Kamu Harus Coba! Game Indonesia yang Menarik untuk Dimainkan

game indonesiaSumber: http://www.pcworld.com/

Seperti yang telah diketahui, bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar utama para developer game luar negeri untuk memasarkan hasil karyanya. Jumlah pemain yang banyak serta loyal menjadi salah satu alasan utama kenapa Indonesia merupakan target utama mereka. Namun, di samping dominansi yang ditunjukkan oleh para developer asing, developer Indonesia juga banyak yang mulai berkarya di kancah game. Bahkan karya mereka sudah mulai memasuki platform Steam yang pastinya dapat dilihat dan dinikmati oleh seluruh orang di dunia, lho. Penasaran game apa saja yang developer-developer Indonesia telah buat? Berikut ini ada beberapa game asli buatan orang Indonesia yang sudah rilis di Steam, dan game Indonesia yang bisa kamu unduh di Playstore

Game Indonesia yang Rilis di Steam

game indonesia
Sumber: http://store.steampowered.com/

Bagi kamu yang ingin menikmati game-game yang ada di platform Steam, kamu harus coba rekomendasi game Indonesia seperti di bawah ini. 

1. Infectonator: Survivors

Game yang satu ini adalah game strategi asli buatan orang Indonesia yang ada di Steam dengan harga $12. Meskipun harganya cukup mahal, namun game ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Bermain sebagai sekelompok orang yang selamat dari serangan zombie, kamu harus mampu mengalahkan zombie dan bertahan hidup di sebuah kota yang sudah hancur. Dengan interface yang seperti game mobile, Infectonator: Survivors ini nampaknya sangat mungkin untuk dibawa ke platform mobile kedepannya. Hal yang harus kamu ketahui adalah, dibutuhkan strategi dan pengalaman yang banyak untuk bisa menyelesaikan game ini. Jadi, bagi kamu yang penasaran dan tertantang, bisa langsung coba game ini di Steam. 

2. Celestian Tales: Old North

Kalau kamu suka game dengan sistem RPG Klasik, mungkin kamu harus coba game Indonesia yang satu ini. Celestian Tales: Old North merupakan sebuah game strategi dengan sistem Japanese RPG Klasik yang bercerita tentang sebuah tokoh yang bisa kamu pilih, berusaha untuk menyelamatkan dunia bersama beberapa teman yang akan ditemuinya selama perjalanan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik untuk seluruh manusia. Kekuatan dari game ini adalah jalan ceritanya yang baik, serta penuh nilai dan moral yang positif. 

3. Nusakana

Nusakana adalah game RPG Openworld yang unik, buatan Studio Namaapa yang berbasis di Indonesia. Game Nusakana ini menceritakan tentang seorang pemancing yang datang ke sebuah pulau setelah mendapatkan sebuah surat misterius yang ingin dipecahkan. Diberikan waktu selama 1 tahun, para pemain akan menjelajah pulau sesuka hati untuk menemukan maksud dari pesan misterius itu. Kamu juga harus bertahan hidup dengan makanan yang cukup, serta membuat alat-alat yang mungkin bisa membantu kamu untuk bertahan hidup di pulau itu. Salah satu unsur unik dalam game ini adalah nama-nama barangnya yang bisa diubah ke dalam bahasa Indonesia. Selain itu, game ini juga disertai dengan 40 jenis ending, yang pastinya akan membuat kamu tidak akan pernah bosan untuk mencoba beberapa ending yang ada. 

Baca juga:  Rekomendasi Action Game Android Terbaik Tahun 2020

4. DreadOut

Salah satu game Indonesia yang sangat terkenal di dunia adalah DreadOut. Berhasil menembus pasar internasional dan sempat dimainkan oleh Pewdiepie, game horror yang satu ini bercerita tentang sekelompok murid yang sedang pergi ke sebuah desa yang tidak terurus. Linda, karakter yang bisa kamu kendalikan, harus bisa melawan gangguan para makhluk halus yang mengganggunya secara terus-menerus hanya dengan smartphone yang dibawanya. Kamu harus bisa menyelesaikan segala teka-teki yang cukup sulit untuk bisa menyelesaikan segala misi yang ada.

