13 Game Tembak-Tembakan untuk Temani Libur Sekolahmu

Memainkan game tembak-tembakan memang memiliki keseruan tersendiri. Ingatkah kamu semasa kecil bermain game duck shooter di Nintendo? Pastinya seru kan, membidik bebek terbang lalu menembaknya. Saat ini, ada banyak sekali permainan tembak-tembakan. Entah itu FPS (First Person Shooter) dimana pemainnya melawan AI (komputer) maupun bermain bersama player lain.

Kamu bisa memainkannya secara daring dengan menggunakan jaringan internet maupun secara luring dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Memasuki masa liburan, ada baiknya kamu mencoba memainkan 13 game berikut ini.

game tembak-tembakan
Sumber: Google Play

13 Rekomendasi Game Tembak-Tembakan

1. PUBG (Player Unknown Battleground)

game tembak-tembakan
Sumber: Google Play

Inspirasi dari game ini adalah film asal Jepang “Battle Royale”, yang menantangmu untuk menjadi satu-satunya orang yang bisa bertahan hidup di dalam permainan. Konsep dan desainnya dipikirkan secara matang oleh Brendan Greene yang memiliki nickname PlayerUnknown.

Game ini dirilis tahun 2017 untuk PC dan console. Baru pada tahun 2018 lalu, game ini dirilis untuk versi mobile. Game ini bahkan menang penghargaan untuk kategori “Best Mobile Game” pada 36th Golden Joystick Awards tahun 2018. Secara gameplay dan grafis, PUBG memang menarik, karena kamu bisa memilih model yang diinginkan. Baik itu solo, duo, atau satu geng yang berisi 4 orang.

Kamu bisa pilih perspektif dari orang pertama atau orang ketiga. Game selalu dibuka dengan pemain yang melakukan terjun payung ke area pertempuran. Kamu hanya akan dilengkapi dengan peralatan standar yang bisa di-upgrade dengan mengumpulkan senjata tersembunyi di area. Jika kamu berhasil mengalahkan lawan, barang-barang mereka pun bisa kamu ambil.

2. COD (Call of Duty)

game tembak-tembakan
Sumber: PlayStation

Game ini memiliki versi PC dan mobile. Untuk versi PC dan console, Call of Duty pertama kali dirilis tahun 2003 dengan latar belakang Perang Dunia ke-2. Karena langsung booming, game ini jadi begitu disukai dan merilis berbagai seri, seperti Modern Warfare atau Black Ops.

Untuk versi mobile, Call of Duty sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu dan judul terakhir yang dirilis adalah Call of Duty: Mobile pada tahun lalu. Banyak orang awam yang tertarik bermain game FPS (beserta seri Call of Duty lainnya) karena mencoba versi mobile yang ini. Versi ini sebenarnya mirip dengan seri yang sudah ada dengan mode PvP biasa atau mode battle royale dengan 100 pemain dalam sekali main. Kamu bisa modifikasi peralatan dan perlengkapanmu sendiri. Secara gameplay, Call of Duty: Mobile sangat menarik untuk dicoba.

3. Overwatch

game tembak-tembakan
Sumber: Battle.net

Game tembak-tembakan Overwatch hanya bisa dimainkan di Windows, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Dirilis tahun 2016 (dan 2019 untuk Nintendo Switch), Overwatch cukup sukses saat perilisan. Hal ini dikarenakan saat beta testing, ada hampir 10 juta pemain yang log in ke dalam permainan ini. Selain itu, developer game, Blizzard Entertainment mengklaim bahwa mereka mampu meraup keuntungan lebih dari 1 miliar USD. Mereka juga memiliki lebih 50 juta pemain di seluruh dunia. Banyak yang bilang kelebihan Overwatch ada pada gameplay yang asyik, bisa dimainkan secara gratis, desain karakter yang menarik, dan pilihan karakter yang banyak. Saking populernya, ada juga turnamen e-sport untuk game ini, yaitu Overwatch League!

Baca juga:  Jangan di Skip! Inilah Manfaat Clear Cache untuk Android

4. Valorant

game tembak-tembakan
Sumber: Epic Games

Setelah melalui serangkaian uji coba sejak 2022, Valorant akhirnya dirilis awal bulan Juni 2023 untuk Microsoft Windows. Latar game ini adalah di masa depan, dengan kamu (main character) sebagai seorang agen yang mengemban misi tertentu. Pilihan karakternya dirancang cukup banyak dan menampilkan ciri khas dari berbagai negara.

Mirip seperti game tembak-tembakan pada umumnya, karakter yang kamu buat akan memulai semua mode dengan peralatan tempur seadanya. Tapi, yang berbeda adalah kemampuan agen yang dipilih. Jika di game biasa, kamu hanya bisa mengandalkan kemampuan diri sendiri. Sedangkan di Valorant, skill karakter yang dipilih pemain juga penting.

Dibuat oleh developer yang sama dengan League of Legends, yaitu Riot games, game ini juga memiliki model permainan 5v5. Ada juga mode bertarung dengan sistem battle royale. Meski baru, game ini cukup banyak disukai karena gameplay yang asyik dan tidak ribet.

5. Apex Legends

game tembak-tembakan
Sumber: EA Games

Apex Legends jadi rekomendasi game tembak-tembakan yang bisa jadi pilihan kamu untuk mengisi libur sekolah. Permainan berkonsep battle royale ini bisa kamu mainkan dalam tim beranggotakan 3 orang. Nantinya masing-masing pemain bisa menggunakan karakter legend yang berbeda. Dalam satu pertandingan bisa mencapai 20 tim yang saling beradu mekanik. Game ini juga menawarkan fitur obrolan suara dengan sesama timnya sehingga permainan akan semakin seru dengan strategi yang lebih terencana. 

Baca juga: Kamu Harus Coba! Game Indonesia yang Menarik untuk Dimainkan

6. Dead Effect 2

game tembak-tembakan
Sumber: Steam

Game ini dirilis tahun 2015 untuk iOS dan Android, tapi ada juga versi Windows, OS X, Xbox One, dan PlayStation 4 beberapa tahun kemudian saking booming-nya. Untuk memainkan game ini, kamu bisa pilih platform game mana saja. Jika biasanya game shooting memiliki latar waktu dan tempat berupa dunia perang, ini adalah salah satu game tembak-tembakan dengan genre horor. Kamu bisa pilih mode klasik atau story mode dengan memainkan karakter tertentu. Nah, karakter ini punya kelebihan masing-masing. Ada yang pakai shotgun, ada yang pakai hand weapon yang lebih ke pertarungan jarak dekat.

7. Cover Fire

game tembak-tembakan
Sumber: Nintendo

Cover Fire menjadi game menembak terbaik di Google PlayStore. Game ini disebutkan memiliki grafik 3D realistis. Di dalamnya, pengembang yaitu Viva Games Studio sudah menyiapkan berbagai fitur menarik. Kamu bisa langsung mencoba memainkan game tembakan luring ini dengan mengunduhnya secara gratis.

8. Point Blank

game tembak-tembakan
Sumber: IndoGamers

Game asal Korea Selatan ini pertama kali debut tahun 2008 dan hanya bisa dimainkan melalui platform Microsoft Windows. Game daring ini mirip dengan Counter-Strike. Ada fitur destruktif, setting tempat yang juga dinamis, karakter yang punya latar cerita kuat, dan juga pengaturan skill sendiri.

Di game yang satu ini, kamu bisa pilih mau masuk tim mana: CT-Force (tim anti-teroris) atau Free Rebels (tim teroris). Misi dari permainan ini adalah untuk menghancurkan lawan. Kamu bisa pilih 1 dari 4 karakter yang ada. Ada juga karakter lain yang lebih ciamik, tapi kamu harus membelinya dengan uang. 

9. Doom Eternal

game tembak-tembakan
Sumber: Xbox

Game ini memiliki sejarah panjang yang dimulai dari tahun 1993. Dari MD-DOS, Sega console, Atari, hingga ke Android. Jika kamu sudah familiar dengan kisah dan latar belakang Doom, maka kamu pasti sudah paham kalau Doom Eternal sudah dirilis bulan Maret 2020. Game ini juga sekaligus menjadi seri utama yang ke-5. Kisahnya masih seputar Doom Slayer dengan sudut pandang first person. Di seri ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam senjata, dari yang kelas ringan sampai yang kelas berat.

Baca juga:  Kamera Polaroid: Rekomendasi dan Tips Menghasilkan Foto Menarik

Beda dengan seri sebelumnya, Doom Eternal menawarkan beberapa fitur baru, seperti memanjat dinding, lari cepat, dan gerakan berayun. Ada juga musuh baru, seperti Marauder dan Doom Hunter. Game ini bukan untuk mobile, karena hanya dirilis di platform Microsoft Windows, PlayStation 4, Stadia, dan Xbox One.

10. Half-Life: Alyx

game tembak-tembakan
Sumber: Steam

Half-Life menjadi debut game alias game pertama yang dirilis oleh Valve di tahun 1998. Dirilis untuk PC, game ini memiliki bumbu horor yang membuat tegang. Saking populernya, game ini jadi menginspirasi penggemarnya untuk membuat game baru, seperti Counter-Strike, Day of Defeat, dan Sven Co-op. Meski terinspirasi, ketiga game ini akhirnya jadi game yang bisa berdiri sendiri.

Untuk Half-Life: Alyx, game ini baru dirilis bulan Maret tahun ini dan latar belakang ceritanya ada di antara Half-Life (1998) dan Half-Life 2 (2004). Karakter yang kamu mainkan adalah Alyx Vance yang memiliki misi untuk merebut senjata dari musuh. Game ini hanya dirilis untuk Microsoft Windows dan Linux. Meskipun begitu, kamu bisa memainkan game ini dengan VR headsets yang membuat “nyata” ketegangan dan keseruan misi.

Baca juga: 11 Rekomendasi Game yang Bisa untuk Mabar

11. Hitman: Sniper

game tembak-tembakan
Sumber: EuroGamer

Dirilis tahun 2015, game ini hanya bisa dimainkan di Android lewat Google Play dan iOS. Di game ini, kamu akan memainkan karakter Agent 47 yang berusaha menyelesaikan misi menghabisi beberapa target. Tidak hanya dari senjata, kamu bisa memanfaatkan situasi dan kondisi untuk menghabisi musuh. Banyak gamer yang menyukai game ini karena sederhana dan puzzle-nya menantang. Untuk level action dan keseruan tembak-tembakannya, ada kemungkinan kamu menyukai game lain. Tapi jika kamu menyukai kombinasi genre FPS dan puzzle, kamu harus coba ini.

12. Warface

game tembak-tembakan
Sumber: Steam

Game yang bisa dimainkan di PC gaming ini menghadirkan mode PvE dan PvP. Di permainan ini cukup unik karena tersedianya customization on the fly, yakni kamu tetap bisa melakukan kustomisasi mengganti berbagai aksesoris senjata pada saat kamu sedang bertarung dengan musuh. Di game ini kamu juga bisa melakukan manuver taktis yang pastinya akan membuat  permainan kamu lebih seru bersama teman-teman. Misi-misi baru setiap harinya bisa kamu variasikan. 

13. Blacklight Retribution

game tembak-tembakan
Sumber: Polygon

Game ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri untuk kamu coba memainkannya. Inilah game yang menghadirkan HRV dengan kemampuan pemain bisa menembus tembok saat akan mengetahui di mana lokasi musuhnya berada. Tidak hanya itu, pada saat bermain kamu juga berkesempatan menikmati fitur shop untuk membeli aneka item yang bisa menjaga kelangsungan hidup dari karakter yang kamu mainkan. Tersedia juga menu kustomisasi untuk setiap karakter yang kamu mainkan. Bisa kamu pilih sesuai gaya permainanmu. Hardsuit dalam game ini mampu memutar balikkan jalannya alur permainan. Pastinya seru dan menarik untuk kamu coba.

Bermain game memang jadi hiburan tersendiri yang menantang. Beberapa manfaat yang kamu rasakan saat bermain game antara lain meningkatkan kemampuan kognitif, mengendalikan emosi, hingga melatih kemampuan berpikir taktis. Kalau kamu serius menekuninya, peluang ikut kompetisi e-sport juga terbuka lebar.