Foto Candid: Meski Blur, Simak Tipsnya Agar Fokus

Candid photography atau yang lebih dikenal foto candid adalah salah satu teknik pengambilan foto. Foto candid diartikan sebagai istilah yang digunakan untuk foto spontan, diam-diam, dan tanpa pemberitahuan. Meskipun demikian, jenis foto ini tidak sepenuhnya diambil diam-diam. Ada juga fotografer yang sengaja mengarahkan model atau objek foto untuk bergaya candid.

Memotret adegan candid atau kejadian yang secara alami terjadi itu susah-susah gampang. Selain kita harus selalu siap sedia menjepret adegan, obyek foto harus bersikap natural dan tak mati gaya saat tahu dirinya sedang difoto. Lantas, bagaimana tips memotret candid agar tetap natural? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

foto candid
Sumber: iStockPhoto

Tips Saat Melakukan Candid Photography

Mengabadikan momen langka pastinya tidak mudah. Oleh karena itu, butuh tips khusus agar bisa menciptakan karya fotografi candid berkualitas. Nah, apa saja yang seharusnya dipahami?

1. Tanpa Flash

Tidak perlu memakai flash. Meskipun kondisinya miskin cahaya, tetap menghindari penggunaan flash. Sebab bisa membuat objek foto mengetahui keberadaan dan aktivitas fotografer. Sebagai penggantinya, kamu bisa meningkatkan ISO dan melebarkan aperture-nya. 

2. Sabar

Agar bisa menghasilkan foto candid yang bagus, maka fotografer harus ekstra sabar. Tujuannya agar bisa menangkap momen terbaik dari objek foto. Seperti ketika menatap ke arah fotografer, ekspresi, gaya, dan sebagainya.

Baca juga:  Butuh Panduan Staycation Saat Pandemi? Cek di Sini!

3. Lensa Tele

Tujuannya agar kehadiran fotografer tidak diketahui oleh target bidikan kamera. Posisi yang jauh tetap bisa mendapatkan hasil foto berkualitas, bahkan foto close up sebab menggunakan lensa tele.

4. Konteks

Supaya hasil fotonya lebih menarik dan memiliki cerita tersendiri, maka harus menambahkan konteksnya. Agar fotonya tidak terasa datar atau biasa-biasa saja. Caranya bisa dengan memposisikan objek di bagian kanan atau kiri frame. Tujuannya untuk menampilkan lokasi keberadaan mereka atau aktivitas yang tengah dilakukan.

5. Sigap

Selalu sigap menangkap momen terbaik. Fotografer harus memiliki insting yang kuat atas segala pergerakan target fotonya. Dengan begitu, bisa lebih sigap dalam menangkap setiap momen yang dianggap istimewa. Sehingga bisa memberikan cerita menarik dan terlihat sangat natural.

6. Gerak Cepat

Bergerak cepat untuk dapatkan angle yang tepat. Fotografer tidak bisa berkomunikasi dengan objek foto, layaknya saat melakukan pemotretan di studio foto. Oleh karena itu, anda harus bisa mengikuti pergerakan mereka. Supaya bisa juga menangkap momen istimewa dari sudut pandang yang lebih menarik.

Tips Candid Photography dengan Ponsel

foto candid
Sumber: iStockPhoto

1. Untuk Adegan yang Sama, Ambil Lebih dari Lima Foto

Langkah awalnya pastikan kuota penyimpanan data di ponselmu lebih dari cukup untuk kepentingan merekam adegan candid. Karena kita harus siap menjepret banyak adegan untuk mendapatkan satu foto yang terlihat natural. Apalagi bila obyek foto sering bergerak. Lebih baik foto sebanyak-banyaknya daripada harus mengulang adegan.

2. Fitur Burst

Dari 10 foto burst yang kita ambil, biasanya ada 1-2 foto yang berkualitas bagus. Kalau ponsel tidak memiliki fitur burst, cukup tekan tombol foto berulang kali.

Baca juga:  Intip 8 Ide Kegiatan untuk Event Sumpah Pemuda di Sekolah!

3. Zoom dengan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fitur zoom umumnya menghasilkan foto yang kurang baik. Beranikan mendekatkan diri pada obyek foto. Ada perbedaan yang sangat signifikan dari hasil foto saat kamu berada lebih dekat dengan obyek foto. Bergeraklah di sekitarnya. Bukan malah menyuruh ia pindah posisi. Ambil foto dari berbagai sudut pandang. Tapi juga jangan terlalu mengintimidasi dirinya. Pastikan kamu sudah mendapatkan izin memotret darinya.

4. Aturan Sepertiga

Konsep aturan sepertiga atau rule of thirds dalam dunia fotografi umum diterapkan. Biasanya kamera ponsel memiliki fitur grid yang membagi gambar menjadi sembilan bagian. Fitur ini berfungsi agar kita bisa mengatur komposisi foto. Perhatikan bahwa ada pertemuan garis di antara sembilan kotak yang terlihat.

Aturan sepertiga itu berarti kita menempatkan obyek foto di antara pertemuan garis-garis tersebut. Ini karena secara natural mata kita akan fokus kepada garis-garis tadi. Jadi kuncinya bukan menempatkan obyek di tengah, tapi justru memberikan ruang agar menambahkan konteks ke dalamnya.

5. Matikan Flash dan Shutter

Kalau mau menjadi invisible saat memotret adegan candid, maka pastikan flash dan bunyi kamera dalam keadaan off. Jangan sampai awkward moment terjadi karena obyek foto terganggu dengan bunyi “cekrek-cekrek”.

6. Memotret dari Pinggul

foto candid
Sumber: iStockPhoto

Seringkali obyek foto jadi salah tingkah ketika kita memotretnya. Kamu bisa menurunkan ponsel hingga searah pinggul lalu memotret dari sudut pandang ini. Obyek foto akan merasa lebih nyaman. Kamu pun bisa mendapatkan sudut pandang yang berbeda dari biasanya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk candid photography. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, harapannya kamu bisa mendapatkan hasil foto yang estetik. Adegan candid bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Apakah kamu tertarik untuk mengambil hasil foto di lapangan dengan teknik candid ini?