Floating Market Bandung: Wisata yang Cocok untuk Keluarga

Bandung memiliki beragam wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata kota hingga wisata alam. Salah satu destinasi wisata populer di Bandung adalah Lembang. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuatnya diminati banyak wisatawan. Selain tempatnya yang sejuk, daerah ini memliki pemandangan alam yang sungguh menawan. Jika kamu bingung menentukan destinasi wisata saat berkunjung ke Lembang, maka Floating Market Bandung bisa kamu jadikan opsi wisata.

Tempat wisata satu ini memiliki konsep unik berupa floating market (pasar terapung) dari beberapa jenis usaha yang dimiliki warga sekitar. Selain berbelanja di floating market, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang tersedia di sana. Lalu, apa saja sih yang bisa kamu lakukan di sana? Berikut daftar aktivitas yang bisa kamu ikuti.

Sumber: Pinterest

Lokasi Floating Market Bandung

Tempat wisata ini berada di Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. Kamu bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi, lho. Butuh waktu sekitar 40-60 menit menuju ke sana. Sebelum menjadi floating market, lokasi ini dikenal dengan nama Situ Umar. Situ Umar adalah sebuah danau, yang sekarang menjadi area utama di kawasan wisata ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata ini buka setiap hari, bahkan di hari libur. Untuk hari biasa, jam bukanya yaitu pukul 9 pagi hingga 6 sore. Pada akhir pekan dan hari libur, tempat wisata ini dibuka dari pukul 9 pagi hingga 7 malam. Untuk harga tiket masuk sendiri berbeda-beda tergantung lokasi mana yang ingin kamu tuju. Jika ingin memasuki area Floating Market saja, maka kamu cukup membayar Rp 30.000. Jika ingin memasuki area Kota Mini saja, maka kamu cukup membayar Rp 25.000. Namun jika kamu ingin memasuki kedua area tersebut, maka kamu dikenakan biaya Rp 40.000. Tiket masuk ini dapat kamu tukarkan dengan minuman hangat seperti cokelat, teh lemon, kopi, atau susu.

Baca juga:  Rekomendasi 12 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Enak dan Populer

Jika ingin menikmati wahana-wahana yang ada di area wisata, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan. Berikut daftar harga wahana yanga da di Floating Market Bandung:

  • Kampung kandang Rp 20.000
  • Mancing magnet Rp 20.000
  • Becak dan mobil mini Rp 20.000
  • Taman kelinci Rp 20.000
  • Lokomotif mini Rp 20.000
  • Taman miniatur kereta api Rp 20.000
  • Kano untuk 2 orang Rp 50.000/30 menit
  • Sampan keluarga untuk 4 orang Rp 70.000/30 menit
  • Kereta air Rp 20.000
  • Paddle boat  untuk 2 orang Rp 20.000/20 menit – khusus anak
  • Sepeda air untuk 2 orang Rp 50.000/30 menit

Daftar Aktivitas di Floating Market Bandung

Setelah mengetahui informasi penting seperti lokasi dan harga tiket masuk, tentunya kamu pasti penasaran dengan berbagai wahana yang ada di sana. Apa saja ya?

Bermain di Miniatur Kota

Sumber: wisataidn.com

Konsep dari wahana ini adalah kota kecil yang penuh dengan bangunan-bangunan bergaya Eropa. Jika kamu membawa anak atau saudaramu yang masih kecil, maka ini wahana terbaik untuk mereka. Ada berbagai macam profesi yang bisa dimainkan oleh anak kecil, lengkap dengan seragai dan berbagai peralatan pendukungnya. Mulai dari pemadam kebakaran, menjadi polisi, hingga koki yang bisa memperluas pengetahuan anak-anak.

Selain itu, ada wahana kereta api mini dimana kereta api dalam ukuran kecil berkeliling di suatu tempat. Kamu juga bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai hewan dengan mengunjungi Taman Angsa dan Domba.

Menikmati Wisata Air

Sumber: Pinterest

Karena konsep dari floating market adalah pasar terapung, maka lokasinya Sebagian besar berada di danau. Kamu bisa menyewa perahu, kano, hingga sampan air untuk kamu nikmati bersama keluarga. Kapan lagi bisa menikmati wahana air di Lembang? Selain itu, kamu bisa menaiki kereta air jika tidak ingin mendayung ke tengah danau. Di pinggiran danau, terdapat berbagai spot foto yang indah dengan latar danau dan perkampungan di sekitarnya.

Berseluncur di Rainbow Slide

Sumber: Bogortoday.com

Rainbow slide adalah wahana terbaru yang ada di floating market Bandung. Kamu bisa menguji adrenalinmu di seluncuran raksasa dengan menggunakan ban yang telah disediakan oleh petugas. Selain menikmati seluncuran, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan dari atas senelum meluncur ke bawah. Wiiiiii!

Baca juga:  Kenali 5 Kegunaan Flysheet Tenda hingga Tips Memilihnya

Untuk tiket wahana ini, kamu dapat membayar Rp 30.000 untuk satu kali meluncur atau Rp 80.000 untuk meluncur sepuasnya. Namun, tidak semua orang bisa meluncur di sini, ya. Ada beberapa panduan bagi wisatawan yang ingin menaiki rainbow slide, diantaranya tidak hamil dan memiliki penyakit jantung, serta berusia lebih dari 5 tahun dan tinggi badan 120 cm.

Bermain di Taman Kelinci

Sumber: Kellogs NYC

Wahana yang bisa kamu nikmati bersama keluarga selanjutnya adalah taman kelinci. Kamu bisa mengenalkan anak-anak dengan berbagai macam kelinci yang berkeliaran bebas di taman. Dengan Rp 20.000 per orang, kamu bisa berinteraksi langsung dengan kelinci sambil memberi makan wortel. Seru sekali, ya!

Berfoto di Taman Bunga

Sumber: Daka Tour

Pada kawasan wisata ini memiliki taman bunga bernama Rainbow Garden. Seperti Namanya, taman ini memiliki hamparan berbagai macam warna bunga. Ini juga bisa kamu jadikan salah satu sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal alam di sekitarnya. Tarif masuk yang dikenakan untuk memasuki Rainbow Garden ini cukup murah, yaitu Rp 10.000 per orang.

Kampung Jepang Kyotoku

Sumber: befreetour.com

Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang ataupun Korea lagi, kamu bisa menikmati suasana kedua negara tersebut di Lembang! di Kampung Jepang Kyotoku, kamu dapat berfoto dengan suasana yang mirip seperti di Jepang maupun Korea. Terdapat juga penyewaan yukata ataupun hanbok yang akan melengkapi penampilanmu selama di Kyotoku. Wahana ini dilengkapi dengan hutan bambu buatan, perahu, danau, dan gazebo dengan desain yang mirip di Jepang. Jika kamu ingin menyewa pakaian di sana, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 75.000 per jam. Tersedia juga paket dengan harga Rp 175.000 yang berisi penyewaan baju selama 1 jam dan cetak foto berukuran 10R.

Renang Khusus Wanita

Sumber: Kellogs NYC

Wahana terakhir yang bisa kamu nikmati di floating market adalah hijab swimming pool. Ini adalah kolam renang khusus wanita. Jika kamu tidak membawa baju renang, jangan khawatir. Terdapat penyewaan baju renang yang bisa kamu sesuaikan dengan pilihanmu. Tiket masuk ke kolam renang ini adalah Rp 50.000 per orang.

Seru bukan berbagai wahana wisata di Floating Market Bandung? Selain memperhatikan protokkol kesehatan, pastikan juga kamu membawa uang yang cukup untuk memasuki berbagai wahana. Pantau juga kondisi cuaca agar bisa menikmati liburan dengan nyaman. Selamat belibur!