Manfaat dan Efek Samping Glycolic Acid, Skincare Terbaik untuk Wajah

Glycolic acid adalah salah satu bahan aktif yang terdapat dalam produk perawatan kulit. Sebagai salah satu jenis chemical peels, glycolic acid atau asam glikolat dikenal karena bekerja efektif untuk merawat kulit wajah. Namun tidak semua orang mengetahui manfaat dan bagaimana mengaplikasikan produk asam glikolat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini. 

Glycolic Acid adalah..

Sebelum mengenal jauh tentang salah satu bahan aktif dalam produk perawatan kulit ini, kamu perlu tahu apa itu asam glikolat. Glycolic acid adalah salah satu jenis alpha-hydroxy acid (AHA) yang digunakan sebagai chemical exfoliation treatment. Salah satu bahan aktif dalam produk skincare ini meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih cerah, tekstur lebih rata, dan tampak lebih muda.  Formula glycolic acid yang mudah diserap kulit ini biasa ditemukan di dalam produk krim, serum, dan toner wajah.

Manfaat Glycolic Acid adalah..

Manfaat utama glycolic acid adalah bertindak sebagai exfoliant kimia. Cara kerjanya dengan melonggarkan ikatan antara sel kulit mati sekaligus membantu mengatasi jerawat. Selain manfaatnya sebagai exfoliant, asam glikolat juga merangsang produksi kolagen. Tak hanya itu, asam glikolat juga bertindak sebagai humektan yang mempertahankan kelembapan pada kulit. Berikut ulasan singkatnya:

  • Menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit lebih lembut dan halus
Baca juga:  8+ Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Alami Makin Terpancar

Asam glikolat bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Dengan sel kulit yang diperbarui, maka akan menampilkan kulit yang lembut dan halus.

  • Menangkal kemunculan jerawat

Dengan mendorong pengelupasan sel kulit mati, manfaat glycolic acid adalah mencegah terjadinya pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab jerawat muncul. Efek pengelupasan yang dimiliki asam ini juga bisa membantu menghaluskan, meratakan, dan mencerahkan bekas jerawat. 

  • Bekerja lebih dalam di kulit untuk merangsang produksi kolagen

Tidak hanya bekerja di permukaan kulit, asam glikolat juga menyerap lebih dalam di kulit untuk merangsang produksi kolagen. Tentunya ini bagus sebagai bahan anti penuaan untuk menyamarkan kerutan dan garis-garis halus. 

Efek Samping Glycolic Acid untuk Kulit

Karena termasuk salah satu jenis asam, pemakaian glycolic acid juga berpotensi memunculkan kemerahan, iritasi, dan pengelupasan. Efek samping ini lebih mudah kamu alami jika kulitmu mulai sensitif, rentan terkena eksim, atau mengalami dehidrasi pada kulit.  

Pada awal pemakaian glycolic acid, reaksi yang mungkin muncul seperti kulit terasa kencang dan terasa merah. Oleh karena itu, aplikasikan secara lembut serta hindari pemakaian bahan aktif lain yang dapat memicu reaksi berlebihan pada kulit. Untuk melindungi kulit dari risiko hiperpigmentasi, jangan lupa selalu apply sunscreen di siang hari, ya!

Tips Pemakaian Produk Glycolic Acid yang Tepat

glycolic acid adalah

Asam glikolat bersifat aman untuk semua jenis kulit karena bahannya cukup lembut. Semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung glycolic acid. Tentunya sebelum diaplikasikan ke kulit wajah, kamu wajib membaca petunjuk pemakaian di kemasan produk lalu lakukan uji tempel pada kulit. 

Baca juga:  7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

Untuk lebih berhati-hati saat pemakaian awalnya, gunakan produk asam glikolat secara bertahap dan perlahan tingkatkan frekuensinya. Perlu dicatat, hindari pemakaian asam glikolat bersamaan dengan bahan aktif lain seperti retinol.

Lalu, seberapa sering kamu dapat menggunakan bahan exfoliant ini? Ini sangat tergantung pada kondisi kulit masing-masing. Namun pada dasarnya, produk skincare dengan kandungan asam glikolat dapat digunakan setiap hari. Untuk hasil lebih maksimal, jangan lupa memakai produk pelembab setelah mengoleskan asam glikolat, ya!

Rekomendasi Produk yang Mengandung Glycolic Acid

Somethinc Glow Maker AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner

toner glycolic acid
Sumber: somethinc.com

Clarifying toner dari Somethinc ini mengandung formula glycolic acid yang aman digunakan setiap hari untuk kulit sensitif. Toner eksfoliasi ini bekerja mengangkat sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, hingga meratakan tekstur dan warna kulit. Kemampuan toner ini mampu menembus lapisan kulit lebih dalam serta mengangkat sisa kotoran yang masih menempel. Hasilnya, tampilan kulit menjadi lebih halus, bersih, bercahaya, dan sehat.

L’Oreal Paris Glycolic Bright Serum

serum glycolic acid
Sumber: lorealparis.id

Buat kamu yang sedang berjuang melawan dark spot dan kulit kusam, gunakan serum Glycolic Bright dari L’Oreal Paris. Produk serum terbaik ini menyamarkan noda hitam hingga -57% dalam 4 minggu dengan kekuatan 1% brightening glycolic. 

Serum ini terbukti aman untuk semua jenis kulit. Dilengkapi dengan bahan yang menggunakan high potency ingredients, yang akan menghambat penumpukkan melanin di kulit. Cukup gunakan 2-3 tetes ke seluruh wajah, fungsinya untuk mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan bintik hitam berkurang hingga akarnya.  

Baca juga: 6 Serum Mata Panda Paling Recomended Plus Tips Mencegahnya

Jadi sekarang kamu telah mengetahui seluk beluk glycolic acid sebagai salah satu produk skincare yang menawarkan keajaiban untuk kulit sehat. Glycolic acid adalah salah sayu pilihan terbaik untuk membuat kulitmu tampak segar dan bercahaya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba bahan aktif ini?