Ilustrasi menyiapkan bahan masakan (Sumber: iStockPhoto)

Bikin Hemat, Ini 7 Manfaat dan 5 Tips Food Preparation di Rumah!

Trend food preparation sedang marak di kalangan ibu-ibu. Metode ini dipercaya ampuh untuk menekan biaya pengeluaran bulanan, terutama soal bahan makanan. Tidak hanya itu, cara ini juga bisa menghemat waktu kita dalam menentukan menu masakan. Terkadang ada beberapa ibu yang bingung ingin memasak apa, sehingga mereka sering membeli bahan masakan. Dengan adanya metode ini, kamu tidak perlu sering-sering ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan masakan.

Food preparation atau meal prep adalah suatu cara untuk menyiapkan bahan masakan dengan jumlah banyak dalam satu waktu. Cara ini bisa dibilang cocok untuk wanita karier karena dapat mempermudah menyiapkan sarapan untuk keluarga. Untuk mengetahui lebih dalam tentang food preparation, simak 7 manfaat dan 5 tipsnya di bawah ini, ya!

Sumber: iStockPhoto

7 Manfaat Food Preparation

Ada 7 manfaat dari mempersiapkan makanan dengan jumlah banyak dalam satu waktu, antara lain sebagai berikut.

1. Menghemat Pengeluaran

Manfaat dari food prep yang pertama adalah menghemat pengeluaran. Hal yang sering membuang waktu saat hendak makan di antaranya mencari tahu ingin memasak apa atau bingung ingin memesan makanan apa secara daring. Dengan food prep, setidaknya kamu tahu bahwa ada stok makanan yang bisa kamu olah sebentar untuk menjadi makanan yang siap dinikmati. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu.

2. Memangkas Waktu Memasak

Dengan melakukan food prep, kamu tetap bisa mengonsumsi makanan rumahan tanpa perlu memasaknya sejak awal. Cukup hangatkan makanan di microwave atau di atas kompor selama beberapa menit, dan makanan sudah siap disantap. Meskipun waktu untuk menyiapkan bahan masakan membutuhkan waktu lama, namun jika semua dilakukan dalam sekali waktu, maka semua akan terasa lebih mudah dilakukan.

3. Membantu Tubuh Mendapatkan Gizi Seimbang

Sumber: iStockPhoto

Dengan menyiapkan bahan masakan, kamu bisa menentukan jenis asupan, jumlah lemak, karbohidrat, protein, serat, garam, gula, maupun komponen lain yang masuk ke dalam makanan. Dengan merencanakan menu makanan dalam waktu tertentu, kamu bisa mengatur berapa banyak bahan masakan yang akan kamu gunakan. Melalui food prep, kamu akan mendapatkan gizi yang seimbang.

Baca juga:  Inilah 10 Manfaat Selada Air dan Olahannya, Berkhasiat bagi Anak

4. Membuat Hidup Lebih Sehat

Penerapan food prep yang optimal akan membantumu untuk mengontrol berat badan. Pasalnya, metode ini adalah kegiatan yang dilakukan dengan merencanakan menu makanan untuk beberapa hari ke depan. Kamu dapat memperkirakan asupan kalori tubuh melalui menu yang telah direncanakan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menerapkan gaya hidup lebih sehat melalui food prep ini.

5. Mengatur Porsi Makan yang Sesuai

Biasanya, makanan yang kamu beli di warung makan memberikan lebih dari ukuran porsi yang disarankan. Konsumsi lebih banyak kalori daripada yang diperlukan bisa memicu kelebihan berat badan. Ketika kamu menyiapkan masakan sendiri, kamu dapat mengontrol porsi. Kamu juga bisa tahu persis bahan apa yang akan dimasukkan ke dalam tubuh. Karena itu, menyiapkan makanan telah menjadi kebiasaan baru untuk mencapai target berat badan ideal yang mudah dilakukan. 

6. Melatih Keterampilan Memasak

Jika kamu ingin lebih mahir memasak, melakukan food prep bisa menjadi guru yang hebat. Pasalnya, rutin mempersiapkan makanan bisa membantu kamu lebih mengenal dengan bahan-bahan makanan sehingga kamu akan tertantang untuk bisa menghidangkan suatu makanan hasil dari kreasimu di dapur. Karena menu masakan, bahan, dan bumbu sudah tersedia, tentunya akan membuat kita jadi semangat memasak. Jadi tidak ada alasan untuk terus-terusan beli makan di luar.

