman terdepan.
Jelas, metode ini bisa meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Namun harus disadari bahwa dengan exposure yang tinggi ini, jumlah keuntungan per unit yang diperoleh harus turun sebagai gantinya.
Lalu Apa Keuntungan dan Kerugian yang Harus Dihadapi?
Seperti setiap metode pemasaran yang lain, flash sale juga akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus disadari, sehingga bisnis Anda siap akan kedua hal tersebut. Penjelasan keduanya adalah sebagai berikut.
Keuntungan Penggunaan Flash Sale
- Dapat meningkatkan omzet penjualan dalam waktu singkat. Metode ini, ketika diterapkan, dapat meningkatkan potensi omzet dalam waktu singkat. Penawaran menarik yang diberikan dengan harga rendah ditujukan agar ada pembelian cepat dari pelanggan yang Anda miliki.
- Perluasan pasar. Selain mendapatkan potensi peningkatan omzet, metode ini juga memungkinkan adanya perluasan pasar. Segmen pelanggan yang mungkin tidak menjadi sasaran utama bisa saja membelinya, karena tergoda dengan harga yang sangat murah
- Popularitas toko semakin baik. Jelas, ketika toko online yang dikelola memberikan flash sale artinya toko Anda akan dilihat banyak orang. Popularitas toko yang meningkat juga memberikan efek jangka panjang pada awareness publik.
- Menghabiskan stok barang dengan cepat. Pada barang-barang yang mungkin sudah cukup lama di penyimpanan, flash sale dapat membantu Anda menghabiskannya dengan cepat. Hal ini menguntungkan dari sisi penyimpanan, sebab biaya gudang akan menurun ketika jumlah barang berkurang.
Kekurangan Metode Pemasaran Ini
- Risiko padatnya akses pada e-commerce, yang paling sering terjadi ketika mengadakan flash sale adalah bahwa padatnya akses pada situs e-commerce. Hal ini membuat toko Anda sulit dibuka dan diakses.
- Kegagalan transaksi mungkin saja terjadi karena padatnya sistem yang dimiliki e-commerce. Meski hal ini menjadi masalah umum, namun harus disikapi secara bijak sebab bisa memicu pelanggan tidak menyelesaikan transaksi yang telah dibuat.
- Margin keuntungan yang berkurang. Karena potongan harga yang diberikan, maka margin keuntungan dari setiap produk yang terjual juga akan berkurang. Hal ini bukan masalah sepele dan membutuhkan perhitungan cermat, agar value keuntungan yang didapatkan masih berada di atas harga pokok produksi bisnis Anda.
Terakhir, Mengenai 8 Tips Jitu Melakukan Flash Sale
Setelah mengetahui definisi, kelebihan dan kekurangan dari metode ini, akan disajikan pula beberapa tips untuk melakukan flash sale agar memberikan efek optimal pada tingkat penjualan Anda. Tentu, tips ini bisa diadaptasi sesuai dengan kebutuhan bisnis, sehingga manfaatnya maksimal.
1. Pastikan Tujuan Penjualan
Apakah meningkatkan awareness pasar pada produk dan toko? Meningkatkan jumlah penjualan? Atau sekedar menghabiskan stok? Pastikan tujuan penjualan dan rumuskan strategi untuk mencapainya.
2. Penjualan yang Sederhana
Jangan buat pelanggan repot dengan promo yang Anda berikan. Lakukan perhitungan cermat, dan buat promo yang diberikan sesederhana mungkin untuk pelanggan agar mereka tak perlu berpikir ulang.
3. Timing yang Tepat
Timing yang tepat juga harus jadi prioritas, agar publikasi dari flash sale ini maksimal. Penggunaan tanggal cantik seperti 11 November, 8 Agustus, atau momen lain bisa jadi opsi menarik.
4. Batas Waktu yang Sempit
Bukan berarti kemudian sangat singkat, namun harus ada batas waktu jelas agar muncul urgensi pembelian dari pasar kepada produk Anda.
5. Rumuskan Diskon yang Mencolok
Penggunaan angka besar pada diskon yang diberikan juga menjadi tips selanjutnya yang bisa digunakan. Tampilan diskon 40% mungkin bisa digantikan dengan tampilan 30% + 25% untuk memberikan efek diskon ganda.
6. Optimasi Channel Pemasaran
Jika terdapat beberapa channel pemasaran, maka gunakan semua untuk mengoptimalkan publikasi flash sale yang akan Anda lakukan. Dengan begini jangkauan promosi akan meningkat pesat.
7. Berikan Layanan Terbaik
Akan ada peningkatan traffic yang cukup tinggi pada titik penjualan yang Anda miliki. Jangan sampai hal ini menurunkan kualitas layanan pelanggan yang diberikan, agar pengalaman pelanggan tetap terjaga.
8. Syarat dan Ketentuan yang Jelas
Terakhir, jangan lupa untuk menerapkan syarat dan ketentuan yang solid untuk promo yang diberikan. Hal ini tidak hanya agar flash sale dapat dinikmati banyak orang, namun juga agar tidak terjadi abuse pada promo yang diberikan.
Baca Juga: Ticketing System dalam Layanan Pelanggan, Efektif dan Efisien!
Flash sale artinya promosi singkat dengan potongan harga yang besar, untuk memancing pembelian cepat dari pelanggan. Semoga artikel singkat ini bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!
Add comment