gunung di kalimantan
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Ini Daftar 5 Gunung Tertinggi di Kalimantan yang Menantang

Pulau Kalimantan sebagai pulau terbesar di Indonesia juga memiliki banyak gunung, lho. Tidak hanya dikenal memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas dan sungai terpanjang, di Kalimantan memang terdapat gunung-gunung yang punya medan menantang.

Pulau Kalimantan dikenal memiliki kekayaan alam yang memukau. Meskipun ada banyak gunung di pulau ini, ternyata Pulau Kalimantan tidak memiliki gunung aktif sama sekali. Pasalnya, Pulau Kalimantan merupakan bagian kerak benua yang stabil dan jauh dari batas lempeng.

Deretan gunung yang ada di Pulau Kalimantan ini tentunya bisa menjadi pertimbangan kamu untuk lokasi mendaki. Penasaran, kan?

Daftar Gunung Tertinggi di Kalimantan

Penasaran sama gunung-gunung tertinggi dan menantang di Pulau Kalimantan yang bisa menjadi destinasi mendaki selanjutnya? Di bawah ini adalah beberapa daftar dan ulasannya.

1. Gunung Bukit Raya

gunung di kalimantan
Sumber: the7summitsindonesia.com

Menjadi gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, Gunung Bukit Raya ini memiliki ketinggian yang mencapai 2.278 meter di atas permukaan laut. Tepatnya terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Gunung ini termasuk dalam areal konservasi, lho.

Selain dikenal sebagai gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, Gunung Bukit Raya juga dikenal memiliki medan pendakian yang cukup sulit. Mungkin ini juga yang menjadi alasan mengapa nama Bukit Raya masih tidak asing di telinga pendaki.

Menariknya lagi, awal pendakian ini dimulai dari Provinsi Kalimantan Barat dan puncaknya berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Konon, biaya yang perlu disiapkan untuk mendaki gunung ini cukup besar, tidak heran kalau masih banyak pendaki yang jarang mendaki gunung ini. Kalau kamu, siapkah merogoh kantong agak dalam untuk mendaki gunung ini?

Baca juga:  12 Kuliner Jogja Menggugah Selera yang Wajib Kamu Coba

2. Gunung Liangpran

gunung di kalimantan
Sumber: jejakpiknik.com

Di urutan berikutnya ada Gunung Liangpran, yang memiliki ketinggian sekitar 2.240 meter di atas permukaan laut. Tepatnya terletak di Kecamatan Long Pahangai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Gunung ini memiliki hutan yang masih sangat asri dan jarang dijamah manusia, lho.

Selain itu, Gunung Liangpran juga memiliki keanekaragaman dan kelimpahan anggreknya. Sama halnya dengan Gunung Bukit Raya, untuk menuju lokasi ini juga butuh biaya yang cukup banyak, itulah mengapa masih jarang pendaki yang berniat menaklukkannya.

3. Gunung Menyapa

gunung di kalimantan
Sumber: gunung.id

Memiliki ketinggian yang mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut, Gunung Menyapa memang mempunyai nama yang unik. Seperti namanya, gunung tertinggi ketiga di Pulau Kalimantan ini cukup ramah bagi para pendaki dan punya pesona indah lewat kawah lebar yang ada di puncaknya.

Kawah lebar tersebut adalah dampak dari letusan yang terjadi di masa lalu, di mana sampai sekarang, masih belum ada informasi mengenai tempat ini. Bisa dibilang, Gunung Menyapa ini menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Kalimantan Timur.

4. Gunung Halau-Halau

gunung di kalimantan
Sumber: komeng-adventure.blogspot.com

Gunung di Kalimantan berikutnya adalah Gunung Halau-halau yang terletak di Kampung Kiyu, Desa Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai, Kalimantan Selatan. Namanya mungkin masih jarang terdengar, namun gunung ini dikenal punya medan pendakian dengan tingkat kesulitan cukup tinggi.

Dengan ketinggian sekitar 1.901 meter di atas permukaan laut, Gunung Halau-Halau ini ternyata terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tanah Bambu.

5. Gunung Latuk

gunung di kalimantan
Sumber: pendakicantik.com

Selanjutnya, ada Gunung Latuk yang terletak di Long Bena, Pujungan, Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Gunung ini memiliki ketinggian yang mencapai 1.850 meter di atas permukaan laut. Hanya saja, hingga saat ini informasi mengenai Gunung Latuk ini masih sangat sedikit. Tidak heran kalau masih banyak pendaki yang masih sangat asing dengan gunung yang satu ini.

Baca juga:  Merayakan Cinta dan Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Tips Mendaki Gunung Agar Aman Sampai Puncak

gunung di kalimantan
Sumber: Freepik

Meskipun tampak cukup populer dan digandrungi anak muda, nyatanya mendaki gunung tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, perlu persiapan khusus yang harus dilakukan para pendaki sebelum memulai pendakian, terlebih bagi pemula yang baru pertama kali melakukannya.

Berbagai macam persiapan pun perlu dilakukan, mulai dari menyiapkan kondisi fisik, peralatan dan mental. Bagi kamu yang masih pemula dan baru pertama kali melakukan pendakian, simak tips aman mendaki gunung berikut ini, yuk!

  1. Sebelum memulai pendakian, sebaiknya untuk mengecek terlebih dahulu lokasi pendakian. Selain itu, kamu juga wajib mengetahui jalur pendakian yang akan dilewati.
  2. Mendaki gunung juga membutuhkan persiapan fisik dan mental yang baik, jadi sangat disarankan untuk melakukan latihan fisik sebelumnya.
  3. Pilihlah barang-barang yang dianggap penting untuk dibawa saat mendaki.
  4. Perlengkapan mendaki gunung yang tidak boleh tertinggal adalah sleeping bag, tenda, dan matras.
  5. Jangan lupa membawa jaket dan pakaian hangat.
  6. Gunakan tas carrier yang sesuai dengan tubuh.
  7. Sepasang sepatu gunung sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian.
  8. Perlengkapan memasak dan bekal makanan yang cukup adalah salah satu perlengkapan yang harus dibawa pada saat melakukan pendakian.
  9. Jangan lupa bawa perlengkapan obat P3K.
  10. Jas hujan juga sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dan seisi tas jika turun hujan saat pendakian.

Saat mendaki gunung, pastikan kamu memahami dan mematuhi seluruh himbauan dan petunjuk yang ada. Pasalnya, himbauan yang ada di gunung bukanlah hiasan belaka, melainkan demi menunjang keselamatan dan kebaikan bersama. Jadi, harap dipatuhi, ya!

Rishna Maulina

Add comment

Share