Yuk, Simak Keindahan Gunung Bawakaraeng di Gowa!

Gunung Bawakaraeng memiliki ketinggian sekitar 2.845 meter di atas permukaan laut ini juga sangat cocok dijadikan lokasi pendakian gunung. Gunung yang terletak di Gowa, Sulawesi Selatan ini memiliki nama lain yang disematkan oleh penduduk lokal, yaitu “Mulut Tuhan”, “Tanah yang Dituakan”, dan lain-lain. Daerah ini termasuk dalam Kawasan pegunungan Lompobattang, yang mana terdapat beberapa gunung lainnya seperti Gunung Lompobattang, Gunung Assuempolong, Gunung Kaca, Gunung Ko’bong, Gunung Baria, dan Gunung Porong.

Gunung ini tersusun dari batuan vulkanik yakni batuan beku yang terbentuk dari pendinginan magma ketika telah berbentuk lava atau fragmen beku di permukaan bumi. Jika kamu suka mendaki gunung dan berencana untuk berkunjung ke Gowa, gunung ini bisa menjadi opsi menarik untuk didatangi. Namun, sebelum pergi ke sana, simak dulu ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Sumber: Pinterest

Jalur Pendakian di Gunung Bawakaraeng

pendakian jalur Gunung Bawakaraeng dapat ditempuh dari kaki Gunung Bawakaraeng di Desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Jalur ini paling disarankan bagi para pendaki. Selain itu, ada 3 jalur lain yang dapat ditempuh untuk sampai ke puncak Gunung Bawakaraeng. Yakni Jalur Lembah Ramma, Jalur Danau Tanralili dan Jalur Gunung Perak di Kabupaten Sinjai.

Baca juga:  Pantai Pasir Putih yang Seru untuk Liburan, Ini 12 Daftarnya

Jalur dari Desa Lembanna merupakan jalur paling populer. Pada jalur ini pendaki akan melewati 10 pos sebelum akhirnya sampai di puncak Gunung Bawakaraeng. Perjalanan dimulai dengan menyusuri hutan pinus, jalur ini akan terus menanjak namun tidak terlalu ekstrim. Jalur ini masih ramai tidak hanya oleh pendaki yang hendak naik atau turun dari Gunung Bawakaraeng tetapi juga warga dan hewan ternak.

Rekomendasi kegiatan di Gunung Bawakaraeng

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di gunung ini. Simak daftar berikut, yuk!

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih

Sumber: Pinterest

Gunung Bawakaraeng merupakan salah satu spot pengibaran bendera merah putih saat Hari Kemerdekaan oleh para pendaki setiap tanggal 17 Agustus. Kibaran bendera semakin gagah saat tertiup angin. Panorama inilah yang kerap diabadikan untuk dikenang.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sumber: Pinterest

Panorama sunrise dan sunset di gunung ini begitu menawan. Itu sebabnya banyak pendaki yang rela hiking tengah malam untuk melihat keindahan sunrise. Selain itu, pesona sunset di ujung barat gunung ini selalu ditunggu pendaki sebelum kembali ke basecamp.

3. Foto dangan Latar Pemandangan Alam

Sumber: PInterest

Selain ketinggiannya, gunung ini juga memiliki hamparan view hijau menawan. Ini biasa dijadikan latar foto oleh para pendaki. Terlebih saat berada di atas, panorama langit biru pun tampak semakin cantik, menjadikan hasil fotomu lebih indah.

Baca juga:  Wisata Edukasi Membuat Essential Oil di Rumah Atsiri

4. Berkemah

Sumber: idntimes

Bermalam dengan membuat tenda di lereng gunung memanglah seru. Apalagi kalau bisa menikmati api unggun dengan sahabat. Kamu pun berkesempatan untuk mengenal pendaki lain dari seluruh penjuru daerah. Seru sekali, kan!

Indonesia memiliki keindahan alam yang cukup beragam dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Sulawesi Selatan. Bawakaraeng adalah salah satu gunung di daerah Gowa, Sulawesi Selatan yang menyajikan pemandangan alam yang sungguh fantastis. Akan tetapi, alam yang indah dan eksotis ini mampu menghipnotis dan membuat jatuh cinta siapa saja.

Mia Atika

Add comment

Share