11 Rekomendasi Game yang Bisa untuk Mabar

Keseruan memainkan gim bersama teman-teman atau keluarga memang tiada duanya. Agar tidak cepat bosan dengan permainan yang itu-itu saja, kamu pasti sering mencari rekomendasi game yang bisa mabar (main bareng). Jika kamu ingin bermain gim tanpa takut kuota internet habis, kamu bisa memainkan game offline. Namun jika kamu ingin bermain game dengan teman-teman dengan kuota internet, kamu bisa bermain game online.

Ada beberapa keuntungan dalam bermain gim online maupun offline. Meskipun mabar dalam gim offline tidak memerlukan kuota internet, namun kamu tetap bisa bermain dengan pemain lain. Sedangkan mabar gim online memungkinkan kamu bermain bersama pemain yang kamu kenal ataupun orang asing, bahkan dari luar negeri. Penasaran game apa saja yang bisa untuk mabar? Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

game yang bisa mabar
Sumber: iStockPhoto

7 Game Online yang Bisa Mabar

Kamu ingin permainan yang bisa mabar dengan pemain dari mana saja? Ini dia daftar gim mabar online yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

1. Fortnite

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Kalau suka game battle royale semacam PUBG dan Apex Legends, kamu pasti akan ketagihan memainkan Fortnite. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang mirip dengan kebanyakan battle royale, namun dengan beberapa perbedaan menarik. Fortnite memiliki tiga mode permainan, yaitu battle royale, creative, dan save the world. Fitur ini menjadikannya salah satu game yang bisa mabar pilihan banyak pemain.

Moda creative mengizinkan pemain membangun petanya sendiri, sementara moda save the world mengharuskanmu bekerjasama dengan teman-teman untuk bertahan dari serangan zombi. Adanya dua mode tambahan tadi tentunya bisa menghindarkan pemain Fortnite dari rasa bosan. Apalagi, keduanya menawarkan mekanisme crafting yang mendorong kreatifitasmu. Selain itu, dalam gim ini rutin diperbarui dengan event, item, dan perubahan map. Karena selalu ada hal baru yang bisa pemain temukan di gim ini, tidak heran kalau Fortnite dinobatkan sebagai salah satu gim nomor 1 di dunia.

2. Genshin Impact

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

RPG online gratis umumnya memiliki banyak kekurangan, entah itu dari segi konten atau mekanisme permainannya. Nah, Genshin Impact tidak termasuk dalam stereotip gim yang bisa mabar itu. Meski bisa dimainkan secara gratis, Genshin Impact menawarkan dunia yang luas. Dengan banyaknya tempat yang bisa dijelajahi, kamu tidak akan segera beranjak dari gim multiplayer online Android ini.

Desain karakter adalah elemen lain dari Genshin Impact yang patut diacungi jempol. Saat ini ada sekitar 70 karakter yang bisa kamu mainkan dan masing-masing diberi kostum yang indah. Tentunya, Genshin Impact juga asyik untuk dimainkan bersama teman. Pertarungan di dalam game yang bisa mabar ini mengandalkan kekuatan elemen, seperti api, air, es, dan batu. Kamu bisa menggabungkan seranganmu dengan milik teman untuk menciptakan berbagai reaksi elemen yang mampu mengalahkan musuh dengan lebih mudah.

3. Dota 2

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Ingin gim mabar online untuk PC yang fokusnya pertarungan tim? Kalau begitu, sebaiknya kamu memilih yang genre-nya MOBA seperti Dota 2. Popularitas gim ini sudah tidak dipungkiri. Gim ini masih menjadi salah satu permainan yang dipertandingkan di berbagai turnamen e-sport meski dirilis tahun 2013. Ia pun masuk dalam daftar gim nomor 1 di Indonesia. Salah satu faktor yang membuat Dota 2 tidak tergerus zaman adalah pilihan hero atau karakter yang begitu banyak.

Baca juga:  Mengenal 6 Jenis Sistem Pengamanan Biometrik dan Fungsinya

Kini gim yang bisa mabar ini memiliki sekitar 120 hero dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Karena hal itu, pengalaman bermain Dota 2 bisa berbeda tergantung pada hero yang digunakan dalam tim. Contohnya, ada yang memiliki health points tinggi sehingga tahan banting untuk dijadikan umpan. Di samping itu, Dota 2 menawarkan kontrol yang mudah dipahami. Jadi, kalau ada teman yang belum pernah memainkan gim ini, dia tidak perlu waktu lama untuk mempelajari kendalinya.

4. Call of Duty: Mobile

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Call of Duty: Mobile merupakan salah satu gim bisa mabar yang dijamin tidak membosankan. Tak seperti kebanyakan permainan FPS mobile, gim ini menyediakan beberapa moda sekaligus. Bagi yang biasa memainkan berbagai gim Call of Duty atau COD di PC, moda team deathmatch menawarkan pengalaman bermain yang serupa. Kamu dan teman-teman membentuk tim berisi lima anggota untuk mengalahkan tim-tim lainnya dari seluruh dunia.

Kalau ingin model permainan battle royale, game yang bisa mabar ini juga menyediakannya. Peraturannya sama dengan gim mabar online battle royale lainnya, yaitu bertahan hidup melawan para pemain lain dalam map yang terus mengecil. Yang tidak kalah menarik, COD: Mobile memiliki moda bomb mission. Cara bermainnya mirip dengan Counter Strike, di mana salah satu tim memiliki bom untuk diledakkan, sementara tim lainnya mencegah upaya tersebut.

5. Mobile Legends: Bang Bang

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Sering disingkat jadi ML saja, ini adalah salah satu gim bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang paling populer di Indonesia. Dirilis tahun 2016, gim ini sempat menjadi gim yang paling banyak diunduh di tahun 2017. Mobile Legends seru karena ada banyak karakter yang disebut hero di dalamnya. Pemain memilih sendiri siapa hero yang mereka mainkan.

Semakin push rank atau ranking yang semakin naik, maka semakin banyak lagi hero yang bisa dimainkan dan pastinya makin banyak juga senjata dan item menguntungkan yang bisa dimiliki pemain. Di gim ini, kita bisa membuat tim yang terdiri dari 5 pemain, lalu kita akan melawan tim lainnya. Gim ini sangat populer di Asia Tenggara, karena itu banyak hero yang diambil dari kebudayaan tiap negara di Asia Tenggara. Dari Indonesia misalnya ada Kadita yang dibuat berdasarkan Nyai Roro Kidul dan Gatotkaca yang terinspirasi dari Ghatotkacha.

6. PUBG Mobile

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Game yang bisa mabar bergenre Battle Royale ini pertama kali dirilis di akhir Desember 2017. Kamu bisa bermain dengan maksimal 99 orang lainnya, jadi seru banget untuk mabar. PUBG Mobile dikembangkan oleh PUBG Studios dan bisa dimainkan di perangkat Windows, Android, hingga PlayStation dan Xbox.

Pemain akan memulai dari naik di atas pesawat, lalu terjun ke bawah menggunakan parasut. Di peta ada 8 area yang ukurannya berbeda-beda. Begitu mendarat, tiap pemain harus mencari-cari senjata dan item yang menguntungkan di dalam gedung, kota hantu, dan lain sebagainya. Beberapa menit sekali, area yang bisa dimainkan oleh pemain makin mengerucut di lokasi yang acak. Pemain yang tak sengaja berada di area yang aman akhirnya tereliminasi. Pemain yang berhasil selamat bisa melanjutkan permainan.

7. Free Fire

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Gim Battle Royale yang dikembangkan Garena ini dirilis bulan Desember 2017. Tahun 2019, Free Fire menjadi mobile game yang paling banyak diunduh secara global. Di tahun 2023, pengguna aktif hariannya mencapai 187 juta! Di bulan September 2021, Garena merilis Free Fire Max yang kualitas grafisnya lebih meningkat dibandingkan Free Fire.

Baca juga:  Rekomendasi HP Flagship Terbaik, Murah Tapi Berkualitas

Free Fire menawarkan 15 moda gim. Beberapa yang paling populer adalah Explosive Jump, Team Deathmatch, Rampage, Cold Steel, dan Pet Mania. Namun, event ini hanya ada di waktu tertentu saja. Sedangkan moda yang selalu bisa dipilih adalah Battle Royale, Lone Wolf, dan Clash Squad.

