Kenali 7 Tanggung Jawab Bagian HRD dalam Perusahaan!

Kolaborasi antara variabel teknologi dan infrastruktur mumpuni dengan staf yang dikelola dengan baik dapat membuat perusahaan berkembang pesat. Peran HRD adalah pada bagian kedua, yakni mengelola SDM yang dimiliki perusahaan, mulai dari perekrutan, penempatan dan pengembangan, hingga penyelesaian kerjasama dengan staf terkait.

Meski mungkin kamu mengira tugas HRD ‘hanya’ mengelola saja, namun pengelolaan sendiri dapat bermakna begitu luas. Tidak sekedar mengelola jumlah dan kehadiran fisik staf yang ada di perusahaan, HRD juga turut bertanggung jawab pada pengembangan skill dan kerjasama tim yang ada.

Jelas hal ini memerlukan ulasan lebih luas sehingga kamu dapat memperoleh gambaran yang lebih besar terkait tugas dan tanggung jawab HRD secara keseluruhan.

Pertama, Mari Mulai dengan Mengenal Apa Itu HRD

hrd adalah

Merupakan singkatan dari human resources department, yang merupakan salah satu departemen di perusahaan dengan tugas untuk mengelola sumber daya manusia di dalam perusahaan tersebut.

Seperti yang disebutkan di bagian awal tadi, tugas atau tanggung jawab pengelolaan SDM ini benar-benar meliputi keseluruhan manusia yang ada di perusahaan, sehingga dapat dioptimalkan untuk mencapai tujuan yang dimiliki perusahaan.

Pembahasan lengkap mengenai fungsi dan tanggung jawab dari HRD sendiri bisa kamu simak pada bagian selanjutnya.

Baca Juga: 6 Strategi Cerdas Perencanaan Keuangan di Masa Pandemi

Fungsi HRD adalah

hrd adalah

Setidaknya terdapat sederet poin yang bisa dipahami sebagai fungsi bagian HRD. Fungsi HRD adalah sebagai berikut.

  • Melakukan seleksi pada calon karyawan, melihat potensi yang dimilikinya, dan mengeksekusi proses rekrutmen yang efektif dengan output optimal
  • Mengelola kebutuhan proses rekrutmen jangka pendek dan jangka panjang
  • Pengelolaan efektivitas relasi antar karyawan dalam lingkup kecil dan besar
  • Melakukan pengelolaan kompensasi dan benefit untuk karyawan yang dimiliki
  • Senantiasa menerapkan tindakan berbasis keselamatan kerja dan kesehatan
  • Pengelolaan pelatihan, pengembangan, dan onboarding karyawan untuk meningkatkan skill yang dimiliki
  • Menjalankan tugas administrasi rutin terkait karyawan
  • Melakukan evaluasi pada kinerja karyawan secara berkala
  • Memastikan setiap karyawan diperlakukan serupa di depan aturan perusahaan yang berlaku, dengan mempertimbangkan berbagai variabel terikat
Baca juga:  5 Tips Penting Trading Forex Aman untuk Pemula

Pada kondisi ideal, setiap fungsi HRD ini dapat dijalankan dengan baik dan menghasilkan SDM berkualitas untuk mencapai target perusahaan. Iklim kerja yang produktif, relasi profesional yang terjalin dengan baik, dan penerimaan hak setiap karyawan di perusahaan.

Terakhir, Terkait 7 Tanggung Jawab Bagian Ini

hrd adalah

Penjelasan terkait tanggung jawab HRD di bagian ini tentu tidak akan lepas kaitannya dengan tugas HRD yang dibahas sebelumnya. Secara lebih spesifik, berikut beberapa tanggung jawab bagian HRD di dalam sebuah perusahaan.

1. Perencanaan Program dan SDM

Jika diurutkan dari awal, tugas HRD adalah melakukan perencanaan program yang terkait dengan SDM perusahaan. Setiap program yang dijalankan akan memerlukan elemen manusia di dalamnya untuk berhasil.

Perencanaan penempatan karyawan dengan kemampuan yang tepat juga wajib dilakukan, sehingga setiap divisi akan memiliki kekuatan yang seimbang untuk memberikan kinerja yang baik setiap saat demi mencapai tujuan perusahaan.

2. Merencanakan, Menyelenggarakan, dan Mengoptimalkan Rekrutmen

Mulai dari tahap perencanaan, proses rekrutmen merupakan hal yang penting untuk perusahaan. Bagian HRD adalah bagian paling bertanggungjawab atas proses ini, untuk menyaring calon karyawan dengan kualitas yang diharapkan oleh perusahaan.

Setelah direncanakan dengan matang, proses ini harus dieksekusi dengan cermat dan terukur sehingga memperoleh output karyawan yang sesuai dengan harapan. Dengan demikian perusahaan akan memiliki sumber daya manusia berkualitas dan mampu bergerak secara sinergis.

3. Pelatihan dan Pengembangan

Tanggung jawab HRD selanjutnya adalah untuk memberikan pelatihan dan pengembangan pada karyawan.

Baca juga:  Memahami IPO, Cara Memperoleh Modal Tanpa Utang Bank

Tapi bukankah hal ini akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit? Mengapa tanggung jawab ini harus dilakukan?

Sebab secara praktis semua pelatihan dan pengembangan yang diberikan pada karyawan akan bermuara pada peningkatan kualitas dan kinerja karyawan itu sendiri. Pada akhirnya, dengan karyawan yang memiliki nilai kinerja baik, target perusahaan lebih mudah tercapai. Di waktu yang sama, perusahaan lebih mudah berkembang dan bersaing.

4. Perhitungan Kompensasi

Jelas, tanggung jawab administrasi ini tidak boleh dilewatkan karena pihak HRD secara langsung akan menjadi pihak paling berperan dalam menentukan perhitungan kompensasi. Aturan lembur, perhitungan upah dan potongan, kompensasi asuransi, tabungan, dan banyak variabel lain terkait kompensasi yang menjadi hak karyawan, wajib dilaksanakan dengan penuh perhitungan agar setiap pihak merasa diuntungkan dalam kegiatan bisnis yang terjadi di perusahaan.

5. Pengelolaan Data Karyawan

Fungsi administrasi dan teknis selanjutnya adalah terkait dengan pengelolaan data karyawan, yang menjadi acuan pertimbangan kebijakan perusahaan terkait SDM yang dimiliki. Data ini termasuk data pribadi dan data profesional karyawan secara umum.

Dalam tanggung jawab HRD poin ini, bagian personalia akan menjadi pihak yang paling besar perannya.

6. Evaluasi Karyawan Rutin

Sebagai bagian yang paling bertanggungjawab atas karyawan yang ada di perusahaan, bagian HRD juga wajib melakukan evaluasi karyawan secara rutin. Baik karyawan yang selesai masa percobaannya atau karyawan yang telah bekerja lama di perusahaan.

Evaluasi ini ditujukan untuk melihat bersama mengenai apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki dari kinerja karyawan. HRD juga dapat meminta pendapat karyawan terkait kinerja HRD dan perusahaan sehingga bisa menjadi bahan koreksi dan peningkatan kinerja bagian tersebut.

7. Menjaga Hubungan Baik dengan Pasar Tenaga Kerja

Satu tanggung jawab HRD yang jarang disoroti adalah menjaga hubungan baik dengan pasar tenaga kerja. Bagaimanapun juga, HRD akan menjadi divisi yang bertanggungjawab menjaga reputasi dari perusahaan di bursa lapangan kerja, sehingga dapat selalu menarik talenta berpotensi untuk masuk ke perusahaan.

Baca Juga: Gaji UMR Cukup untuk Sebulan? Ketahui Tips Mengelolanya 

Sedikit pembahasan mengenai bidang HRD di atas semoga bisa membantu kamu lebih memahami konteks HRD di dalam perusahaan. Jelas, HRD adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pengelolaan perusahaan yang baik. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas!