Kenali 5 Kegunaan Flysheet Tenda hingga Tips Memilihnya

Ketika mendaki gunung, kamu pasti membawa banyak peralatan serta perbekalan yang dibutuhkan agar aktivitas di dalam bebas dapat dilakukan dengan lancar, kan? Tentunya, setiap peralatan pendakian itu memiliki fungsinya masing-masing yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satu peralatan gunung yang sering dianggap sepele, padahal memiliki banyak kegunaan adalah flysheet tenda. Kain yang berukuran panjang dengan bentuk persegi panjang ini terbuat dari bahan dasar nylon waterproof yang tahan terhadap air dan ringan, sehingga mudah untuk dibawa.

Penasara, apa kegunaan flysheet tenda hingga bagaimana tips memilihnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini sampai akhir, ya!

Apa Sih Kegunaan Flysheet Tenda?

flysheet tenda
Sumber: Freepik

Jika kamu belum tahu apa saja kegunaan dari flysheet tenda saat mendaki gunung, maka bisa simak ulasannya berikut ini.

  1. Flysheet berfungsi sebagai pelapis tenda. Flysheet bisa dijadikan pelapis tenda jika suatu saat terjadi hujan lebat di tempat perkemahan. Hal ini tentunya berguna agar tenda bisa tahan terpaan air dan hujan lebat. Dengan begitu, kondisi dalam tenda tetap aman dan kering serta terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.
  2. Tidak hanya sebagai pelapis tenda, flysheet bisa juga digunakan sebagai alas tenda agar ruangan tenda yang kamu buat menjadi lebih nyaman. Apalagi jika tempat camping berada di lokasi yang lembab atau dekat dengan perairan. Tentunya, flysheet bisa dijadikan alas tenda agar air atau lokasi yang cukup basah tidak sampai tembus ke dalam.
  3. Tidak hanya berguna untuk menahan air hujan lebat saja, flysheet juga memiliki kegunaan untuk menahan angin yang ada di pegunungan. Bahkan, ketika kamu menggunakan alat ini saat camping, suasana dalam tenda bisa lebih hangat dan membuat penghuninya terhindar dari kedinginan. Pasalnya, terpaan angin di luar tenda bisa ditahan oleh flysheet. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau ada angin malam yang berhembus karena flysheet akan menjaga tenda yang kamu pasang dari segala udara dingin tersebut.
  4. Pada umumnya, kegiatan masak memasak saat berkemah di gunung selalu dilakukan di luar tenda. Nah, kalau ada flysheet, maka kamu bisa membentangkan alat ini dengan menggunakan tiang sebagai pancangnya. Dengan begitu, kegiatan memasak akan menjadi lebih nyaman dari segala cuaca, baik cuaca hujan maupun panas.
  5. Flysheet sebagai tempat istirahat sementara. Pengaplikasian flysheet sangat mudah dilakukan, sehingga kamu bisa melakukannya kapan dan di mana saja. Jadi, jangan sampai ketinggalan atau menyepelekan untuk tidak membawa peeralatan yang satu ini!
Baca juga:  Apa Itu CVT pada Motor Matic? Ketahui Gejala Kerusakannya

Mengenal Jenis dan Ukuran Flysheet Tenda

Dari beberapa kegunaan flysheet yang telah disebutkan di atas, pastikan kamu tidak mengabaikan untuk membawa flysheet saat ke gunung, ya. Namun, kamu juga harus tahu flysheet seperti apa yang dibutuhkan dan akan berguna saat pendakian kelak.

Nah, berdasarkan desain dan tujuannya, flysheet memiliki ukuran berbeda-beda yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Flysheet dengan ukuran cenderung kecil biasanya akan berguna untuk memberikan perlindungan yang kurang maksimal terhadap hujan maupun angin. Namun, flysheet jenis ini justru memiliki ventilasi udara yang lebih baik dan membuat nyaman.
  • Flysheet dengan ukuran cukup besar biasanya memiliki bobot yang lumayan berat. Namun, flysheet jenis ini bisa memberikan perlindungan terhadap angin dan hujan secara baik.

Kalau sudah tahu ukuran mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, pastikan kamu membawa dan memilih flysheet yang tepat agar bisa dimanfaatkan dengan baik tanpa ada kendala atau kekurangan apapun.

Tips Memilih Flysheet yang Tepat

flysheet tenda
Sumber: Freepik

Kalau saat ini kamu sedang berencana untuk membeli flysheet untuk keperluan camping tapi masih bingung harus memilih yang seperti apa, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicermati.

  1. Dalam memilih flysheet terbaik, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja komposisi bahan dari flysheet yang akan dipilih. Dengan mengetahui komposisi bahan flysheet maka kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan flysheet yang sesuai dengan kebutuhan. Flysheet yang baik hendaknya dibuat dari bahan khusus yang bersifat tahan air dan angin seperti bahan kain parasut dan nilon.
  2. Untuk memudahkan dalam melakukan perawatan, usahakan untuk memilih flysheet yang mudah dibersihkan dan dikeringkan. Dengan memakai flysheet yang mudah kering, maka flysheet yang kamu miliki dapat terhindar dari jamur yang mungkin tumbuh dan berkembang biak pada permukaan flysheet.
  3. Flysheet terbaik yang dipakai untuk camping hendaknya juga memiliki kualitas warna yang bagus dan tidak mudah luntur pada saat terpapar air. Kalau kamu ingin membeli flysheet warna-warni sebaiknya lakukan tes sederhana untuk menguji luntur tidaknya warna pada flysheet. Flysheet yang warnanya luntur saat terkena air biasanya akan berpotensi besar untuk melekat pada benda lain termasuk pakaian yang kamu kenakan.
  4. Usahakan untuk memilih flysheet yang ukurannya memang pas dengan kebutuhan, dalam artian tidak terlalu kebesaran atau kekecilan. 
  5. Pilih bentuk flysheet yang tepat. Bentuk utama flysheet antara lain berupa persegi panjang (rectangle), asimetris diamond atau persegi, hexagonal, dan 4 season tertutup.
  6. Jangan lupa periksa kelengkapan flysheet. Kalau kamu ingin mendapatkan flysheet yang awet maka sebaiknya pilihlah tali pengait flysheet berbahan nilon. Tali ini umumnya tidak akan mudah rusak saat bergesekan dengan pohon atau berbagai benda kasar lainnya.
  7. Pilih yang jahitannya bagus dan rapi.
Baca juga:  3 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Survival, Apa Saja?

Pilih Flysheet Tenda yang Dilengkapi Tas!

Selain memerhatikan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, pastikan juga keberadaan tas penyimpanan dari produk flysheet yang kamu pilih. Dengan adanya tas penyimpanan tersebut, maka kamu bisa lebih mudah dalam menyimpan dan membawa flysheet saat tidak dipakai.

Tas kecil yang disertakan saat pembelian flysheet bisa dipakai untuk membawa flysheet. Selain itu, fungsi lain dari tas flysheet adalah untuk melindungi flysheet agar tidak mudah kotor.

Sebagai pelengkap kebutuhan outdoor, flysheet umumnya ditawarkan dengan berbagai pilihan warna hingga kualitas yang berbeda. Rentang harga flysheet juga sangat bervariasi, jadi sebaiknya pilih saja flysheet tenda yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.