4 Game Offline untuk Mabar

Untuk kamu yang ingin mabar namun khawatir kuota internet habis, kamu bisa memainkan gim luring ini.

1. Terraria

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Gim yang bisa mabar ini tidak disertai tujuan khusus. Inti dari permainannya adalah menjelajahi sebuah dunia sambil mengumpulkan berbagai jenis sumber daya alam untuk membuat rumah dan persenjataan. Kedua objek tersebut dibutuhkan untuk melindungimu dan teman-teman dari musuh yang datang secara acak. Sebenarnya, Terraria menyediakan moda single player.

Akan tetapi, proses mengumpulkan sumber daya dan membangun rumah akan lebih mudah jika kamu dan teman saling bahu-membahu. Terlebih, kamu jadi tidak sendirian dalam menghadapi musuh. Hal lainnya yang menarik dari Terraria adalah petanya yang bersifat acak. Setiap kamu memulai server baru, dunianya akan berbeda. Oleh karena itu, gim yang bisa mabar ini selalu memberikan pengalaman baru setiap kali kamu mengulang permainannya.

2. UNO

game yang bisa mabar
Sumber: Pinterest

Siapa yang tidak kenal UNO? Kamu dan teman-teman pasti setidaknya pernah memainkan gim kartu ini sebelumnya. Kini, UNO juga bisa kamu mainkan melalui gawai seperti smartphone maupun tablet. Jumlah pemainnya tetap sama, yaitu empat orang. Namun, dalam game yang bisa mabar ini ada beberapa moda tambahan.

Misalnya, pertandingan dua lawan dua. Kamu dan salah satu teman saling membantu mengurangi kartu di tangan untuk mengalahkan dua teman lainnya. Bahkan, ada moda di mana kamu bisa menentukan peraturan sendiri. Sebagai contoh, jumlah kartu digandakan agar permainan menjadi lebih lama dan seru.

3. Dual!

game yang bisa mabar
Sumber: Youtube SEABAA

Dual! merupakan gim bisa mabar di ponsel yang sederhana nan unik. Permainannya seolah menggabungkan layar gawai milik dua pemain. Misalnya, ketika satu pemain menembak, lintasan pelurunya akan terlihat juga di layar pemain kedua. Ada 3 moda yang bisa kamu mainkan bersama teman di game yang bisa mabar ini, yaitu duel, deflect, dan defend.

Moda duel tersedia gratis, sedangkan dua lainnya harus kamu beli seharga $2.99. Peraturan moda duel sangat simpel. Intinya, kamu dan teman harus menembak satu sama lain. Untuk menghindari tembakan, kamu harus memiringkan gawaimu. Menarik, kan? Dalam di moda deflect, permainannya mirip sepak bola. Kamu dan teman memantulkan sebuah bola ke arah satu sama lain untuk menciptakan gol. Sementara itu, moda defend dalam gim yang bisa mabar ini membutuhkan kerjasama kedua pemain. Masing-masing harus menembak musuh yang datang agar tidak mencapai ujung layar.

4. BombSquad

game yang bisa mabar
Sumber: Google Play

BombSquad adalah gim di mana kamu dan pemain lain menggunakan bom untuk memenangkan pertandingan. Bentuk pertandingan dalam BombSquad ada beberapa macam, termasuk king of the hill, capture the flag, dan hockey. Inti dari semua pertandingan ini sama, yaitu tim-mu harus mendapatkan skor tertinggi untuk menang.

Yang menarik, BombSquad bisa dimainkan hingga delapan orang secara offline melalui satu jaringan WiFi. Cara memainkan gim yang bisa mabar ini bisa melalui gawai sendiri-sendiri atau di satu layar dengan controller masing-masing. Bahkan, kamu bisa menggunakan gawai sebagai controller untuk bermain Bombsquad. Untuk melakukan itu, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi BombSquad Remote.

Nah, itu tadi sejumlah game yang bisa mabar yang menarik untuk dicoba bersama teman-teman. Ada yang bisa dimainkan secara online, offline, atau malah keduanya. Semua game tadi dijamin tetap seru untuk dimainkan berulang kali. Namun, agar tidak cepat bosan, ada baiknya kamu dan teman-teman mencobanya satu per satu. Nah, gim apa dulu yang ingin kamu mainkan?