5 Manfaat Hair Spa Treatment untuk Rambut Sehat dan Cantik!

Di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, luangkan waktumu untuk melakukan hair spa sendiri atau di salon. Spa rambut dibutuhkan untuk merevitalisasi rambut menjadi lebih sehat dan ternutrisi secara optimal. Nah, agar tampilan rambutmu semakin indah dan sehat, kamu perlu melakukan perawatan spa rambut yang tidak harus kamu lakukan di salon! Cukup lakukan sendiri di rumah dengan produk rambut terbaik untuk memanjakan rambutmu agar lebih bernafas! Yuk pahami apa itu hair spa, manfaatnya, serta bedanya dengan creambath. Check this out!

Apa itu Hair Spa Treatment?

Ada satu jenis perawatan ekstra yang memanjakan rambut indahmu yaitu dengan melakukan perawatan spa rambut. Cocok diaplikasikan untuk semua jenis rambut yang kamu miliki. Mulai dari mengurangi rambut rontok, mengatasi kulit kepala dan rambut berminyak, menghilangkan ketombe, hingga merawat rambut yang diwarnai tetap sehat dan tidak mudah rusak.

Jika kamu rutin lakukan spa rambut, manfaatnya membantu mengunci hidrasi rambut dan menyegel kelembapan yang sangat berguna untuk merevitalisasi akar rambut. Langkah perawatan rambut ini membantu memastikan rambutmu tetap sehat alami dan bebas dari kerusakan jangka panjang. 

Manfaat Melakukan Spa Rambut

Perawatan spa rambut yang konsisten kamu lakukan, akan mendatangkan manfaat luar biasa untuk kesehatan rambutmu seperti berikut:

Baca juga:  Creambath Bisa Dilakukan di Rumah Lho, Ini 4 Rekomendasi Produknya!

1. Mengurangi Stres

Setelah produk spa rambut diaplikasikan secara merata pada rambut, lakukan pijatan lembut pada kulit kepala yang akan membuat tubuh dan pikiran rileks seketika. Nah, salah satu manfaat utama dari hair spa adalah merilekskan diri dan meremajakan rambut. Bahkan perawatan ekstra ini juga membantumu merasa lebih fresh dan produktif dalam aktivitas sehari-hari.

2. Memperkuat Rambut dari Akar hingga Ujung

Keuntungan berikutnya dari spa rambut adalah mampu menutrisi rambut langusng dari akar hingga folikel. Ini sangat penting untuk mencegah kerusakan dan penipisan yang berujung pada rambut rontok. Untuk itu, lakukan beberapa kali spa rambut dalam satu bulan untuk membantu memperkuat akar. 

hair spa treatment

3. Melancarkan Sirkulasi Darah di Kepala

Kulit kepala yang sehat sangat membutuhkan aliran sirkulasi darah yang lancar, salah satu caranya dengan pijatan lembut. Sirkulasi darah yang kurang lancar di area kulit kepala dapat membuat rambut kering dan kusam. Manfaat hair spa yang disertai pijatan lembut ini pada akhirnya membantu menghidupkan kembali rambutmu.

4. Menjaga Produksi Minyak Alami Rambut Tetap Seimbang

Kekurangan maupun kelebihan produksi minyak alami rambut bisa berbahaya untuk rambutmu. Kelenjar sebaceous di kulit kepala perlu mengeluarkan sebum dalam jumlah ideal untuk memastikan fungsi dan pertumbuhan rambut yang sehat. Jika produksi sebum berlebih, ini dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori di kulit kepala dan mengganggu kesehatan rambut. 

Perawatan hair spa bermanfaat untuk rambutmu karena bekerja menyeimbangkan produksi sebum di kulit kepala, sehingga rambutmu terasa lebih lembut, halus, dan ternutrisi.

Baca juga:  Kenapa Jerawat Muncul Terus? Begini Cara Mengatasinya

5. Memperbaiki Rambut Rusak

Spa rambut adalah cara efektif memulihkan rambut rusak yang disebabkan oleh cuaca ekstrem, gaya hidup tidak sehat, dan pemakaian produk rambut yang salah. Treatment rambut ini secara efektif mengembalikan nutrisi penting ke setiap helai rambutmu. Jadi segera buktikan hasilnya!

Step Mudah Lakukan Hair Spa DIY di Rumah

Awali perawatan creambath di rumah dengan mencuci rambut menggunakan shampo yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Jika diperlukan, sebelum keramas, kamu gunakan produk pre shampo untuk menguatkan struktur rambut dan membantu mencegah kelelahan higral. Maksudnya pada saat rambut basah, batang rambut dapat mengembang dan mengering. Kemudian, rambut dan kulit kepala dibilas dengan air biasa hingga benar-benar bersih.

Baru kemudian kamu pakai produk masker rambut ke lapisan rambut secara menyeluruh. Sembari lakukan pijatan lembut pada kulit kepala, leher, dan bahu. Pijatan kulit kepala ini penting untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala, rambut cepat tumbuh serta memaksimalkan penyerapan produk krim rambut ke folikel.

hair spa

Selanjutnya, rambut yang telah diolesi masker krim rambut dan dipijat lembut, lakukan steaming. Yaitu dengan cara rambut dibalut dengan handuk panas atau hairnet selama 10 – 15 menit lalu diuapkan dengan alat. Cara ini efektif untuk mempercepat proses penyerapan nutrisi pada setiap helai rambut. 

Setelah proses spa rambut dilakukan, terakhir bilas rambut hingga bersih dengan air kemudian keringkan. Setelah itu, kamu bisa memakai produk vitamin rambut atau serum rambut yang menutrisi.

Baca juga: Tampilan Halus dengan Keratin Rambut Treatment, Ini Caranya!

Itulah manfaat perawatan hair spa beserta tips melakukannya sendiri di rumah. Gunakan produk perawatan rambut sesuai jenis dan kebutuhan rambut masing-masing untuk tampilan rambut sehat dan menawan. Spa rambut adalah hair care routine yang jadi jurus dapatkan rambut indah dengan cara yang menyenangkan.