7. Makanan Lebih Awet

Sumber: iStockPhoto

Manfaat melakukan food prep yang terakhir adalah makanan akan menjadi lebih awet. Dengan memperhatikan wadah untuk bahan masakan dan penempatannya di dapur dan kulkas, maka bahan masakan dan juga bumbu masak bisa lebih awet. Kamu juga tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam menyiapkan bumbu masakan. Cukup masukkan bumbu yang sudah diawetkan di dalam kulkas.

5 Tips Food Preparation di Rumah

Setelah mengetahui 7 manfaat melakukan food prep, kamu juga perlu mencari tahu tips-tips melakukan food prep di rumah. Berikut 5 tipsnya:

Baca juga:  Kuncinya Konsisten, Ini 14 Cara Glow Up dari Dalam dan Luar yang Efektif

1. Menentukan Menu Masakan

Hal utama dari food prep adalah membuat rencana yang rapi. Saat kamu ingin memulai, tuliskan terlebih dahulu menu-menu yang ingin dimasak selama beberapa waktu ke depan. Catat setiap bahan yang dibutuhkan, sebelum pergi ke supermarket atau pasar untuk melengkapi yang belum dimiliki. Jangan belanja sebelum memiliki catatan karena ini biasanya akan membuat belanja berlebihan. Kemudian, pilih bahan makanan yang sehat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. 

2. Membeli Bahan Masakan Secukupnya

Setelah menentukan menu masakan, hal yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah membeli bahan masakan. Pilih bahan-bahan terbaik agar tidak membusuk sampai jadwal memasaknya tiba. Jangan lupa untuk membawa daftar food prep yang sudah disiapkan sebelumnya. Pasalnya, berbelanja tanpa daftar seringkali memicu sikap impulsif. Daripada membeli terlalu banyak dan membusuk di kulkas, lebih baik beli bahan masakan yang benar-benar dibutuhkan.

3. Memilih Wadah yang Sesuai

Sumber: iStockPhoto

Wadah yang berkualitas adalah salah satu hal terpenting yang perlu disiapkan saat kamu memutuskan untuk melakukan food prep. Pastikan memilih wadah yang bisa tertutup dengan rapat. Jika ada bagian yang terbuka, maka kualitas makanan tidak akan bisa terjaga dengan baik meski sudah disimpan di dalam kulkas sekalipun. Pilihlah wadah yang tahan suhu panas dan dingin karena akan mempermudah saat menyimpan dan memanaskan makanannya di dalam microwave, oven, atau dandang.

4. Memberikan Label pada Wadah Makanan

Tips food preparation berikutnya adalah menempelkan label wadah makanan. Jika makanan telah jadi dan ingin kamu simpan di kulkas, berikan catatan kapan makanan tersebut telah dibuat pada wadahnya. Sebagai contoh, telur yang telah direbus pada tanggal 29 Desember 2022 bisa kamu tempelkan catatan seperti, “telur rebus: 29/12/22” di wadahnya. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat mengidentifikasi umur simpan makanan dengan mudah supaya tetap aman ketika ingin dimakan.

5. Ketahui Cara Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan saat melakukan food prep adalah mengetahui cara menyimpan makanan di dalam kulkas. Pilihlah menu makanan yang tidak mudah basi. Perlu diingat bahwa makanan yang sudah disiapkan, juga harus disimpan di tempat yang tepat agar tidak mudah basi. Waktu stok makanan di kulkas bagian bawah dan di freezer tentu berbeda. Tips stok makanan di kulkas agar tidak cepat kadaluarsa adalah dengan memerhatikan waktu penyimpanannya.

Itulah 7 manfaat dan 5 tips melakukan food preparation di rumah. Melakukan food prep bisa membantumu menghemat waktu, menjaga nutrisi, serta berat badan di rentang ideal. Jika dipadukan dengan olahraga teratur, maka tubuh yang sehat pun bisa didapatkan.

Mia Atika

Add comment

Share