Game Indonesia yang Bisa Diunduh di Playstore

game indonesia
Sumber: https://www.androidauthority.com/

Ternyata ada banyak studio asal Indonesia yang produktif menghasilkan game di platform Android. Di antara game-game tersebut, mungkin ada yang sudah kamu ketahui karena memang sempat booming di Indonesia, seperti game Tahu Bulat karya Own Games. Selain itu, berikut ini ada rekomendasi game android buatan Indonesia terbaik yang bisa kamu unduh di Playstore

1. Partner in Cream

BinaryStudio 54 yang biasanya lebih sering merilis game yang berfokus pada konsep casual dan strategi seperti Juragan Hotel, Tap City Tycoon, dan Legend War: Battle Strategy, kini mencoba keluar dari zona nyamannya dengan merilis game ber-genre visual novel. Game berjudul Partner in Cream ini bercerita tentang seorang siswa bernama Arka yang berjuang untuk keluar dari sekolah dengan status lulus, bukan drop out. Dialog-dialog yang ditawarkan cukup segar, sehingga membuat kamu ingin berlama-lama untuk memainkan game yang satu ini. 

Baca juga:  5 Strategi Sukses Melakukan Social Media Marketing

2. TTS Lontong

Pengembang Gambir Game Studio mengimplementasikan kekonyolan Cak Lontong lewat sebuah game yang memiliki judul resmi TTS Lontong. Karena game ini merupakan sebuah game adaptasi dari program tv yang ada, secara gameplay kamu hanya perlu menebak sebuah pertanyaan yang akan dilontarkan oleh Cak Lontong di dalam game. Menariknya, game ini sempat booming dan bahkan sering digunakan sebagai content oleh para Youtuber lokal.

3. Mini Racing Adventure

Game ini dikembangkan oleh Minimo Studio, yang diberikan judul resmi Mini Racing Adventures. Game ini mengusung sebuah game racing yang cukup menarik, karena selain menawarkan sebuah aksi kebut-kebutan, game ini juga menambahkan sebuah elemen arcade di dalamnya. Mini Racing Adventures ini wajib kamu mainkan, karena selain memiliki tampilan yang indah dan memiliki gameplay yang menarik, game ini juga cocok dimainkan di hampir semua smartphone. Dalam Mini Racing Adventures sendiri, kamu tidak hanya akan mengendarai mobil-mobil balap saja. Namun kamu juga bisa menggunakan kendaran perang seperti tank atau sebuah truk dengan 6 roda.

4. Tebak Gambar

Tebak Gambar merupakan sebuah game yang fun sekaligus mengasah otak. Secara gameplay, game ini tergolong cukup simple, kamu harus menebak sebuah potongan-potongan gambar yang disusun sedemikian rupa di mana gambar-gambar tersebut akan menjadi sebuah kosakata yang baru. Jawaban dan gambar-gambar dalam game ini diambil dari istilah sehari-hari. Seperti misalnya ungkapan lucu, ataupun berupa isu dan peristiwa yang sedang terjadi di Indonesia. Kamu perlu mengalahkan setiap tantangan yang ada jika ingin naik level.

5. Ramen Chain

Ramen Chain merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh Touchten Games dengan genre time management. Kamu akan merasakan pengalaman bagaimana repotnya menjadi seorang penjual ramen dan memenuhi keinginan pembeli yang aneh-aneh. Secara gameplay, kamu harus berpacu dengan waktu untuk memenuhi pesanan dari para pembeli, di mana mereka tidak bisa menunggu terlalu lama. Hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat kepuasaan para pembeli yang akan menentukan skormu di akhir permainan. 

Itulah beberapa game Indonesia yang bisa kamu coba. Tentukan pilihanmu sekarang dan selamat bermain!

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru